Saturday, February 17, 2018

KEBENARAN TENTANG LENSA?

Assalamualaikum wr.wb . sebelumnya ini adalah artikel pertama yang saya tulis ,disini saya akan membahas tentang kebenaran lensa ,oke teman-teman langsung saja kita ke pembahasan yang pertama .

Nah teman-teman bayak yang bertannya “Lensa mana sih yang harus dibeli duluan?
Jadi teman-teman seharusnya membeli lensa sesuai kebutuhan teman-teman . selain lensa bawaan dari kamera atau lensa KIT teman-teman juga bisa membeli lensa lain sesuai kebutuhan teman-teman seperti lensa sudut lebar ,lensa fisheye,lensa zoom dan lain –lain. Teman-teman jika masi bingung juga ,kapan sih teman-teman bisa memakai lensa sudut lebar.lensa fisheye,lensa zoom dan kawan-kawannya . mari kita bahas bersama yuk..

1.LENSA SUDUT LEBAR



Jika teman-teman masi bingung , “gimana sih lensa sudut lebar tuh?” ini saya kasi liat gambarnya
Lensa sudut lebar reguler adalah lensa yang rentang sekitar 24mm himgga 35mm.ini adalah lensa yang hampir wajib dipakai saat memotret lanskap.karena aspek lebarnya akan lebih banyak menangkap pemandangan . lensa sudut lebar juga sangat poopuler untuk foto potret lingkungan . contohnya nih ya teman-teman seperti dalam majalah yang teman-teman lihat adalah selebrti,politisi dan lain-lain dimana potretnya menangkap lingkungan disekitar subjek.



Contoh menggunakan lensa sudut besar
nah teman-teman kurang lebih diatas adalah contoh hasil potret dari lensa sudut besar . teman-teman juga bisa mengambil gambar seperti polisi sedang mengungkap kasus penyebab kecelakan . teman-teman tentung kurang lebih akann memasukan sedikit atau banyak mobil polisi di dalam foto anda .
Saran Pembelian
Lensa wide-angel AF Nikkor 24mm f/2.8d Autofocus (sekitar $360)
Lensa canon wide-angle EF 24mm f/2.8 Autofocus (sekitar $ 310)
Lensa sigma 28mm f/1.8 (sekitar $380)


  1. LENSA FISHEYE





ini nih lensa fisheye



nah teman-teman ini ni lensa fisheye
Temam-teman pasti sudah tidak asing lagi kan dengan fisheye.apa lagi teman-teman yang sukannya selfie pasti dong tau itu . tapi yang akan kita bahas bukan fisheye yang biasannya diguunakan di smartphon teman-teman ya . lensa fisheye ini sangat terkenal karena apa ? yap karena bisa membuat sudut pandang yang luar biasa lebar dan hampir bulat (dan lensa ini cembung keluar seperti mata ikan ) lensa fisheye ini benar-benar lensa special effect yang bisa teman-teman gunakan sekali-kali saja .karena lensa fisheye bisa jadi sangat membosankan kalo teman-teman terlalu sering menggunakannya .namu jika teman-teman
menggunakan dengan keadaan yang tepat , hasil lensa ini akan sangat menarik.angkat lensa teman-teman setinggi mungkin di atas kepala ketika anda berada di tengah kerumunan orang banyak dan jepretlah dengan mengarahkan tegak lurus kebawah. Satu hal tentang lensa istimewa ini sedikit mendistorsi garis horizon. Untuk jumlah distorsi minimal , cobalah menjaga level lensa agar berada di depan teman-teman . tetapi kalau teman-teman yang lebih kreatif lupakan semuannya dan besenang-senang lah dengannya .



contoh hasil potret menggunakn lensa fisheye

Nah teman-teman di atas adalah hasil contoh pengambilan gambar dengan menggunakan lensa fisheye. Apa teman-teman tertarik?
Saran pembelian
Lensa nikkor AF 10.5 mm f/2 8 fisheye (sekitar $700)
Lensa canon EF 15 mm f/2.8 fisheye (sekitar $660)


  1. LENSA TELE ZOOM





Nah teman-teman ini adalah lensa tele zoom

Kalau teman-teman ingin memotret objek secara close-up dan dengan komposisi padat,lensa ini adalah alat yang tepat lensa tele zoom dimana bisa men zoom in dari satu panjang fokal , misalnya 80 mm sampai benar-benar dekat . misalnya 300 mm . teman-teman dengan lensa tele zoom teman-teman tinggal menzoom-in lebih ketat atau menzoom-out kalau teman-teman terlalu dekat.lensa tele zoom ini dapat digunakan mula dari potret,acara olohraga , hingga ke foto arsitektur

.

contoh hasil potret menggunakan lensa tele zoom

Dan teman-teman diatas adalah contoh potret menggunakan lensa tele zoom . gimana teman-teman tertarik membeli lensa istimewa satu ini?.

KREATIVITAS ANDA MENETUKAN TUJUAN HIDUP ANDA KEDEPAN

4.LENSA ULTRA-WIDE ZOOM



ini nih teman-teman lensa ultra-wide zoom
\

Kalu teman-teman tau lensa ini dibuat untuk lanskap. Bahkan sangking lebarnya ,lensa ini mungkin merupakan lensa puncak untuk fotografi lanskap.lensa ini bisa selebar sampai 12 mm . teman-teman akan menangkap imaji yang lebih luas dibandingkan saat anda menggunakan lensa yang sama pada kamera DSLR reguler yang non full frame.

[caption id="attachment_818" align="alignnone" width="246"] 5D Classic, ISO 100, 15mm fisheye lens, f/22 for 1/8th second.[/caption]

contoh potret menggunakan lensa LENSA ULTRA-WIDE ZOOM
Nah teman-teman diatas adalah hasil potret menggunakan lensa LENSA ULTRA-WIDE ZOOM . gimana tertarik buat beli ga?

 


  1. LENSA SUPER TELEPHONE





Ini nih yang namannya LENSA SUPER TELEPHONE

kami menyebutnya ‘the long glass’ karena laras lensannya sering kali sangat panjang ,dan lensa ini dirancang untuk membuat anda bisa membidik apapun dengan benar-benar ketat.panjang fokal khas untuk lensa ini mulai dari sekitar 300mm hingga sekitar 600mm (atau lebih tinggi) . lensa ini sebagian besar digunakan untuk fotografi olahraga,foto udara,dan untuk memotret satwa liar dan burung . teman-teman bisa membeli lensa fixed focal length (lensa dengan panjang fokal tetap) , misal canon 400mm f/5,6.tetapi ada juga lensa super telephone zoom. Hargannya rada mahal sih heheh. Misalya ,lensa canon 500 mm f/4 berharga sekitar $5,800.angka . angka diafragma yang rendanh membuat teman-teman bisa memotret dalam cahaya yang lebih rendah membuat teman-teman bisa memotret gerakan (misal kayak memotret pertandingan olahraga di malam hari).teman-teman juga bisa membeli lensa super telephon yang lebih murah.missalnya canon zoom telephon EF 100-400 mm f/4.5-5,6,dengan harga sekitar $1,460.jika teman-teman membeli lensa ini.teman-teman bisa membeli monopod untuk menyangganya.



ini contonya teman-teman

Gini nih teman-teman contohnya kayak yang diatas,bisa di zoom sampek sedekat itu ya.

6.MENGGUNAKAN TELECONVERTER UNTUK MEMBIDIK LEBIH DEKAT



ini lensa teleconverter

yang dilakuakn alat ini adalah men-zoom lensa sedikit lebih dekat ,biasannya 1,4 x lebih dekat . 1,7x lebih dekat , atau bahkan 2x lebiih dekat.tapi teman-teman harus tau hanya satu potensi kelemahan ,yaitu anda kehilanga satu stop cahaya untuk teleconverter 1,4x. Jadi kalau .angka terendahnya diafragma lensa teman-teman bisa sampai f/2,8.saat teman-teman menambahkan teleconverter ,angka terendahnya adalah f/4.kalu teman-teman memotret di siang bolong kehilangan satu stop cahaya bukanlah masalah besar.tetapi jika teman-teman memotret di bawah pencahayaan stadion pada malam hari barulah itu menjadi masalah . dan satu hal yang harus teman-teman tau teleconverter belum tentu cocok dengan semua lensa lo teman-teman.

7.KEGUNAA TUDUNG LENSA.



Selain membuat lensa teman-teman terlihat lebih panjang dan “lebih profesional” tudung lensa memiliki dua peran yang sangat penting . yang pertama adalah tudung lensa membantu mencegah lens flare dari matahari (atau dari lampu kilat) terkena lensa teman-teman dan membuat foto teman-teman menjadi terlalu putih.dan teman-teman harus tau peran lainnya yang jarang di publikasikan adalah dari goresan atau pecahan saat teman-teman menyandang lensa di bahu sambil berjalan kesana kemari.pasti sering teman-teman melihat atau tidak sengaja membenturkan lensa ke kursi ,ke ujung meja ,bahkan ke tembok saat teman-teman berjalan ke sudut ruangan. Nah tudung lensa ini lah penyelamatnya . jika teman-teman menggunakan tudung lensa ini pasti jika terbentur hanya terdengar hanyalah suara plastik,dan lensa teman-teman aman dan selamat.kalo teman-teman tidak memajang saya yakin akan banyak goresan di lensa teman-teman. Dan pastikan teman-teman memasangnya jika sedang digunakan. Tapi lepas ya jika tidak di gunakan.

8.LENSA MAKRO.



Teman-teman lensa makro ini bisa di gunakn untuk memotret sesuatu yang benar-benar close up.apa teman-teman melihat foto katak yang benar-benar close up,atauu lebah,atau kepik?.dan itulah hasil dari lensa makro.ada beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang lensa makro :
1.lensa makro memiliki ruang tajam yang dangkal.sangat dangkal sampai-sampai kalau teman-teman memotret bunga , mahkota bunga dibagian depannya akan tajam dan fokus sedangkan mahkota di sisi lainnya akan sangat tidak fokus , hingga anda hampir tidak bisa mengenali benda apa itu.ruang tajam yang dangkal ini adalah salah satu hal yang disukai oleh para fotografer-fotografer handal.
2.setiap gerakan atau gerakan kecil akan menghasilkan foto yang tidak fokus.jadi teman-teman harus membawa tripod untuk memotretnya.



gambar hasil lensa makro

9.LENSA TILT-SHIFT



ini adalah lensa TILT-SHIFT

Teman-teman ini adalah lensa khusus.lensa ini terutama digunakan untuk memotret arsitektur ,karena anda bisa shift bagian dari lensa itu sendiri untuk menjaga agar bangunan itu semakin menjulang tinggi.

10.CARA MEMBERSIHKAN LENSA



alat pembersih lensa

Kalau di permukaan lensa teman-teman ada debunnya , noda atau kotoran dll.sesuatu yang buruk akan terjadi.debu atau noda itu akan muncul di setiap foto yang teman-teman .karena itu penting sekali membersihkan debu di permukaan lensa.teman-teman bisa membersihkannya dengan meniupnya saja. Atau dengan alat kusus atau blower pencet kecil.kemudian bintik dan kotoran itu hilang.teman-teman bisa membersihkannya dengan kain khusus lensa.gosoklah dengan lembut dan dengan gerakan memutar .teman-teman bisa medapatkan kit pembersih lensa dengan harga kisaran $15,sudah termasuk blower,kain pembersih,dan lenspen.

Teman-teman itulah beberapa macam lensa dan kawan-kawannya, jikalau ada salah kata dan penulisan mohon maaf . artikel ini saya tulis berdasarkan buku The Digital Photography book yang ditulis oleh scott kelby dan buku terbitan serambi ilmu semesta.dan foto-fotonya saya cari di google. Terimakasi ,wasallamualaiku.wr,wb
Previous Post
Next Post

0 komentar:

"Kalau mau Copy-Paste artikel boleh saja, tapi sumbernya ke blog ini"