Friday, January 13, 2012

Belajar Database


Pada postingan kali ini ane mau bagi-bagi tutorial yang udah ane pelajari yaitu tentang Basis data. Basis data (atau database) adalah kumpulan data atau informasi yang disimpan (diolah) sebagai representasi fakta dunia yang mewakili suatu objek yang direkam dalam bentuk angka, huruf, symbol, teks, gambar, bunyi atau kombinasinya di dalam komputer dengan menggunakan sistem basis data (Database Management System) contoh MySQL, Access, PostegreSql dll.
Database juga merupakan sekumpulan data atau informasi yang saling berhubungan pada setiap baris dan kolomnya sehingga data atau informasi dapat terintegrasi dengan baik didalam komputer, sebagai contoh 1.1, sekumpulan data pada ilustrasi tabel berikut;
gambar 1.1

Keterangan :            
Data yang terdapat dalam database merupakan data atau informasi (data yang telah dioalah / proses) yang saling berhubungan, Sebagai contoh, field (kolom) nim yang memiliki induk 12340 merupakan bagian dari mahasiswa yang bernama Thalia dengan jenis kelamin perempuan dan memiliki nilai akhir A yang teroganisasi sebagai satu baris (row) data atau informasi tersebut dan pola tersebut berlaku sama pada kolom dan baris (record) selanjutnya yang disimpan secara bersama tanpa adanya pengulangan (redundancy).
Hieraraki database merupakan konsep dasar database yang dapat digambarkan sebagai berikut, sebagai contoh  1.2, Hierarki database sebagai berikut;

gambar 1.2

Sedangkan yang dimaksud dengan Tabel merupakan kumpulan data (nilai) yang diorganisasikan ke dalam baris (row) dan kolom (field), setiap basis data (database) tersusun atas satu atau banyak tabel, seperti pada contoh ilustrasi 1.1 bahwa setiap tabel yang terdapat dalam database memiliki bagian data yang terbagi ke dalam baris (row) horizontal dan kolom (field) vertikal. Masing - masing kolom memiliki nama specifik dan unik.
Dari tabel kemudian kita kenal field dan record. Field merupakan kolom data dari sebuah tabel vertikal. Field memiliki ukuran type data tertentu yang menentukan pola penyimpanan data yang nantinya akan disimpan kedalam tabel database, sebagai contoh type data integer (bilangan bulat), text, dll. Row merupakan baris data dari sebuah tabel horizontal, atau juga dapat disebut juga sebagai record yang merupakan kumpulan nilai yang saling terkait atau berhubungan dengan diwakili oleh field (kolom) yang memiliki data pada baris (row) tersebut seperti pada contoh ilustrasi 1.1. 
Dalam database kita juga akan mengenal yang namanya key. Key pada dasarnya merupakan suatu field yang dapat dijadikan kunci dalam operasi tabel. Dalam konsep database, key memiliki banyak jenis diantaranya Primary key, Foreign key, Composite key, dll.
 Primary key merupakan suatu nilai yang terdapat dalam basis data untuk mengidentifikasi keunikan baris-baris dalam tabel, yang biasanya digunakan untuk kepentingan relasi database sebagai candidate key (attribute didalam relasi yang memiliki nilai unik) untuk mengidentifikasi baris (tupel dalam istilah relasi) antar tabel. sebagai contoh 1.4, Ilustrasi mengenai key (primary key);


gambar 1.3
gambar 1.4

 Keterangan:
Pada dasarnya tabel biasa yang tidak memiliki key juga dapat digunakan, namun dalam tabel tersebut tidak memiliki keunikan dan ketelitian yang dirujuk sebagai kunci utama dalam operasi tabel. 

Selanjutnya kita juga akan mengenal yang namanya relationship. Relationship pada dasarnya adalah suatu keterkaitan atau keterhubungan, atau dalam tabel terdiri dari beberapa kolom (field) dan beberapa baris (row) yang terasosiasi oleh beberapa tabel untuk mendefinisikan hubungan antar tabel tersebut. Sebagai contoh 1.5, Ilustrasi relasi atau relationship  

gambar 1.5
gambar 1.6
 
Relasi antar tabel juga terbagi menjadi 3 jenis, yaitu :

·         One to one ( 1:1 )
adalah suatu entitas didalam himpunan entitas A dihubungkan dengan paling banyak satu entitas didalam himpunan entitas B,dan entitas didalam entitas himpunan B dihubungkan dengan paling banyak satu entitas dalam himpunan entitas satu A.

gambar 1.7
·         One to many ( 1:M )
adalah suatu entitas didalam himpunan entitas A dihubungkan lebih dari satu entitas didalam himpunan entitas B,dan entitas didalam himpunan entitas B hanya dapat dihubungkan dengan paling banyak satu entitas dalam himpunan entitas A.
gambar 1.8
·         Many to many
adalah suatu entitas didalam himpunan entitas A dapat dihubuungkan lebih dari satu entitas didalam himpunan entitas B,dan entitas didalam entitas himpunan B dapat dihubungkan lebih dari satu entitas dalam himpunan entitas A.
gambar 1.9
Inilah sedikit tutorial tengtang apa itu basis data. bagi agan-agan yang mau tau bagaimana caranya membuat/menciptakan basisdata silahkan menuju artikel saya berikutnya tentang menciptakan basisdata.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

"Kalau mau Copy-Paste artikel boleh saja, tapi sumbernya ke blog ini"