Tuesday, February 27, 2018

Berbagai Filter Photoshop Pembuat Foto atau Gambar menjadi Lebih Keren

Berbagai Filter Photoshop Pembuat Foto atau Gambar menjadi Lebih Keren













 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Apa sih Adobe Photoshop itu?

Adobe Photoshop adalah program aplikasi desain yang berguna untuk mendesain gambar, mengedit image grafis, dan mengolah foto digital. Software Adobe Photoshop ini dibuat dan dikembangkan oleh Adobe Systems Incorporated, sebuah vendor atau perusahaan terkemuka di bidang pengembangan perangkat lunak grafis dan multimedia.

 

Lalu, Apa itu Filter?

Filter adalah main menu pada progam aplikasi Adobe Photoshop. Photoshop sendiri memiliki fitur yang dapat memberikan efek special pada foto yaitu bernama Filter Gallery. Filter digunakan untuk mempercantik gambar atau foto dengan memberikan efek yang berbeda-beda.

 

Berikut langkah pemberian efek filter pada Adobe Photoshop.


  1. Buka dulu foto ataupun gambar yang ingin diberikan efek filter dari photoshop menggunakan menu File->Open atau bisa juga gunakan shortcut Ctrl+O untuk lebih mempermudah.



Gambar 1.1 Open


  1. Untuk membuka Galeri Filter, menu yang digunakan adalah menu Filter->Filter Gallery. Dan jika sudah di klik maka akan terbuka sebuah jendela baru yang memiliki banyak sekali filter.



Gambar 1.2 Filter Gallery


  1. Lalu kalian tinggal pilih, Filter mana yang akan kalian gunakan.



 

Ada apa aja sih Fasilitas filter pada Adobe Photoshop? Mari kita lihat.

Fasilitas filter yang terdapat pada Adobe Photoshop dibagi menjadi 14 submenu dalam menu Filter.

 

 

 

 

 

 

 

 


  1. Artistic



Gambar 1.3 Filter Artistic

Jenis filter ini menghasilkan efek khusus seperti gambar lukisan yang memberikan kesan artistik pada sebuah gambar. Di dalam filter ini terdapat 15 efek khusus artistik yaitu : Colored pencil, cutout, dry brush, film grain, fresco, neon glow, paint daubs, palette knife, plastic wrap, poster edges, rough pastels, smudge stick, sponge, underpainting, dan water color.

 


  1. Blur



Gambar 1.4 Filter Blur

Jenis filter ini menghasilkan efek kabur pada sebuah gambar. Di dalam filter ini terdapat 6 efek khusus yaitu : blur, blur more, gaussin blur, motion blur, radial blur, dan smart blur.

 


  1. Brush Strokes



Gambar 1.5 Filter Brush Strokes

Jenis filter ini hampir sama dengan efek filter artistik menghasilkan efek gambar lukisan dengan goresan kuas tinta pada sebuah gambar. Di dalam filter ini terdapat delapan efek khusus yaitu : accented edges, angled strokes, crosshatch, dark strokes, ink outlines, spatter, sparyed strokes, dan sumi-e.

 


  1. Distort



Gambar 1.6 Filter Distort

Jenis filter ini menghasilkan efek distorsi secara geometris, efek tiga dimensi (3D), atau efek pembentukan ulang pada sebuah gambar. Di dalam filter ini terdapat 12 efek khusus yaitu : diffuse glow, displace, glass, ocean ripple, pinch, polar coordinates, ripple, shear, spherize, twirl, wave, dan zigzag.

 

 


  1. Noise



Gambar 1.7 Filter Noise

Jenis filter ini menghasilkan efek tambahan atau mengurangi noise pada sebuah gambar. Di dalam filter ini terdapat 4 efek khusus yaitu : Add noise, despeckle, dust & scraches, dan median.

 


  1. Pixelate



Gambar 1.8 Filter Pixelate

Jenis filter ini mendefinisikan seleksi secara tajam dengan menyeragamkan pixel dengan nilai warna yang sama pada sebuah gambar. Di dalam filter terdapat 7 efek khusus yaitu : color halftone, crystalillize, facet, fragment, mezzotint, mosaic, dan pointillize.

 


  1. Render



Gambar 1.9 Filter Render

Jenis filter ini menghasilkan efek 3D, efek pola awan, dan efek sinar khusus pada sbuah gambar. Di dalam fiter ini terdapat lima efek khusus yaitu 3D transform, clouds, difference clouds, lens flare, dan lighting effect.


  1. Sharpen



Gambar 1.10 Filter Sharpen

Jenis filter ini meningkatkan ketajaman sebuah gambar dengan meningkatkan kontras pada pixel yang saling berdekatan. Di dalam filter ini terdapat empat khusus yaitu : sharpen, sharpen edges, sharpen more, dan unsharp mask.

 


  1. Sketch



Gambar 1.11 Filter Sketch

Jenis filter ini menghasilkan efek tekstur baik 2D maupun 3D pada sebuah gambar. Di samping itu, filter ini juga sering digunakan untuk menghasilkan efek gambar tangan. Di dalam filter ini terdapat 14 efek khusus yaitu : bas relief, chalk, & charcoal, charcoal, chrome, conte crayon, grapich pen, halftone pattern, note paper, photocopy, plaster, reticulation, stamp, torn edges, dan water paper.

 


  1. Stylize



Gambar 1.12 Filter Stylize

Jenis filter ini menghasilkan efek lukisan atau impressionistic dengan melakukan pengantian pixel dan meningkatkan nilai kontras pada sebuah gambar. Di dalam filter ini terdapat 9 efek khusus seperti : diffuse, emboss, extrude, finde edges, glowing edges, solarize, tiles, trace countur, dan wind.

 


  1. Texture



Gambar 1.13 Filter Texture

Jenis filter ini menghasilkan efek tekstur pada sebuah gambar. Di dalam filter ini terdapt 6 efek khusus seperti : craquelure, grain, mosaic tiles, patchwork, stained glass, dan texturizer.

 


  1. Video



Gambar 1.14 Filter Video

Jenis filter ini terdapat 2 efek khusus yaitu De-Interlace merupakan filter yang digunakan untuk menghilangkan garis interlace yang terdapat pada gambar yang diperoleh dari video dengan melakukan duplikasi atau interpolasi garis dan NTSC ( National Television Standars Commiteeb) merupakan filter yang digunakan untuk membatasi jumlah nada dengan warna yang dapat ditampilkan oleh televisi pada sebuah ambar dengan tujuan untuk mencegah terjadinya oversaturasi.

 


  1. Other



Gambar 1.15 Filter Other

Di dalam filter ini terdapat 5 efek khusus yaitu : custom, high pass, maximum, minimum, dan offset.

 

 

 


  1. Digimarc



Gambar 1.16 Filter Digimarc

Jenis filter ini digunakan untuk memberikan informasi copyright digital pada file gambar Adobe Photoshop.

 

Filter Eksternal Adobe Photoshop

Instagram adalah aplikasi smartphone untuk berbagi foto kepada publik. Berbagai macam fitur tersedia untuk mempercantik hasil foto kalian, salah satunya adalah fitur filter Instagram. Dulu filternya cuma ada 15 saja, tapi sekarang sudah lebih dari 30 filter seperti Nashville, Lord Kevin, maupun Earlybird.

Nah, tapi sayangnya buat kalian yang ingin mencoba filter Instagram tersebut diharuskan melakukan pengunggahan (upload) ke Instagram terlebih dahulu. Maka dari itu pada kesempatan kali ini ada berbagai filter Instagram yang bisa digunakan untuk photoshop yang gratis. Ya, memang tidak sama persis dengan filter aslinya, tapi menurut saya ini sudah cukup mirip.









INSTAGRAM FILTER AS ACTION BY Daniel BOX



 

Yang pertama adalah filter yang dibuat oleh Daniel Box yang bisa didapatkan dari blognya. Dalam action tersebut, tersedia 12 filter dengan tambahan beberapa action seperti crop, border dan lainnya untuk lebih mempercantik hasil foto atau gambar kalian.

INSTAGRAM 13 FILTER BY FRIABRISA



13 filter yang saya dapatkan dari Deviant Art. Deviant Art adalah social medianya para desainer dan fotografer. Hampir semua hal berbau desain dan foto ada disini, tidak terkecuali filter Instagram. Menurut saya, filter buatan  friabrisa lah yang paling bagus selain ada action, dia juga membagikan file Photoshopnya.

 

FILTER EFEK FOTO DI MAHIR PHOTOSHOP




  • Efek Classic (untuk Prewedding)

  • Efek Hitam Putih

  • Efek Retro

  • Efek Nashville

  • Efek Vintage

  • Dan lainnya



Keren-keren kan filternya? jadi buat yang ingin menggunakan eksternal filter pada Adobe Photoshop bisa mengunduh dengan gratis saja.

Nah, itu tadi penjelasan dari berbagai macam filter yang ada di Filter Gallery Photoshop. Sudah cukup lengkap bukan? Sekian dulu untuk penjelasan saya, terima kasih telah membaca keseluruhan dari artikel ini. Semoga juga artikel tersebut bermanfaat bagi anda semua yang sedang mempelajari photoshop dari tingkat dasar.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Daftar Pustaka

 

Iswidharmanjaya, Derry.2010.Mahir Manipulasi Gambar dengan Filter Photoshop CS5: Berbagai Filter Photoshop Pembuat Foto atau Gambar menjadi Lebih Keren.Jakarta: Elex Media Komputindo.

 

Nama: Firdana Zidan Erlansyah

Email               : firdanazidan9@gmail.com

Instagram        : firdanaze_

Line                 : firdanaze

WhatsApp       : 085804968901
Previous Post
Next Post

0 komentar:

"Kalau mau Copy-Paste artikel boleh saja, tapi sumbernya ke blog ini"