Tuesday, February 20, 2018

KEKUATAN BLENDING DALAM PHOTOSHOP

 

Ketika menggunakan mode blending, ada beberapa terminologi dasar yang harus dimengerti. Beberapa terminologi dasar tersebut adalah warna dasar (base color), warna blend (blend color), dan warna hasil akhir (result color). Warna dasar (base color) adalah warna awal dar gambar asli (base image), warna blend (blend color) adalah warna yang diterapkan pada gambar dasar (base image), sedangkan warna hasil akhir (result color) adalah warna yang akan didapatkan setelah menggabungkan warna blend dan warna dasar dengan menggunakan mode blending.


  1. Masking vs Blending



Blending sering digunakan untuk menghindari masking, berguna untuk menyelesaikan pengelolaan gambar dengan lebih cepat dan memperoleh hasil yang lebih baik tanpa merusak pixel pada gambar (destruktif)

Jika ingin mengubah gambar berwarna menjadi warna hitam putih, bisa menggunakan masking sederhana.

Langkah 1 :

Buka gambar di Photoshop, pilih Magic Wand Tool dari Toolbox dan hilangkan tanda centang dari Contigous. Lalu klik pada latar belakang yang berwarna putih. Kemudian tekan CTRL + SHIFT + I untuk membalikkan seleksi guna memilih gambar yang berwarna hitam.



Gambar 1 Magic Wand Tool dalam toolbox Adobe Photoshop



 

Langkah 2 :

Selanjutnya pada layer gambar, klik ikon bola mata untuk dapat menyembunyikannya karena tidak diperlukan lagi. Seleksi pada gambar akan tampil dalam bentuk garis yang putus-putus.

Langkah 3 :

Lalu tekan CTRL + SHIFT + N untuk membuat layer baru dengan nama “putih”. Tekan D untuk dapat menampilkan warna default untuk foreground dan background. Dengan asumsi warna latar belakang adalah putih, selanjutnya tekan CTRL + BACKSPACE untuk mengisi seleksi tersebut dengan warna putih. Lalu tekan CTRL + D untuk keluar dari seleksi tersebut.

 


  1. 27 Mode Blending dalam 6 Grup



Photoshop memiliki 27 mode blending yang yang telah diatur dalam 6 grup yang berbeda. Dapat dilihat ketika bekerja dengan Brush Tool, Gradient Tool, atau ketika menerapkan perintah Fill atau Stroke atau saat bekerja pada palet Layers. Setiap mode blending akan menghasilkan efek yang unik pada tiap layer yang berbeda

Grup 1 : Normal

Mode normal terdiri dari Normal dan Dissolve. Dissolve mirip dengan mode Normal. Dissolve tidak menciptakan interaksi spesifik antara pixel tetapi hanya menerapkan pola dither untuk area translucent sehingga menghasilkan efek noise  yang lembut disekitar tepi gambar.

Grup 2 : Darken (Shadow)

Bila memilih mode Darken, maka akan menggunakan layer aktif untuk dapat menggelapkan layer di bawahnya, seolah-olah layer tersebut sedang menebarkan bayangan. Mode ini sebagai “burning color in” seperti ketika kita membakar roti sehingga mendapatkan warna yang lebih gelap.

Grup 3 : Lighten (Glow)

Mode ini menggunakan layer aktif untuk mencerahkan layer bagian bawah, seolah-olah menciptakan efek glow. Setiap mode ini memiliki mode berlawanan (sebagai pasangan berurutan) dalam grup darken.

Mode lighten merupakan mode yang berlawanan dengan mode darken, sedangkan untuk mode screen berlawanan dengan mode multiply dan juga mode color dodge yang berlawanan dengan mode color burn dan seterusnya.

Ketika menggelapkan gambar dengan mode multiply, anda mungkin akan mendapatkan hasil gambar yang kelihatnnya terlalu gelap. Oleh karena itu anda dapat saja menggunakan mode overlay (mode blending yang sering digunakan dalam grup contrast) untuk dapat menggelapkan suatu gambar.

Grup 4 : Contrast

Merupakan grup terbesar yang memiliki 7 metode kpntras dari overlay sampai hard mix. Dalam mode ini, pixel gelap di layer aktif membakar di dalam bayangan (burn in the shadow) sedangkan untuk pixel terang akan meningkatkan (highlights).

Grup 5 : Inversion / Cancellation (Clip)

Grup ini terdiri dari dua grup menjadi satu. Mode inversion yang terdiri dari mode difference dan mode exclusion yang menggunakan layer aktif untuk membalikkan layer di bawah mereka.

Subtract dan divide adalah mode cancellation dimana mode ini akan membatalkan pixel sehingga membuat warnanya akan berubah menjadi hitam (dalam mode subtract) atau putih (dalam mode divide)

Grup 6 : Component (HSL)

Sebuah pixel dapat dinyatakan sebagai kombinasi komponen utama dari hue, saturation, dan luminosity. Color adalah kombinasi dari warna hue dan saturation. Dalam grup component, kombinasi antara hue dan saturation akan menghasilkan mode color di bawahnya. Mode ini akan mencampur warna primary secara independen untuk mencapai efek yang berbeda.

 



 

Gambar 2 Grup dalam mode blending Photoshop



 


  1. Cara Pintas di Keyboard untuk Mode Blend



Hampir setiap mode blending memiliki cara pintas di keyboard. Total 23 dari 27 mode blending menyediakan cara pintas di keyboard seperti yang dapat kita lihat dalam tabel berikut.
































































































































Shortcut KeyboardKomentar
SHIFT + (+)Pindah ke mode blend berikutnya
SHIFT + (-)Pindah ke mode blend sebelumnya
ESCMenonaktifkan mode yang dipilih
SHIFT + ALT + NPindah ke mode blend normal
SHIFT + ALT + IPindah ke mode blend dissolve
SHIFT + ALT + KPindah ke mode blend darken
SHIFT + ALT + MPindah ke mode blend multiply
SHIFT + ALT + BPindah ke mode blend color burn
SHIFT + ALT + APindah ke mode blend linear burn
Tidak ada shortcutPindah ke mode blend darker color
SHIFT + ALT + GPindah ke mode blend lighten
SHIFT + ALT + SPindah ke mode blend screen
SHIFT + ALT + DPindah ke mode blend color dodge
SHIFT + ALT + WPindah ke mode blend linear dodge
Tidak ada shortcutPindah ke mode blend lighter color
SHIFT + ALT + OPindah ke mode blend overlay
SHIFT + ALT + FPindah ke mode blend soft light
SHIFT + ALT + HPindah ke mode blend hard light
SHIFT + ALT + VPindah ke mode blend vivid light
SHIFT + ALT + JPindah ke mode blend linear light
SHIFT + ALT + ZPindah ke mode blend pin light
SHIFT + ALT + LPindah ke mode blend hard mix
SHIFT + ALT + EPindah ke mode blend difference
SHIFT + ALT + XPindah ke mode blend exclusion
Tidak ada shortcutPindah ke mode blend subtract
Tidak ada shortcutPindah ke mode blend divide
SHIFT + ALT + UPindah ke mode blend hue
SHIFT + ALT + TPindah ke mode blend saturation
SHIFT + ALT + CPindah ke mode blend color
SHIFT + ALT + YPindah ke mode blend luminosity


 

 

DAFTAR PUSTAKA




  1. Christhopher Lee. 2012. Rahasia Blending Photoshop. Jakarta; PT Elex Media Komputindo

Previous Post
Next Post

0 komentar:

"Kalau mau Copy-Paste artikel boleh saja, tapi sumbernya ke blog ini"