Dasar-dasar Perintah DOS

Langsung saja, pertama-tama anda harus bisa mengoperasikan DOS (Disk Operating System). DOS adalah perintah-perintah teks yang diketikkan pada command line console yang dimiliki oleh system operasi Windows.
Bentuk command line console adalah sebuah layar hitam yang muncul pada monitor saat anda menjalankan aplikasi bernama Command Prompt, yang sebenarnya adalah console sistem operasi jaman dulu, yang pernah digunakan sebelum Windows masuk ke ranah teknologi di indonesia. Command Prompt dijalankan oleh sebuah software bernama CMD.EXE yang terletak di folder sistem32 Windows.

Apabila anda seorang teknisi jaringan atau minimal pernah belajar tentang DOS, maka anda tidak akan kesulitan untuk mengikuti instruksi-instruksi yang akan diberikan dalam artikel ini. banyak sekali cara untuk membuka Command Prompt, antara lain :
1. Klik Start, kemudian jalankan RUN atau bisa  juga dengan tombol shortcut Win+R. ketikkan perintah CMD, lalu Enter/OK.

 
2.  Masuk  ke Start menu, Pilih All Programs >> Accessories >> Command Prompt.
 
3. Masuk ke drive C, buka folder Windows,  buka folder System32, cari file executable bernama CMD.exe, lalu jalankan file tersebut.
 
Berikut adalah tampilan command line console-nya :
 

Perintah-perintah Penting DOS:
1. Dir, berfungsi untuk melihat isi sebuah hardrive. ketikkan perintah DIR [Enter], maka seluruh isi drive yang sedang berjalan akan muncul dalam bentuk daftar seperti contoh berikut:
Perhatikan baris <DIR> itu menunjukkan bahwa nama yang ada di sebelahnya merupakan nama direktori atau folder. variasi perintah: DIR *.doc [Enter] digunakan untuk melihat isi direktori yang berektensi .doc.
2. CD, berfungsi untuk pindah ke folder tertentu. ketik cd../ untuk pindah ke induk folder, dan ketik cd <nama-folder> untuk pindah ke folder yang diinginkan.
 
Perhatikan hierarki perintah di atas. Perintah cd../ [Enter] akan memindahkan posisi direktori dari C:\Users\ D14n menuju C:\Users dan seterusnya. Perintah cd windows [Enter] akan memindahkan posisi ke folder Windows.
3. Copy. Merupakan perintah untuk menyalin (copy) file dari satu folder ke folder lainnya. Perintahnya adalah copy nama-file [drive:] atau copy nama-file [drive:] [path] [DIR]. Perhatikan contoh berikut:
 
Contoh variasi perintahnya adalah copy *.xls E:belajar [Enter]. Dengan cara tersebut, maka semua file yang berekstensi xls akan tersalin ke drive E dan folder Belajar (drive+folder tujuan). Anda dapat mencoba untuk menyalin ekstensi lain, misal .doc atau .txt.

4. Del. Merupakan perintah untuk menghapus file. perintah dasarnya adalah DEL nama-file [Enter]. Perintah ini tidak berfungsi untuk menghapus folder. Contoh variasi untuk perintah ini adalah del c:*.exe [Enter]. Perintah tersebut akan menghapus semua file berektensi .exe pada drive C.

5. RMDIR. Merupakan perintah untuk menghapus folder tertentu. caranya ketik RMDIR <nama-folder> [Enter]. Usahakan yang di hapus adalah sub folder, karena bila sebuah folder masih memiliki beberapa sub folder didalamnya, maka perintah diatas tidak akan berjalan. Jadi hapus dari sub folder paling dalam sampai induk folder-nya.

6. Attrib, merupakan perintah untuk mengubah atribut file (read-only, hidden, archive, system file). Perintah ini diperlukan untuk membuka file-file yang disembunyikan (hidden) atau file yang tidak bisa dihapus (read-only).


7. Ren, merupakan perintah yang berfungsi untuk mengganti nama file. Perintahnya adalah ren <nama-file> <nama-file-baru> [Enter]. Pada penulisan nama file, ekstensi file harus dimasukkan.


8. CLS, merupakan perintah yang berfungsi untuk membersihkan tampilan layar command line console. Bila anda telah jenuh dengan banyaknya tampilan perintah pada layar, ketiklah perintah CLS [Enter], maka layar Command Prompt akan bersih kembali.

Inilah 8 dasar perintah DOS yang mungkin wajib anda ketahui dan kuasai jika ingin meng utak-utik komputer dengan cara manual. Jangan lupa klik disini ya?

Comments