Thursday, April 26, 2012

Aplikasi Kriptografi Sederhana

Kriptografi, secara umum adalah ilmu dan seni untuk menjaga kerahasiaan berita [bruce Schneier - Applied Cryptography]. Selain pengertian tersebut terdapat pula pengertian ilmu yang mempelajari teknik-teknik matematika yang berhubungan dengan aspek keamanan informasi seperti kerahasiaan data, keabsahan data, integritas data, serta autentikasi data [A. Menezes, P. van Oorschot and S. Vanstone - Handbook of Applied Cryptography]. Tidak semua aspek keamanan informasi ditangani oleh kriptografi.
Ada empat tujuan mendasar dari ilmu kriptografi ini yang juga merupakan aspek keamanan informasi yaitu :

  • Kerahasiaan, adalah layanan yang digunakan untuk menjaga isi dari informasi dari siapapun kecuali yang memiliki otoritas atau kunci rahasia untuk membuka/mengupas informasi yang telah disandi.
  • Integritas data, adalah berhubungan dengan penjagaan dari perubahan data secara tidak sah. Untuk menjaga integritas data, sistem harus memiliki kemampuan untuk mendeteksi manipulasi data oleh pihak-pihak yang tidak berhak, antara lain penyisipan, penghapusan, dan pensubsitusian data lain kedalam data yang sebenarnya.
  • Autentikasi, adalah berhubungan dengan identifikasi/pengenalan, baik secara kesatuan sistem maupun informasi itu sendiri. Dua pihak yang saling berkomunikasi harus saling memperkenalkan diri. Informasi yang dikirimkan melalui kanal harus diautentikasi keaslian, isi datanya, waktu pengiriman, dan lain-lain.
  • Non-repudiasi., atau nirpenyangkalan adalah usaha untuk mencegah terjadinya penyangkalan terhadap pengiriman/terciptanya suatu informasi oleh yang mengirimkan/membuat.
Ini ada salah satu contoh software buatan saya sendiri (Blajaran :jawa) yang mengadopsi sistwm Kriptografi. bagi yang berminat silahkan download. didalamnya sudah dilengkapi dengan tutorialnya. dan yang lebih seru lagi softwarenya freeware. untuk aplikasinya bisa digunakan untuk menyembunyikan pesan rahasia dan lain-lain.

langsung saja, silahkan di download disini. cuma 1 MB kok. :)

Referensi :
[1]. http://id.wikipedia.org/wiki/Kriptografi
[2]. http://www.mediafire.com/
Previous Post
Next Post

2 comments:

  1. ini juga bisa jadi referensi nih..
    Aplikasi Sistem Keamanan Basis Data dengan Teknik Kriptografi RC4 Stream Cipher

    http://zonangopi.blogspot.com/2016/02/aplikasi-sistem-keamanan-basis-data-dengan-teknik-kriptografi-rc4-stream-cipher.html

    ReplyDelete

"Kalau mau Copy-Paste artikel boleh saja, tapi sumbernya ke blog ini"