Thursday, February 22, 2018

Bikin Corporate Identity Dengan CorelDraw Yang Sangat Mudah

[gallery ids="2383"]

Corporate identity merupakan salah satu unsur desain komunikasi visual yang digunakan oleh perusahaan komersial, yayasan, atau lembaga lainnya untuk menciptakan identitas diri pribadi secara konsisten. Sebagian dari desain corporate identity, logo ibaratnya adalah bagian tubuh yang mampu mengutarakan isi hati produk / perusahaan. Desain logo identity pun beragam bentuknya mulai dari bentuk yang sederhana hingga bentuk yang cukup rumit. Untuk keperluan operasional ataupun promosi, logo identity biasanya di tempatkan pada media-media tertentu seperti kartu nama, pin, kaos, dan media lainnya.

Terdapat latihan membuat corporate identity di berikan dalam artikel ini. Penggunaan fasilitas serta tool yang di miliki  aplikasi CorelDraw di manfaatkan untuk membuat bagian-bagian atau ornament pembentuk logo identity. Teknik-teknik pengaturan objek yang juga di terapkan untuk membuat kreasi bentuk sehingga desain-desain logo yang di hasilkan juga tampak lebih unik dan menarik.

Yukkk… langsung saja ikuti tutorial desain corporate identity

Desain Corporate Identity Pada Kartu Nama

Pada bab ini berisi latihan-latihan membuat desain corporate identity pada kartu nama. Pada proses pembuatan logo ini yang di gunakan hanya beberapa fasilitas pembuat tool ditambah tool tambahan seperti Shape Tool.

Pembuatan corporate identity berikut ini adalah desain kartu nama yang di buat untuk sebuah perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi yakni Rand Tell Jaya. Desain ini juga di buat dengan memanfaatkan tool yang di sediakan oleh aplikasi CorelDraw antara lain seperti rectangle tool, ellipse tool. Pembuatan logo ini juga masih terbilang cukup mudah dengan teknik yang juga tidak terlalu rumit.

 

Gambar 1.1 Desain logo identity Rand Tell

 

Ikuti beberapa langkah dan penjelasan berikut untuk membuat desain logo identity Rand Tell.

 


  1. Awali dengan pembuatan bagian pertama logo identity, buatlah 2 buah objek segi empat menggunakan Rectangle tool. Berikan pengaturan bentuk corner objek dengan klik ikon Round corner, lalu isilah nilai corner radius  pada property bar yang di sesuaikan dengan bentuk objek. Terapkan sebuah warna yaitu orange (tanpa outline) sehingga di hasilkan bentuk sebagai berikut.



Gambar 1.2 Tahap awal pembuatan logo Rand tell


  1. Langkah selanjutnya, buatlah sebuah objek persegi panjang menggunakan Rectangle tool yang telah di beri pengaturan bentuk sudut Round Corner. Beri warna White (putih) dan tempatkan objek di posisi berikut pada objek sebelumnya.



Gambar 1.3 Menempatkan objek persegi panjang pada objek sebelumnya.


  1. Seleksi objek lalu berikan pengaturan duplikasi secara posisi dengan klik menu Arrange > Transformation > position sehingga muncul sebuah docker. Pertama isilah nilai pergeseran horizontal pada kolom H (perlu di perhatikan, nilai ini harus sedikit lebih besar dari ukuran lebar objek yang akan di duplikasi). Isi juga nilai duplikasi yang di inginkan pada kolom copies. Klik  Apply sehungga di hasilkan berikut.



 

Gambar 1.4 pengaturan dan hasil duplikasi secara horizontal pada objek.

 


  1. Masih menggunakan docker Transformations, seleksi seluruh objek persegi panjang hasil duplikasi pertama, ubahlah nilai pergeseran secara vertical pada kolom V (nilai ini harus sedikit lebih besar dari ukuran tinggi objek yang akan di duplikasi). Isi nilai duplikasi pada kolom copies, lalu klik Apply sehingga di hasilkan bentuk berikut ini.



 

Gambar 1.5 hasil duplikasi vertical dan pengaturannya pada objek.

 


  1. Selanjutnya, tambahkan sebuah objek persegi panjang menggunakan Rectangle tool. Berikan pengaturan Round Corner dan aturlah ukurannya sehingga dapat mengisi area kosong objek bakal desain logo seperti berikut.



 

Gambar 1.6 Tambahan objek persegi panjang

 


  1. Tahap selanjutnya adalah membuat bagian lain desain logo Rand Tell. Buatlah 2 buah objek oval (lingkaran) dengan menggunakan Ellipse tool dan susunlah keduanya seperti berikut. Seleksi kedua objek lalu klik ikon Trim pada property bar sehingga di dapatkan bentuk berikut



Gambar 1.7 Hasil pengaturan trim pada pada dua objek oval


  1. Masih berhubungan dengan pengaturan Trim, buatlah sebuah objek tersebut persegi panjang menggunakan Rectangle tool dam tempatkanlah objek tersebut pada posisi berikut. Seleksi kedua objek lalu klik ikon Trim pada property bar sehingga didapat bentuk objek seperti berikut.



Gambar 1.8 Hasil pengaturan trim yang kedua


  1. Selanjutnya, berikan pengaturan duplikasi posisi secara vertical seperti pada langkah 4. Lalu berikan warna (tanpa outline) pada masing-masing objek dengan warna warna berikut.



Gambar 1.9 Hasil duplikasi dan penerapan warna pada kumpulan objek


  1. Tempatkanlah kumpulan objek ini pada bakal desain sebelumnya dengan posisi seperti berikut. Lakukan duplikasi pada salah satu objek kemudian klik ikon mirror horizontaly dan tempatkan pula objek ini pada bakal desain logo.



Gambar 1.10 Menempatkan kumpulan objek berwarna pada bakal logo


  1. Kemudian tambahkan sebuah teks menggunakan Teks tool, tempatkan teks ini pada bagian atas desain logo identity dengan ukuran yang di sesuaikan seperti berikut. Anda dapat memilih jenis huruf yang di inginkan, namun pada latihan ini di gunakan jenis font BankGothic Lt Bt.



Gambar 1.11 tambahan teks pada desain logo Rand Tell.


  1. Tahap berikutnya, buatlah objek dasar kartu nama menggunakan Rectangle tool dengan ukuran 90 mm x 55 mm. berikan warna Ghost green (tanpa outline) pada objek dasar ini.

  2. Tambahkan beberapa teks pada kartu nama berikut ini. Pada latihan ini di gunakan jenis font: Calibri, new century, arial, dan Century old style.



Gambar 1.12 objek dasar kartu nama dan beberapa teks di dalamnya


  1. Masih bekerja pada bidang dasar kartu nama, buatlah beberapa buah objek persegi panjang menggunakan Rectangle tool Berikan warna sky blue, lalu tambahkan teks pada masing-masing objek persegi panjang menggunakan Text tool. Berikan warna white (putih) pada teks dan tempatkan pada bidang kartu nama seperti berikut.



Gambar 1.13 Bagian tambahan objek dan teks pada kartu nama

 


  1. Langkah terakhir, tempatkan logo identity Rand Tell pada bidang kartu nama yang telah di tambahkan beberapa teks dan anda dapat melihat hasil akhir desain logo identity di kartu nama pada awal pembahasan ini.



Gambar 1.14 Penempatan logo identity pada kartu nama

Sampai disini anda telah belajar berbagai teknik dalam membuat desain corporate identity dengan menggunakan CorelDraw. Pada bab sebelumnya telah di bahas cara mendesain corporate identity.

Kami berharap anda dapat memahami materi yang telah di sampaikan dengan cara yang paling mudah dan cepat. Jika anda menemui kesulitan dalam mempelajari materi membuat corporate identity pada buku ini, anda dapat menyampaika pertanyaan ke penulis. Untuk menambah wawasan dan pengetahuan yang lebih mendalam tentang aplikasi CorelDraw anda juga dapat mengunjungi URL dari aplikasi CorelDraw itu sendiri yakni, www.corel.com
Previous Post
Next Post

0 komentar:

"Kalau mau Copy-Paste artikel boleh saja, tapi sumbernya ke blog ini"