Thursday, February 22, 2018

Bikin Corporate Identity dengan CorelDraw X5

     Hai kalian semua terimakasih sudah mau menyempatkan diri buat buka blog aku. Kali ini aku mau sharing nih buat kalian yang mau belajar bagaimana sih cara buat corporate identity, design logo dan dimana aja sih design logo ini di tempatkan pada beberapa media-media tertentu. Nah sebelum itu kita pahami dulu apasih corporate identitiy itu ? , yuk kita simak lebih lanjut.



     Corporate identity merupakan salah satu unsur dari desain komunikasi visual yang digunakan oleh berbagai perusahaan komersial, yayasan, atau lembaga periklanan lainnya untuk menciptakan identitas diri pribadi secara konsisten.

Logo Ibarat bagian tubuh yang mampu mengutarakan isi hati produk atau perusahaan. Untuk keperluan operasional ataupun promosi, logo identity biasanya ditempatkan pada media-media tertentu seperti kartu nama, amplop, pin, dan media lainnya.



     Kita dapat membuat sebuah logo identity dengan berbagai macam aplikasi desain grafis yang ada. Kali ini kita akan belajar bagaimana cara membuat logo identity menggunakan aplikasi CorelDraw X5. Dengan penggunaan fasilitas serta tool yang dimiliki aplikasi CorelDraw X5 dimanfaatkan untuk membuat ornamen-ornamen pembentuk logo identity. Teknik-teknik pengaturan objek juga diterapkan untuk membuat kreasi bentuk sehingga desain-desain logo yang dihasilkan juga tampak unik dan menarik.




A. DESAIN CORPORATE IDENTITY PADA KARTU NAMA
Kartu nama yang akan dibuat berhubungan dengan telecommunication company “PT. Yanz Comm Corp”.



Berikut adalah langkah-langkahnya :

1. Buatlah desain logo dengan mengaktifkan Basic Shape Tool pada toolbox, pilihlah ikon objek berikut pada property bar, lalu gambar objek seperti berikut.




Gambar 0.1



2. Selanjutnya, aktifkan 2-Point Line tool dan buatlah beberapa garis lurus dengan posisi berikut
(a), Setelah itu aktifkan pula Polyline tool dan buatlah lintasan garis pada bakal logo seperti
berikut (b).




Gambar 0.2



3. Buatlah beberapa objek berikut yang pertama sebuah objek lingkaran mengguanakan Ellipse
tool serta objek persegi panjang menggunakan Rectangle tool. Untuk objek persegi berikan pengaturan nilai Angle of rotation sebesar 45 derajat.



  
Gambar 0.3



4. Susunlah ketiga objek ini dengan susunan seperti gambar di bawah ini. Untuk menempatkan ketiga objek pada posisi berpusat pada titik tengah, maka seleksi ketiga objek, lalu tekan tombol E kemudian C.
5. Tambahkan pula sebuah teks ‘YC’ menggunakan Text tool dan tempatkan teks ini tepat ditengah-tengah titik pusat ketiga objek sebelumnya. Lalu pilihlah Font yang anda inginkan.




Gambar 0.4



6. Selanjutnya, aktifkan Ellipse tool lalu buatlah 4 buah objek lingkaran dengan susunan seperti berikut. Kemudian berikan pengaturan nilai Starting and ending angle di property bar pada masing-masing objek lingkaran hingga dihasilkan seperti gamabr dibawah ini.




Gambar 0.5



7. Setelah membuat bagian-bagian logo maka susunlah bagian-bagian ini sehingga membentuk desain seperti berikut.



  
Gambar 0.6



8. Langkah selanjutnya, tambahkan teks-teks berikut menggunakan Text tool pada desain logo dengan posisi seperti ini. tambahakan pula lintasan garis berikut menggunakan Polyline tool.




Gambar 0.7



9. Tahap berikutnya adalah membuat kartu nama yang nantinya di dalamnya akan ditempatkan logo identity. Pertama buatlah sebuah bidang menggunakan Rectangle tool dengan ukuran 90 x 55 mm dan beri warna Orange (tanpa outline) pada bidang pertama.




Gambar 0.8



10. Seletah itu, tambahkan beberpa teks mengguanakan Text tool pada bidang kartu nama mengenai keterangan perusahaan. Anda dapat memilih Font sesuai selera.




Gambar 0.9



11. Langkah terakhir, tempatkan logo identity Yanz Comm yang telah dibuat sebelumnya pada bidang kartu nama. Anda dapat melihat hasil akhir desain logo identity di kartu nama yang telah jadi.




Gambar 1.0



B. DESAIN CORPORATE IDENTITY PADA AMPLOP
Amplop yang akan dibuat berhubungan dengan maskapai penerbangan “Borneo Air”.

Berikut adalah langkah-langkahnya :

1. Langkah pertama pembuatan logo, aktifkan Berzier tool dan buatlah sebuah pola berikut (borneo island). Kemudian beri warna hijau (tanpa outline).




Gambar 1.1



2. Buatlah 2 buak objek oval menggunakan Ellipse tool. Susunlah kedua objek tersebut seperti berikut. Seleksi dan klik ikon Trim pada property bar.




Gambar 1.2



3. Selanjutnya ubah nilai Angle of rotation objek menjadi 30 derajat. Beri warna white pada objek dan green untuk warna outline, kemudian tempatkan objek ini pada pola borneo island seperti berikut.




Gambar 1.3



4. Tahap berikutnya adalah membuat ornamen pesawat terbang. Langkah pertama buatlah bagian badan pesawat. Buatlah sebuah objek oval menggunakan Ellipse tool dan sebuah persegi panjang menggunakan Rectangle tool. Susunlah seperti gambar berikut seleksi keduanya, dan klik ikon weld pada property bar.



 
Gambar 1.4



5. Ubah sedikit bentuk pola di atas menggunakan Shape tool. Anda dapat melakukan teknik node dengan pengaturan control handle.




Gambar 1.5



6. Bagian selanjutnya adalah ekor pesawat, buatlah sebuah objek trapesium menggunakan Basic Shapes tool. Tempatkan pada bagian ornamen badan pesawat, seleksi kedua objek, dan klik ikon weld sehingga dihasilkan bentuk berikut.




Gambar 1.6



7. Bagian berikutnya adalah sayap pesawat, buatlah sebuah pola berikut menggunakan Polyline tool. Tempatkan pada salah satu sisi badan ornamen pesawat kemudian lakukan duplikasi (Ctrl+D). Lakukan pula pencerminan dengan klik Mirror horizontally dan susunlah kedua objek sehingga menghasilkan tampilan berikut.




Gambar 1.7



8. Seleksi seluruh bagian pembentuk ornamen pesawat terbang, kemudian ubah nilai Angle of rotation menjadi 315 derajat. Tempatkan ornamen pesawat terbang ini pada bakal logo sehingga menghasilkan tampilan berikut.




Gambar 1.8



9. Langkah berikutnya, tambahkan sebuah simbol karakter dengan klik Text > Insert Symbol Character. Pilih font : Wingdings, lalu cari dan klik ikon simbol berikut. Kemudian klik tombol Insert dan tempatkan pada logo seperti berikut.




Gambar 1.9



10. Langkah berikutnya adalah membuat bidang amplop berbentuk persegi panjang berukuran 230 x 110 mm menggunakan Rectangle tool. Tambahkan pula beberapa teks yang ditempatkan pada bidang amplop ini seperti berikut.




Gambar 2.0



11. Langkah terakhir, tambahkan logo identity Borneo Air yang telah dibuat sebelumnya dan tempatkan pada bidang amplop. Anda dapat melihat hasil akhir desain logo identity pada amplop yang telah jadi.




Gambar 2.1



C. DESAIN CORPORATE IDENTITY PADA PIN
Pin yang akan dibuat berhubungan dengan Otomotif “Rental Oto”.

Berikut adalah langkah-langkahnya :

1. Tahap pertama pembuatan logo diawali dengan membuat beberapa lintasan garis menggunakan B-Spline tool seperti berikut.




Gambar 2.2



2. Langkah berikutnya seleksi seluruh garis lalu aktifkan Artistic Media tool. Pilih ikon Preset. Dan pilihlah Preset Stroke. Sesuaikan ukuran kuas yang dibutuhkan sehingga menghasilkan tampila seperti berikut ini.




Gambar 2.3



3. Tahap berikutnya adalah membuat ornamen berbentuk speedometer. Pertama buatlah sekumpulan objek lingkaran menggunakan Ellipse tool dengan susunan seperti berikut. Berikan warna pada masing-masing objek lingkaran mulai dari objek terluar hingga ke dalam yaitu Black, Cyan, Orange, dan Red.




Gambar 2.4



4. Selanjutnya buat pula 2 buah lintasan garis menggunakan 2-Point Line tool pada objek lingkaran seperti berikut. Kemudian aktifkan Smart Fill tool dengan klik daerah-daerah berikut (tanda x dan y). Beri warna pada bagian x dengan warna Yellow dan y dengan warna Green sehingga dihasilkan tampilan berikut.




Gambar 2.5



5. Lanjutkan dengan membuat bagian yang lain yaitu kumpulan penunjuk angka speedometer. Buatlah 2 garis lurus pada ornamen menggunakan 2-Point Line tool dengan posisi berikut. Aktifkan Smart Fill tool, klik mouse pada daerah bertanda ‘x’ dan beri warna white.



 
Gambar 2.6



6. Ubah posisi titik rotasi objek menuju titik tengah objek lingkaran bagian ornamen speedometer seperti berikut. Gunakan mouse untuk menggeser posisi titik rotasi objek tersebut.




Gambar 2.7



7. Tahap selanjutnya lakukan duplikasi secara rotasi yaitu memunculkan docker pengaturan dengan klik Arrange > Transformations > Rotate. Isi nilai Angle: 20 derajat dan copies : 10, klik Apply sehingga menghasilkan tampilan seperti seperti berikut.




Gambar 2.8



8. Lanjutkan dengan membuat bagian ornamen yang lain yaitu jarum speedometer. Aktifkan Polygon tool dan buatlah sebuah objek segitiga berikut. Selesksi dan tekan Ctrl+Q, aktifkan Shape tool, dan ubah bentuk objek menggunakan teknik node seperti berikut.



 
Gambar 2.9



9. Beri warna Blue pada objek dengan outline White (ketebalan disesuaikan). Ubah nilai Angle of rotation menjadi 45 derajat dan ditempatakan pada ornamen speedometer seperti berikut.




Gambar 3.0



10. Selanjutnya, tempatkan ornamen speedometer dan ornamen bentuk mobil membentuk sebuah logo identity. Tambahkan pula teks menggunakan Text tool untuk melengkapi logo tersebut.




Gambar 3.1



11. Tahap selanjutnya membuat bidang pin yaitu membuat lingkaran dengan ukuran diameter 60 mm menggunakan Ellipse tool. Selanjutnya beri warna menggunakan Fountain Fill dengan pengaturan warna From Deep Yellow dan To: White.




Gambar 3.2



12. Selanjutnya tempatkan logo identity dan teks keterangan alamat dan nomor kontak pada bidang pin. Anda dapat melihat hasil akhir desainnya.




Gambar 3.3



     Nah itu dia beberapa contoh cara membuat corporate identity pada media-media tertentu. Bagaimana setelah membacanya apakah kalian paham, jika belum kalian bisa membacanya dan juga mencoba pada aplikasi CorelDraw. Terimakasih sudah mau membaca artikel aku. Semoga ilmu kalian bisa semakin bertambah. Terimakasih semuanya.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

"Kalau mau Copy-Paste artikel boleh saja, tapi sumbernya ke blog ini"