Saturday, February 17, 2018

Berani jadi sutradara muda?ini tipsnya....

Hai para calon sutradara, kali ini aku akan mengajak kalian untuk menjadi seorang sutradara muda dan memberi tips untuk kalian semua, “bagaimana sih jadi sutrada yang baik?". Memang banyak orang yang ingin menjadi seorang sutradara akan tetapi tanpa adanya niat, keinginan itu mustahil untuk tercapai.

Sutradara merupakan orang yang memiliki sebuah tanggung jawab atas layak atau tidaknya sebuah film dibuat dan akan dipertonton kepada para penikmatnya. Seperti halnya pemilihan musik atau aktor yang memerankan sebuah tokoh dalam film.Sutradara menjadi salah seorang yang sangat penting dalam pembuatan sebuah karya film. Tentu saja dalam peranan seorang sutradara akan dibantu oleh semua crew yang ada dalam pembuatan sebuah film seperti editor, soundman, kameramen dan lain lain. Sutradara layaknya seorang pengarah, akan diapakan proses pembuatan film ini dan mengatur jalanya proses produksi agar menghasilkan sebuah karya yang sesuai dengan yang diinginkan.

Seorang sutradara professional dapat membuat ide-ide kreatif bersama seluruh tim produksi. Seluruh tim yang ada dalam proses produksi pembuatan film harus bekerja sama dan berkolaborasi dengan harmonis untuk bisa menghasilkan sebuah karya film yang baik, tentunya dengan mengandalkan keahlian di bidang masing-masing anggota dari tim produksi secara profesional, dalam proses kerja biasanya seorang sutradara akan dibantu oleh seorang penulis naskah agar pemikiranya bisa berkesinambungan pada saat proses awal pembuatan film atau biasa disebut waktu pra produksi. Sejatinya menjadi seorang sutradara merupakan suatu pekerjaan yang menyenankan jika kita ikhlas dan senang dalam melakukan semua kewajiban dalam menjadi seorang sutradara. Seorang sutradara juga bertanggung jawab untuk sisi kreatif dari sebuah produksi film, untuk itu tidak dapat dipungkiri bahwa seorang sutradara dituntut menjadi seorang pekerja keras, kreatif dan mampu berfikir secara kritis dalam berbagai situasi.



Dari beberapa penjelasan tersebut, tentunya ada beberapa hal yang harus selalu diperhatikan agar kalian bisa menjadi seorang sutradara muda yang baik dan profesional. Langsung saja berikut beberapa tips nya.

1.Banyakin Nonton Film

Nah, nonoton film disini memiliki maksud dan tujuan bukan hanya sekedar menonton saja namun juga memperhatikan dengan seksama. Dengan demikian secara tidak langsung kita telah mempelajari aspek – aspek kecil dalam film. Misalnya kekurangan atau kelemahan dalam penataan latar belakang suatu objek dalam film tersebut. Selain kekurangan atau kelemahan kita juga dapat melihat kelebihan dari film tersebut, misalnya film tersebut memiliki seorang tokoh/aktor yang memiliki karakter yang berbeda dari karakter karakter di film film lainnya. Hal tersebut sangat berguna agar film tersebut dapat dengan mudah diterima oleh khalayak umum.

2.Tetap Belajar

Jika kita ingin mendalami ilmu untuk menjadi seorang sutradara, maka kita harus tetap belajar. Meskipun kita sudah terbilang profesional dalam menjadi seorang sutradara namun yang namanya belajar harus tetap dilakukan karena perkembangan zaman semakin maju maka kita juga harus tetap belajar dan maju agar tidak tertinggal. Bahkan kita juga bisa belajar dari seorang sutradara lainnya yang sudah profesional dan memiliki banyak pengalaman karena setiap sutradara pasti mempunyai kekurangan dan kelebihan masing – masing pada setiap pribadinya.

3.Mencoba Membuat Film Pendek

Setelah menonton dan mengamati film, kemudian mempelajari ilmunya nah, sekarang saatnya mencoba untuk membuat film sederahana atau biasa disebut film pendek. Film pendek biasanya memiliki durasi yang pendek tidak lebih dari lima belas menit dahulu, kemudian jika film nya sudah terbilang sukses lalu kita perpanjang durasinya menjadi sekitar setengah jam. Disini kalian bisa mengajak teman – teman atau orang yang ada di sekitar kalian untuk membuat film. Hal ini juga bisa menambah wawasan kalian, setidaknya kalian bisa membayangkan jika kalian menjadi seorang sutradara film layar lebar, wah pasti seru bukan?. Coba lah membuat film dengan ide cerita yang sederhana dan ada di dalam kehidupan sehari hari, misalnya tentang permainan kuno, budi pekerti dan masih banyak lagi. Tak perlu muluk muluk, karena pada tahap ini bisa dibilang kalian masih tergolong pemula pada proses produksi suatu per film an.

4.Konsisten dalam Bekerja dan Berkarya

Jika kita konsisten dalam berkarya, maka karya yang dihasilkan juga akan baik, bagus dan bisa menjadi inspirasi yang lainnya. Yang namanya menjadi seseorang yang sukses tidak terjadi dalam 1 hari atau 1 minggu melainkan beberapa bulan bahkan tahun intinya semua memerlukan suatu proses. Maka dari itu jangan pantang menyerah dan tetap bekerja serta berkarya sampai menghasilkan suatu karya yang meledak di pasaran dan memiliki pengaruh besar bagi penikmatnya. Masa sulit harus kita hadapi dengan senyuman dan jadikan segalanya menjadi suatu pengalaman yang begitu berharga.

5.Membantu Sesama Sutradara

Banyak juga seorang sutradara yang mengawali karirnya dengan terjun ke dunia pembuatan per film an menjadi seorang asisten sutradara atau sebagai pembantu sutradara. Dengan demikian kita bisa menggali ilmu langsung dari orang yang sudah profesional di bidangnya sekaligus akan menjadi bahan pembelajaran dan pengalaman yang bisa kita gunakan dalam membuat karya sebuah film nantinya. Dan yang paling penting adalah kita bisa menambah rekam jejak dalam pembuatan sebuah karya film. Lagi-lagi sebuah jam terbang berupa pengalaman akan menjadikan seorang sutradara yang sudah menekuni dunia perfilman akan menjadi baik dan punya pengetahuan untuk meredakan jika situasi sulit akan dihadapi.

6.Mengikuti Berbagai Lomba

Kita juga bisa mengenalkan bakat kita dengan mengikuti berbagai macamlomba atau festival film yang diadakan oleh lembaga lembaga dibidang per film an. Banyak pihak – pihak yang mencari bakat dengan menyelenggarakan sebuah lomba atau festival pembuatan film atau film pendek. Jadi kita bisa manfaatkan dengan sebaik mungkin dan memberikan karya yang bagus serta mengandung pesan moral yang begitu berharga. Selain mendapatkan hadiah mungkin kita juga bisa menjadi seorang sutradara yang tidak dipandang hanya dengan sebelah mata.

7.Publikasi Karya Kita

Berani lah dalam mempublikasikan karya kalian, jangan takut untuk memulai berinteraksi dengan para penikmat film.Bersiaplah mendapatkan pujian dari karya kalian, ika film kalian perlu dipuji, namun jika film kalian sedikit kurang berkenan dimata penikmat film, maka jangan bersedih kalian akan mendapat berbagai saran yang bisa membangun diri dan mental kalian agar bisa lebih siap dalam karya karya berikutnya. Walau belum terkenal dan hanya memproduksi film – film pendek yang dibuat bersama teman – teman, kita juga harus publis agar semua orang tahu dengan karya kita. Siapa tahu ada pihak lain yang ingin bekerja sama dengan kita dalam sebuah produksi film besar dan itu bisa menjadi kebanggan kita sendiri.

Nah, setelah kalian membaca berbagai macam tips tersebut, apakah kalian lebih siap dalam menjadi seorang sutradara muda? Tentu kalian bisa merasa lebih siap bukan.Semoga kalian bisa menjadi seorang sutradara yang baik,tetap rendah hati dan semoga bisa menjadi inspirasi bagi yang lainnya.

Sutradara.com

Saya cinta dengan apa yang saya lakukan. Dengan film, mungkin itu adalah cara terbaik saya untuk menyampaikan sebuah pesan.” -Harvan Agustiansyah (Sutradara Pangreh).
Previous Post
Next Post

0 komentar:

"Kalau mau Copy-Paste artikel boleh saja, tapi sumbernya ke blog ini"