Arsitektur dan Organisasi Komputer Watson ( IBM )

ARTIKEL
Arsitektur dan organisasi komputer dari super komputer watson untuk diagnosis pasien

       Seperti yang dimuat dalam surat kabar elektronik, detiknet.com (12/09) kemarin. Super komputer buatan ibm yang berhasil mengalahkan manusia dalam permainan uji kecerdasan , sekarang digunakan juga untuk kepentingan medis. Komputer watson ibm kembali menunjukkan kebolehannya. Hal ini dilakukan melalui kerja sama yang baru saja ibm lakukan dengan wellpoint,
sebuah perusahaan penjamin asuransi kesehatan. Kesepakatan tersebut diumumkan secara resmi pada hari senin, 12 september 2011 kemarin dan akan menandai untuk pertama kalinya teknologi watson digunakan untuk aplikasi komersial. Rencananya, penggunaan watson akan diperluas ke kalangan ahli onkologi terpilih dan dibuat agar mudah diakses oleh para dokter melalui perangkat mereka sendiri. Ibm mengklaim teknologi watson dapat memproses 200 juta halaman konten dalam kecepatan kurang dari tiga detik. Dengan demikian, watson dinilai tangguh digunakan meninjau beragam lietaratur medis.
            Mengenai hal tersebut di atas ada beberapa pertanyaan yang muncul, antara lain yaitu :
  1. Bagaimanakah organisasi komputer dari teknologi watson buatan ibm, sehingga disebut komputer super?
  2. Bagaimanakah arsitektur komputer ibm yang mempunyai teknologi watson, sehingga dapat melakukan proses sampai 200 juta halaman konten per detik?
  • Power7 adalah power arsitektur mikroprosesor yang dirilis pada tahun 2010. Power7 dikembangkan oleh ibm di beberapa situs termasuk ibm rochester, mn;austin, tx; essex junction, vermont, tj watson research center, ny; bromont, qc dan boblingen, germany laboratories.
  • Arsitektur komputer : mempelajari atribut-atribut sistem komputer yang terkait dengan eksekusi logis sebuah program
  •  Organisasi komputer : mempelajari bagian yang terkait dengan unit-unit operasional komputer dan hubungan antara komponen-komponen sister komputer.
  • Superkomputer adalah sebuah komputer yang memimpin di dunia dalam kapasitas proses, terutama kecepatan penghitungan, pada awal perkenalannya
         Untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimanakah organisasi komputer dari teknologi watson buatan ibm, sehingga disebut komputer super?. Menurut ibm, watson adalah sebuah sistem yang dirancang untuk meningkatkan beban kerja analisis secara kompleks yang dimungkinkan dengan mengintegrasikan prosessor power7 secara besar-besaran secara paralel dan perangkat lunak ibm deepqa untuk menjawab sebuah pertanyaan dibawah 3 detik seperti yang dilakukannya di permainan jeopardy. Watson terdiri dari sekitar 90 ibm power 7 server ( plus tambahan i/o, node pengendali jaringan dan cluster do 10 rak) dengan total 2880 power7 processor cores dan 16 terabytes ram. Setiap daya 750 server menggunakan 3,5 ghz power7 delapan inti dengan empat thread per inti. Prosessr power7 memiliki kemampuan pemrosesan paralel yang sangat ideal untuk software watson's ibm deepqa. Menurut john rennie, watson dapat memproses 500 gigabyte, setara dengan satu juta buku perdetik. Sehingga pantaslah kalau watson disebut sebagai super komputer.
       Lalu bagaimanakah arsitektur komputer ibm yang mempunyai teknologi watson, sehingga dapat melakukan proses sampai 200 juta halaman konten per detik?. Ternyata software watson ditulis menggunakan bahasa java dan c++ serta menggunakan apache hadoop framework untuk komputerisasi terdistribusi, apache uima (unstructured information management architecture) framework, perangkat lunak ibm deepqa dan sistem operasi suse linux enterprise server 11. Digunakan lebih dari 100 teknik yang berbeda untuk menganalisis bahasa alami, mengidentifikasi sumber-sumber, mencari dan menghasilkan hipotesis, menemukan dan skor bukti, dan menggabungkan dan peringkat hipotesis. Sumber-sumber informasi untuk watson termasuk ensiklopedi, kamus, tesaurus, artikel newswire, dan karya sastra. Watson juga digunakan database, taksonomi, dan ontologi. Secara khusus, dbpedia, wordnet, dan yago. Tim ibm menyediakan watson dengan jutaan dokumen, termasuk kamus, ensiklopedi, dan bahan referensi lain yang bisa digunakan untuk membangun pengetahuan. Meskipun watson tidak terhubung ke internet, memori watson berisi 200 juta halaman konten terstruktur dan tidak terstruktur memakan empat terabyte penyimpanan disk, termasuk teks lengkap dari wikipedia. Dalam menerima inputan, watson akan mengurai petunjuk-petunjuk ke kata kunci yang berbeda dan dalam kalimat untuk menemukan frase statistik terkait. Inovasi utama watsontidak dalam penciptaan algoritma baru untuk setiap operas, melainkan kemampuannya untuk cepat mengeksekusi ribuan algoritma, analisis bahasa secara bersamaan untuk menemukan jawaban yang benar. Setelah watson memiliki sejumlah kecil solusi potensial ini mampu memeriksa terhadap database-nya untuk memastikan apakah solusinya masuk akal. Sehingga kalaupun digunakan untuk diagnosa proses penyembuhan yang terbaik akan sangat mudah bagi watson mengerjakannya. Seperti saat ia melakukan pemrosesan 200 juta halaman konten perdetik.
        Dari penjelasan di atas dapat kita ketahui bahwa watson merupakan superkomputer yang sangat cerdas dan diharapkan akan dapat memuaskan seluruh penggunanya di masa depan dengan segala keunggulannya mulai dari kecepatannya dan kecerdasannya. Semua kecanggihan komputer super ini dirancang dengan tujuan membantu para ilmuwan memahami basis genetik penyakit.


Daftar pusaka:
http://en.wikipedia.org
diakses 15 september 2011 (20.37 wib).
http://esrt2000.50megs.com/ibm_membuat_super_komputer_untuk.htm
diakses 13 september 2011 (19.16 wib).
http://id.wikipedia.org/wiki/ibm
diakses 14 september 2011 (14.47 wib).
http://id.wikipedia.org/wiki/superkomputer
diakses 14 september 2011 (20.01 wib).


Comments

  1. BlueHost is definitely the best web-hosting company for any hosting services you need.

    ReplyDelete

Post a Comment

"Kalau mau Copy-Paste artikel boleh saja, tapi sumbernya ke blog ini"