Friday, November 16, 2012

Cara Kerja TCP/IP


TCP/IP merupakan protokol komunikasi untuk komunikasi antara komputer di Internet. TCP  IP singkatan Transmission  Control Protocol / Internet Protocol. TCP  IP mendefinisikan bagaimana perangkat elektronik (seperti komputer) harus terhubung kejaringan internet, dan bagaimana data harus ditransmisikan antara mereka.
Dalam proses pengiriman data ini terdapat beberapa masalah yang harus dipecahkan. Pertama, data harus dapat dikirimkan ke komputer yang tepat, sesuai tujuannya, dan data harus dalam keadaan utuh tanpa kerusakan (terjadinya kerusakan data dapat terjadi jika ada interferensi sinyal dari luar atau komputer tujuan berada jauh secara jaringan). Karenanya perlu ada mekanisme yang mencegah rusaknya data ini, dan dibuatlah beberapa aturan yang saling bekerja sama satu sama lainnya. Sekumpulan aturan untuk mengatur proses pengiriman data ini disebut sebagai protokol komunikasi data. Protokol ini diimplementasikan dalam bentuk program komputer (software) yang terdapat pada komputer dan peralatan komunikasi lainnya. TCP IP adalah sekumpulan protokol yang didesain untuk melakukan fungsi-fungsi komunikasi data tersebut.
Di dalam standar TCP  IP ada beberapa protokol untuk menangani komunikasi data:
  • TCP (Transmission Control Protocol) komunikasi antara aplikasi
  • UDP (User Datagram Protocol) komunikasi sederhana antara aplikasi
  • IP (Internet Protocol) komunikasi antar komputer
  • ICMP (Internet Control Message Protocol) untuk kesalahan dan statistik
  • DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) untuk pengalamatan dinamis
Pada dasarnya komunikasi data merupakan proses pengiriman data pada jaringan komputer, maksudnnya data dikirim dari satu komputer ke komputer yang lain. Untuk dapat mengirimkan data, pada komputer harus ditambahkan alat khusus, yang dikenal sebagai network interface (interface jaringan).  Jenis interface jaringan ini bermacam-macam, bergantung pada media fisik yang digunakan untuk mentransfer data tersebut.
Sekumpulan protokol TCP/IP ini dimodelkan dengan empat layer TCP IP, Layer TCP IP terdiri atas empat lapis kumpulan protokol yang bertingkat.
Keempat layer TCP IP tersebut adalah:
1.      Network Interface Layer, bertanggungjawab mengirim dan menerima data ke dan dari media fisik
2.      Internet Layer, bertanggungjawab dalam proses pengiriman paket ke alamat yang tepat.
3.      Transport Layer, bertanggungjawab untuk mengadakan komunikasi antara dua host/komputer.
4.      Application Layer, pada layer inilah terletak semua aplikasi yang menggunakan protokol TCP/IP ini.
Dalam TCP IP, terjadi penyampaian data dari protokol yang berada di satu layer ke protokol yang berada di layer yang lain. Setiap protokol memperlakukan informasi yang diterimanya dari protokol lain sebagai data.

Sumber:
http://riszal.wordpress.com/
http://jaringankomputer.comyr.com/pengertian-tcp-ip-konsep-dasar-dan-cara-kerja-layer-tc-ip/
Previous Post
Next Post

0 komentar:

"Kalau mau Copy-Paste artikel boleh saja, tapi sumbernya ke blog ini"