Makalah Paradigma Pancasila

Perkembangan ilmu pengetahuan sangatlah pesat, sejalan dengan kemajuan jaman begitu pula dengan cara berpikir masyarakat yang cenderung menyukai hal-hal yang dinamis. Semakin banyak penemuan-penemuan atau penelitian yang dilakukan oleh manusia, tidak menutup kemungkinan adanya kelemahan – kelemahan didalamnya, maka dari itu dari apa yang telah diciptakan atau diperoleh dari penelitian tersebut ada baiknya berdasar pada nilai – nilai yang menjadi tolak ukur kesetaraan dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yaitu sila Pancasila.
Dengan berpedoman pada nilai – nilai pancasila, apapun yang diperoleh mausia dalam mengembangkan ilmu pengetahuan akan sangat bermanfaat untuk mencapai tujuan dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara Indonesia guna melaksanakan pembangunan nasional, reformasi dan pendidikan pada khususnya.
1.2  Rumusan masalah
·         Apa paradigma itu?
·         Apa peran pancasila dalam paradigma pembangunan?
·         Bagaimana kedudukan Pancasila di masa reformasi?
·         Bagaimana kedudukan Pancasila dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi?
1.3  Tujuan
·         Untuk mengetahui pengertian dari paradigm
·         Untuk mengetahui makna Pancasila sebagai paradigma pembangunan
·         Untuk mengetahui kedudukan Pancasila pada masa reformasi
·         Untuk mengetahui Pancasila dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi


Awalnya istilah Paradigma berkembang dalam dunia ilmu pengetahuan terutama yang kaitannya dengan filsafat ilmu pengetahuan. Tokoh yang mengembangkan istilah tersebut dalam dunia ilmu pengetahuan adalah Thomas S. Khun dalam bukunya yang berjudul The Structure of Scientific Revolution (1970: 49). Inti sari paradigma adalah suatu asumsi-asumsi dasar dan asumsi teoritis yang umum dan dijadikan sumber hukum, metode serta penerapan dalam ilmu pengetahuan sehingga sangat menentukan sifat, ciri dan karakter ilmu pengetahuan itu sendiri.
untuk selengkapnya silahkan download di:
Download

Comments