Thursday, February 22, 2018

25 Teknik Profesional bikin CorelDRAW X6

  25 Teknik Profesional bikin CorelDRAW X6

Vektor grafis merupakan gambar yang dibentuk oleh objek berupa garis dan kurva berdasarkan rumus matematika. Sebuah vektor grafis akan menampilkan gambar berdasarkan perhitungan koordinat sehingga dalam hal ini vektor grafis banyak digunakan dalam pembuatan teks dan logo. Keuntungan dari membuat gambar dengan vektor grafis adalah ukuran gambar ketika disimpan membutuhkan kapasitas yang kecil dan gambar tidak pecah ketika diperbesar. Software yang digunakan untuk membuat gambar dengan vektor grafis antara lain CorelDraw. CorelDraw merupakan salah satu program yang banyak digunakan dalam pembuatan desain grafis yang dilengkapi dengan full color management system dan interactive tools yang memudahkan dalam pembuatan dan editing suatu objek

Pada pembahasan bab yang pertama ini, anda akan belajar untuk membuat vektor dari berbagai macam logo. Dalam berbagai kepentingan, logo berfungsi sebagai tanda pengenal atau simbol dari suatu instansi/perusahaan dan dapat juga sebagai wakil dari suatu unit bisnis, institusi, atau lembaga yang tentunya mudah diingat sebagai ganti dari nama sebenarnya. Logo – logo yang akan dibahas adalah logo komputer, logo transportasi, logo produk elektronik, logo 3d, dan logo teks.

Logo yang akan dibuat adalah salah satu jenis logo yang sudah dijelaskan di atas yaitu logo 3d. Pada pembahasan kali ini akan banyak menggunakan gradasi warna dalam pemberian warna dalam pemberian warna pada objek. Untuk melakukannya akan menggunakan Fountain Fill yang tersedia pada toolbox. Dengan gradasi warna yang akan digunakan, anda dapat membuat gamar tersebut tampak seperti memiliki volume atau isi.

Buat yang tidak menggunakan CorelDraw X6, tidak usah panik, karena seyogyanya semua aplikasi CorelDraw sama semua, namun yang perlu diketahui, ada beberapa tools yang mungkin tidak ada selain di CorelDraw X6.


  1. Buka aplikasi Coreldraw X6, atau corel berapapun yang kalian instal di PC atau laptop kalian, karena seyogyanya semua coreldraw sama pengaplikasiannya.

  2. Setelah kita buka maka akan muncul tampilan seperti berikut. Maka yang harus kita lakukan adalah memilih New blank document . itu untuk memilih bidang baru.





 


  1. Setelah memilih New blank document, maka seperti ini tampilannya. Templet yang itu berfungsi untuk mengatu ukuran kertas yang akan kita gunakan.


















  1. Klik saja OK maka kita akan memiliki bidang kerja baru, dan kita dapat mulai menggambar   desain yang kita inginkan.






  1. Sebelum kita mulai menggambar, alangkah indahnya kita mengetahui tools dan kegunaannya dulu. Tampilan utama coreldraw saat kita buka pertama bidang menggambar dengan coreldraw.



 

        


  1. Keterangan :Title Bar
    b.   Menu Bar
    c.   Standard Tool Bar
    d.   Property Bar
    e.   Horizontal Ruler
    f.    Printable area
    g.   Color Pallete
    h.   Tool Box
    i.    Vertical Scrool Bar
    j.    Vertical Ruler
    k.   Horizontal Scrool Bar
    l.    Status Bar

















Berikut langkah –langkah membuat logo produk elektronik seperti gambar di atas.

 


  1. Langkah pertama seperti biasa yaitu siapkan CorelDraw x6
















  1. Buat sebuah lembar kerja baru dan setting ukuranya sedemikian rupa

















buat sebuah ukuran dengan siameter 500px X 500px kemudain setting layernya seperti pada gambar dibawah ini.

Untuk menampilkan tampilan berikut ini adalah dengan masuk Window> Docker> Obyek Manager

 














  • setting dibagian Outline garis  agar tampilan disetiap sisi walaupun tertutup oleh objek yang lain. Tools>  Option>  Workspace>  Displaymaka akan muncul tampilan berikut dan aktifkan apa yang dilingkari merah berikut ini



 

 














  • buat sebuah lingkaran dengan menggunakan matau juga bisa menggunakan tombol F7Untuk lebih jelasnya anda bisa melihat pada tampilan gambar dibawah ini
















  • Buatlah lingkaran yang lain dengan ukuran yang berbeda, buat yang lebih kecil dan taruh didalam lingkaran yang warna hitam



 


  1. jika lingkaran sudah anda buat sekarang seleksi semua lingkaran dengan klik Shift pada keyboard dan klik gambar lingkaran yang sudah anda buat. kemudian perhatikan gambar di area menubar klik icon dengan nama Back Minus Frontcara ini digunakan untuk memotong lingkaran yang besar dan dilubangi dengan lingkaran yang kecil.



 














  • Buat sebuah lingkaran lagi dengan cara yang sama , letakkan di atara lingran besar dan juga lingkaran paling kecil yang kami beri warna biru, untuk menindahkan ke belakang objek anda bisa menggunakan tombol CTRL + PgDownjika berhasil maka objek akan berpindah ke posisi tengah.
















  • Langkah ke 8 ini kita akan mulai memarnai objek lingkaran yang sudah kita buat tadi, dengan menggunakan Fountain Fillatau anda bisa menekan tmbol F11.
















  • aktifkan Objek yang akan diwarnai disini kita akan mewarnai yang lingkaran besar terlebih dahulu dan klik Fountain Filldan beri warna seperti berikut



 

dengan begini maka objek akan memiliki gradarsi warna dari silver menuju warna putih.













 














  • sekarang beri warna untuk bagian lingkaran kecil yang berwarna biru dengan  menggunakan menu yang sama, atau seperti pada gambar berikut ini.



 

 













klik oke jika settingan anda sudah selesai, dan jika tahap ini anda berhasil maka haisilnya adalah sebagai berikut

 


  1. sekarang kita akan menggunakan efek 3d pada objek yang pertama yaitu lingkran aling besar. aktifkan tool Extrudekemudian tarik kebawah sedikit dan hasilnya adalah sebagai berikut



 













kumudaian pisahkan hasil bayang 3d yang sudah dibuat tadi dengan menggunakan tombil CTRL + K dengan cara ini kedua objek akan terpisah

 

 













sekarang aktifkan lingkaran yang saya beri panah merah berikut ini

 


  1. Lakukan pewarnaan dengan menggunakan tool yang sama seperti tool yang kita gunakan sebelumnya



 













lakukan settingan seperti pada gambar yang nampak diatas, dan hasilnya adlah sebagai berikut

 


  1. Tahap ke tiga belas ini kita akan membat lingkaran baru didalam lingkaran ini digunakan untuk membuat efek Bivel supaya lebih menarik.



dengan menggunakan tool Ellipes buat sebuah lingkaran dan taruh di bagian tengah sperti pada gambar berikut ini dan berikan warna putih pada outline yang sudah dibuat.














  • Beri efek transparan pada lingkaran yang sudah kita buat  dengan menggunakan Transparancybisa anda lihat pada gambar berikut ini



 

dan tarik sesuai keinginan atau juga bisa anda tiru gambar berikut ini


  1. karena warna cahaya yang terdapat pada warna biru kurang sesuai anda bisa mengeditnya kembali, dengan mengaktifkan objek kemudian masuk ke Fountain Filldan edit untuk warna putihnya seperti gambar berikut



 

dan hasilnya sekarang jauh lebih menyatu daripada sebelumnya

 

hasil

 

 

 

 

 

 

 

 

 


  1. sekarang buat sebuah bayang-bayang biar efeknya lebih terlihat mempesona dengan mengaktifkan lingakaran dan pilih tool Interaktif Drop Shadow



 

 


  1. pindahkan ke bawah objek dan hasilnya adalah sebagai berikut



 

sekarang anda bisa menambahkan Background sesuai keinginan

 

Dari penjelasan diatas semoga bisa bermanfaat

 

 

 

 

 

Daftar Pustaka :

Apriliana, Farah Eka. 2013. 25 Teknik Profesional bikin CorelDRAW X6. Indonesia. Andi Publisher.

Apriliana, Farah Eka. 2018. https://pustaka.kerjabilitas.com/index.php/tutorial/item/306-belajar-coreldraw-pengenalan-tools. Malang.

Apriliana, Farah Eka. 2018. https://gurucorel.blogspot.co.id/2016/09/cara-membuat-logo-3d-profesional-dengan-Coreldraw.html.  Malang.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Previous Post
Next Post

0 komentar:

"Kalau mau Copy-Paste artikel boleh saja, tapi sumbernya ke blog ini"