Monday, February 19, 2018

Inilah Trik Tampil Cantik Bagi Pemula Dengan Menggunakan Adobe Photoshop



Untuk para cewek yang mau tampil cantik gak usah jauh-jauh ke salon sekarang ada cara termudah membuat perempuan cantik yaitu dengan menggunakan Photoshop. hehe ini hanya berlaku pada poto saja ya!!

Apa Itu Photoshop?



Photoshop merupakan sebuah software pengolah gambar yang benar magic dan fantastic. Hingga saat ini, belum ada software serupa yang dapat menandinginya. Kita dapat melakukan banyak hal melalui Photoshop seperti mencerahkan/memutihkan gambar, mempercantik tampilan foto seorang dengan Make Up.

Adobe Photoshop adalah salah satu aplikasi perangkat lunak editor gambar buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek, atau biasa disebut Layer Style. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan, Photoshop Selain memiliki fitur yang mudah untuk di pahami, Photoshop juga memiliki beberapa unggulan fitur yang mampu bekerja maximal, hingga mensuport beberapa file, sehingga bagi kamu seorang desain grafis, ini merupakan salah satu syarat jika kamu pengen masuk ke dunia desain grafis, photoshop dengan segala fasilitasnya.

Nah, Sebagai permulaan, ada baiknya jika saya jelaskan bagian bagian penting dalam Photoshop. Berikut ini adalah bagian-bagian dari Photoshop yang harus anda ketahui :



Keterangan :


  1. Toolbox (berbagai macam tools)

  2. Tool Option Bar (untuk mengatur nilai parameter dari tool yang sedang aktif)

  3. View area untuk image (untuk menampilkan image yang sedang dikerjakan)

  4. Menu Bar

  5. Status Bar (keterangan mengenai toolbox yang sedang aktif)

  6. Palette, dari atas ke bawah: navigation palette, color palette, history palette, dan layer palette (untuk memudahkan dalam navigasi maupun editing image)

  7. Palette Well (hanya tampak apabila resolusi layar di atas 800 x 600)



 

Berikut ini adalah tutorial mengenai cara merias wajah biasa menjadi wajah cantik alami. Merias wajah atau lebih kerennya disebut make up wajah / makeover beauty retouching menggunakan Adobe Photoshop. Dan cara memoles/merias wajah yang semula alami tanpa makeup sehingga wajah dibuat begitu glamour dengan tata rias yang sangat mempesona menggunakan photoshop, untuk proses atau teknik pembuatannya juga berbeda-beda namun dengan tujuan yang sama yaitu mempercantik tampilan wajah. Jadi dengan Adobe Photoshop ini sangat membantu sekali proses Editing dan pengolahan gambar / foto misalnya yang sekarang ini. Dan misalnya kita mempunyai foto yang matanya merem dapat diperbaiki/di edit kembali menjadi mata melek.

Setelah anda belajar manipulasi foto atau cara edit foto wajah untuk di poles atau di make-up maka anda bisa membuat teknik manipulasi phtoshop yang lainnya. teknik pembuatannya tidak begitu rumit jadi saya akan memberi tutorial yang sangat sederhana sekali supaya mudah dipelajari dan dipraktekkan. Untuk membuat wajah cantik dengan dipermak, dipoles dan di makeover, saya hanya akan memberi warna pada bibir, mata dan pipi. Nah sekarang simak bagaimana cara merias wajah menggunakan photoshop.

A. Digital Make Up


  1. Langkah yang pertama adalah Tekan CTRL + O untuk membuka foto yang akan diberi makeup, jangan lupa untuk memilih foto close up atau tampak muka & pastinya anda harus menggunakan foto wanita.













Gambar 1.1 Membuka Gambar





  1. Klik menu Layer pilih New kemudian pilih Layer, ubah blending layernya (melalui palette layer) menjadi color dan kurangi opacitinya hingga 30 %.













Gambar 1.2 Membuat Layer Baru




 











Gambar 1.3 Memberi Nama Layer




 











Gambar 1.4 Mengubah Blending dan Opacity





  1. Ubah warna depan dengan cara klik 1x icon Foreground Color pada Toolbox. Pilih warna makeup yang anda inginkan, anda harus memilih warna makeup yang tepat agar hasilnya tampak alami.













Gambar 1.5 Mengubah Foreground Color





  1. Pilih Brush Tool lalu pastikan anda memilih brush tool dengan tepian yang halus, tepian halus disini dapat dilihat dari pinggiran yang berbayang, pilih Brush Tool melalui option bar pada bagian atas (dibawah menu).













Gambar 1.6 Memilih Alat Brush




 











Gambar 1.7 Memilih Tipe Brush




 


  1. Pastikan anda berada pada layer baru yang telah dibuat pada langkah sebelumnya, kemudian sapukan Brush diatas bagian wajah yang diinginkan, misalnya dibagian bibir, pipi atau kelopak mata. Buat layer baru lagi untuk tiap bagian yang berbeda, masing-masing makeup ditempatkan pada layer yang terpisah, jangan digabung













Gambar 1.8 Mewarnai Bibir




 











Gambar 1.9 Mewarnai Pipi




 











Gambar 1.10 Mewarnai Kelopak Mata




 











Gambar 1.11 Kondisi Layer




 


  1. Kurangi atau tambah lagi nilai Opacitynya jika dirasakan hasilnya kurang pekat atau terlalu pekat, nilai opacity disini tergantung dengan kecerahan foto dan resolusi foto.













Gambar 1.12 Hasil Akhir : Sebelum (kiri), Sesudah (kanan)




 

Selanjutnya pada tutorial yang kedua saya akan Mengajak sobat Belajar Photoshop teknik dasar memutihkan wajah , cara yang akan kita gunakan sangat mudah dan sederhana . tidak perlu ribet-ribet tutuorialnya nanti bisa-bisa meletus deh kepalanya

Tutorial photoshop kali ini saya akan berikan tutorial cara memutihkan dan mencerahkan kulit hitam atau lebih tepatnya warna cokelat karana umunya orang indonesia meyebut warna kulit coklat dengan nama hitam.

Langsung saja buka file yang mau di edit,disini saya menggunakan foto model yang memiliki kulit sawo matang.

B. Memutihkan Kulit


  1. Buka photoshop dan siapkan objek ynag akan diedit





Gambar 2.1 Objek yang akan diedit



 


  1. Seleksi gambar menggunakan Quick Mask Tool (Q) pada bagian yang mau di edit,klo belum tau cara seleksi menggunakan Quick Mask.





Gambar 2.2 Menyeleleksi objek



 


  1. Setelah selesai tekan tombol Q untuk menon aktifkan Quick Mask,Tekan CTRL+SHIFT+I untuk menyeleksi bagian dalam,CTRL+J untuk menggandakan bagian yang terseleksi,pergi ke Layer>New Adjustments Layer>Curves.





Gambar 2.3 Cara menggandakan bagian seleksi



 


  1. Centang Tombol Use Previous Layer.



 



Gambar 2.4 Tombol Use Previous Layer



 


  1. Atur posisi curvers keatas hingga kulit terlihat putih atau sebaliknya atur curves kebawah untuk memperoleh kulit yang lebih gelap dari sebelumya.





Gambar 2.5 Mengatur posisi curvers



Sangat mudah bukan?.....

 

Selanjutnya tutorial yang ketiga yang paling digemari para cewek untuk tampil glamour dibagian rambut, jika penasaran langsung saja berikut totorialnya.

C. Merubah Warna Rambut


  1. Buka photoshop

  2. Buka gambar rambut yang akan diberi warna seperti contoh dibawah ini



 



Gambar 3.1 Objek yang akan diedit



 


  1. Sekarang mulai ke tahap seleksi pada rambut. Untuk menyeleksi rambut banyak tool yang bisa digunakan di toolbox photoshop, misalnya dengan magic wand tool, lasso tool, pen tool. Saya akan menyeleksi rambut dengan Quick Selection Tool yang ada di toolbox, lihat gambar dibawah ini



 



Gambar 3.2 Cara menyeleksi rambut



 


  1. Dan hasil seleksi rambut dengan Quick Selection Tool seperti dibawah ini



 



Gambar 3.3 Menyeleksi rambut



 


  1. Selanjutnya memberi warna rambut yang baru saja di seleksi, caranya pada menu bar silahkan klik Image => Adjustments => Variations dan silahkan anda pilih warna yang cocok dengan selera anda dan kalau warna rambut sudah anda pilih langsung saja klik Ok



 



Gambar 3.4 Memberi warna rambut



 


  1. Hasilnya dari pengecatan rambut seperti pada gambar dibawah ini



 



Gambar 3.5 Hasil pewarnaan



 


  1. Anda dapat lihat perbedaan antara rambut sebelum diwarnai dan rambut sesudah diwarnai pada gambar dibawah ini



 



Gambar 3.6 Hasil Akhir : Sebelum (kiri), Sesudah (kanan)



 

Demikian artikel seputar Photoshop dan tutorial-tutorial dari saya, yang pasti dengan teknik ini anda bisa merubah kecantikan yang lebih cantik yang cocok untuk diri anda. Semoga berguna bagi Anda semua. Mari kita sebarkan ilmu pengetahuan bagi kemajuan bangsa Indonesia.

Selamat berkreasi!

 

DAFTAR PUSTAKA

http://tekno.indoim.com/2012/01/

http://tomymeilando.blogspot.co.id/2011/08/

http://psd48.blogspot.co.id/2014/05/

http://tips-erma.blogspot.com/2015/03/

 
Previous Post
Next Post

0 komentar:

"Kalau mau Copy-Paste artikel boleh saja, tapi sumbernya ke blog ini"