APLIKASI ALGORITMA PADA PEMROGRAMAN KOMPUTER GRAFIS


MAKALAH ALGORITMA DAN STRUKUR DATA
APLIKASI ALGORITMA PADA PEMROGRAMAN KOMPUTER GRAFIS


1.1  Kriteria Program Algoritma dalam Bidang Komputer.
Pada dasarnya, komputer adalah mesin digital, artinya komputer hanya bisa mengenal kondisi ada arus listrik (biasanya dilambangkan dengan 1) dan tidak ada arus listrik (biasanya dilambangkan dengan 0). Dengan kata lain, kita harus menggunakan sandi 0 dan 1 untuk melakukan pemrogaman komputer.
Bahasa pemrogaman yang menggunakan sandi 0 dan 1 ini disebut bahasa mesin. Karena bahasa mesin sangat susah, maka muncul ide untuk melambangkan untaian sandi 0 dan 1 dengan singkatan kata yang lebih mudah difahami manusia biasa disebut dengan mnemonic code. Program algoritma harus komplit, nyata, dan jelas.
1.2 Dasar Pemrograman Grafik
Pada bagian ini, kita akan membahas mengenai dasar-dasar pemrograman grafik. Ada dua syarat utama untuk memulai pemrograman grafik, yaitu :
1.      meng-include-kan file header
2.      melakukan proses inisialisasi mode grafik yang digunakan oleh komputer. Untuk inisialisasi mode grafik digunakan perintah initgraph() yang ada di file header graphics.h. Format umum dari perintah ini adalah : initgraph(graphdriver, graphmode, direktori_bgi)
Variabel graphdriver digunakan untuk menyimpan nilai driver grafis yang ditentukan berdasarkan kartu grafik yang digunakan. Variabel graphmode digunakan untuk menyimpan nilai mode grafis, sedangkan direktori_bgi adalah tempat file .bgi yang digunakan dalam pemrograman grafik.
A.    Fungsi untuk membuat gambar :
Dengan menggunakan format program seperti contoh sebelumnya, kita dapat membuat gambar gambar lain menggunakan fungsi-fungsi gambar yang disediakan oleh turbo C, diantaranya adalah :
1.    garis
Untuk menggambar garis digunakan fungsi line(x1,y1,x2,y2), lineto(x,y) dan linerel(dx,dy). yang berarti penggambaran garis dimulai dari koordinat awal (x1, y1) sampai koordinat akhir (x2,y2).
2. segi empat
Untuk menggambar segi empat, digunakan perintah rectangle(x1,y1,x2,y2), dimana x1 dan y1 adalah koordinat sudut kiri atas dari persegi panjang, dan x2, y2 adalah sudut kanan bawah dari persegi panjang.
3. lingkaran
Untuk menggambar lingkaran digunakan perintah circle(x,y,radius) dimana (x,y) adalah koordinat titik pusat lingkaran, sedangkan radius adalah jari-jari lingkaran.
4.Elips
Untuk menggambar elips digunakan perintah ellipse(x,y,alpha,beta,rx,ry) dimana (x,y) adalah koordinat titik pusat elips, alpha adalah sudut awal ellipse, beta adalah sudut akhir ellipse, rx adalah jari-jari ellipse yang sejajar dengan sumbu x, ry adalah jari-jari ellipse yang sejajar dengan sumbu y. Ellips akan digambarkan tertutup atau terbuka sesuai dengan nilai alpha dan beta-nya, jika ellips ingin digambar tertutup maka alpha harus diisi dengan 0, dan beta harus diisi dengan 360.
Perintah-perintah yang berhubungan dengan pola dan warna diantaranya :

1. setcolor()
Perintah setcolor() berfungsi untuk menentukan warna gambar yang aktif. Sintaks dari perintah ini adalah setcolor(nomor_warna).
2. setbkcolor()
Perintah setbkcolor() berfungsi untuk mengatur warna background layar. Sintaks dari perintah ini adalah setbkcolor(nomor_warna).
3. floodfill()
Sintaks dari perintah ini adalah floodfill(x, y, warna_border). Perintah floodfill() berfungsi untuk mengisi suatu wilayah dari posisi (x,y) sampai warna border yang sudah ditentukan.


2.Tujuan
Tujuan dari pembuatan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas algoritma dan struktur data yang membahas bagaimana penerapan algoritma dalam dasar dasar pemrograman grafis.

3.Manfaat
Manfaat dari pembuatan makalah ini khususnya bagi mahasiswa adalah mereka memahami   bagaimana penerapan algoritma dalam dasar dasar pemrograman grafis terutama yang menggunakan bahasa C

4.Rumusan Masalah
Bagaimana mengimplementasikan algoritma dan struktur data pada computer grafis?
 

Seperti yang telah dijelaskan diatas, bahwa Algoritma adalah barisan langkah-langkah perhitungan dasar yang mengubah masukan (dari beberapa fungsi matematika) menjadi keluaran. Sedangkan computer grafis adalah Ilmu yang mempelajari rancang bangun berorientasi geometri yang diaplikasikan pada computer.
Pada kali ini akan dibahas tentang  algoritma pembuatan grafis pada bahasa C.
1. Pendeklarasian perintah-perintah yang ada di C. karena kita membuat grafik, maka  statement   #include   harus ada.
#include
#include
#include
#include
#include
2. Selanjutnya membuat void mulai model grafik dengan parameter pBGIPath bertipe const. dimana didalamnya program akan mendeteksi driver dan mode yang optimal untuk computer yang digunakan.
{
int GraphicDriver;
int GraphicMode;
detectgraph (&GraphicDriver , &GraphicMode );
initgraph (&GraphicDriver , &GraphicMode , pBGIPath );
return graphresult();
}

3. Kemudian meng-initialize atau memulai mode grafik dengan menggunakan driver dan mode yang telah dipilih secara otomatis. Dan mengembalikan nilai dari graphresult();
void tutupmodegrafik (){
closegraph();}

Di dalam void tutupmodegrafik () terdapat statement closegraph(). Ini fungsinya untuk mentup grafik saat program selesai dijalankan.

4. Selanjutnya kita akan membuat objek. Misalnya kita ambil contoh Objek yang digunakan ialah dua buah segitiga. Disusun sehingga membentuk satu bintang. Penjelasan dapat dilihat pada koding. Lalu perintah delay(10) berguna untuk memberikan jeda waktu. Sehingga kita dapat melihat objek itu terbentuk secara perlahan.
int main()
{
mulaimodegrafik ("..\\BGI\\");
for(int a=1;a<=200;a++)
{
putpixel(10+a/5,165+a/5,1);//segitiga garis bawah biru
putpixel(90-a/5,165+a/5,1);//segitiga garis kiri biru
putpixel(10+a/2.5,165,1);//segitiga garis kanan biru
delay(10);}


5. Melakukan pembacaan inputan pada keyboard dimana setelah melakukan inputan pada keyboard akan dilakukan pemanggilan procedure tutupmodegrafik untuk menutup tampilan modegrafik/output.
getch();
tutupmodegrafik();
return 0;
}



BAB III PENUTUP

1.Kesimpulan
Penerapan Algoritma dalam computer grafis adalah sebagai berikut :
a.       memanggil perintah-perintah yang ada di C
b.   membuat void mulaimodelgrafik dengan parameter pBGIPath bertipe const. dimana didalamnya program akan mendeteksi driver dan mode yang optimal untuk computer yang digunakan.
c.   meng-initialize atau memulai mode grafik dengan menggunakan driver dan mode yang telah dipilih secara otomatis
d.      membuat objek
e.       Menampilkan mode grafik/output.


2.Daftar Pustaka

Comments

Post a Comment

"Kalau mau Copy-Paste artikel boleh saja, tapi sumbernya ke blog ini"