Thursday, February 22, 2018

LAPTOP

Make Over

 

 


  1. NOTEBOOK DAN NETBOOK



Istilah laptop dikenal untuk menyebut komputer jinjing berukuran kecil yang oleh para pemakainya digunakan di atas (top) Pangkuan (lap). Istilah laptop lebih mengacu pada Notebook komputer jinjing yang bisa dilipat dan dibawa bepergian seperti halnya sebuah buku.

Seiring perkembangan teknologi munculah komputer jinjing yang disebut Netbook. Perangkat ini memiliki ukuran yang lebih kecil dan ringan dibandingkan Notebook.

 


  • Mengenali Notebook dan Netbook



 

Secara fisik ukuran menjadi ciri yang mudah dikenali untuk membedakan Notebook dan Netbook. Netbook memiliki ukuran yang lebih kecil dikarenakan menggunakan ukuran layar yang kecil antara 7 inchi hingga 10 inchi. Sedangkan Notebook menggunakan layar LCD berukuran lebih besar yakni 11 inchi hingga 17 inchi.

 

Biasanya Notebook menggunakan prosesor Pentium Dual-Core, Core2Duo, Turion X2 dan prosesor setara lainnya. RAM berkapasitas besar mulai dari 1GB hingga 2GB dilengkapi dengan Optical Disk Drive dan juga slot USB. Sementara Hardware Netbook terdiri dari prosesor intel Atom, VIA C7, RAM 512 MB – 1GB dilengkapi dengan Wifi dan Bluetooth namun tidak dilengkapi dengan Optical Disk Drive dan hanya mengandalkan slot USB

 

Karena Hardware penyusunya yang memiliki spesifikasi lebih tinggi, maka Notebook pun memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan Netbook. Harga notebook berkisar antara 4 juta hingga puluhan juta rupiah sesuai dengan spesifikasi yang ditawarkan. Sedangkan harga Netbook jauh lebih terjangkau bisa kurang dari atau tak jauh dari angka 4 juta rupiah.

 

 

 


  • Memilih Notebook dan Netbook



Apakah anda berencana membeli Notebook ataukah Netbook ?

Sekilah gambaran mengenai Notebook dan Netbook  diatas paling tidak telah memberikan informasi tambahan bagi anda untuk menjatuhkan pilihan yang tepat antara Notebook dan Netbook sesuai dengan kebutuhan.

 

1.2.1 Memilih Notebook

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, segmen pengguna Notebook adalah mereka yang membutuhkan perangkat kuat untuk melakukan aktifitas – aktifitas yang berkaitan dengan editing multimedia atau aktifitas berat sejenis lainnya.

Spesifikasi hardware Botebook yang perlu dicermati berkaitan dengan pengaruhnya terhadap kinerja Notebook adalah prosesor RAM, Ketersediaan slot dan juga chipset.

Semakin besar kapasitas penyimpanan RAM semakin banyak program yang dapat dijalankan secara bersamaan. RAM yang besar juga diperlukan untuk menjalankan program – program berat, misalnya program pengolah grafis dan video.

Untuk Harddrive semakin besar kapasitasnya tentu semakin banyak pula file yang dapat disimpan. Kapasitas hard drive yang besar ini tentunya cocok untuk anda yang memiliki banyak data berukuran besar untuk diolah seperti file gambar, file video dan juga file musik

TAMPILAN SEBUAH NOTEBOOK

 

1.2.2 Memilih Netbook

Memilih Netbook jangan hanya terpukau oleh bentuknya yang mungil dan manis. Anda juga perlu memperhatikan spesifikasi komponen – komponen di dalamnya. Jika anda tertarik untuk memiliki Netbook cobalah mengerti bagian layarnya. Netbook dengan layar 10 inchi memiliki resolusi 1024 x 600 pixel atau 1024 x 576 pixel. Sedangkan Netbook dengan layar 11 inchi – 12 inchi biasanya memiliki resolusi 1280 x 800 pixel atau 1366 x 768 pixel.

Sementara itu mengenai Prosesor kebanyakan Netbook yang ditawarkan saat ini telah menggunakan prosesor 1.6 GHz atau 1,66 GHz Intel atom CPU. Tetapi masih juga ditemukan beberapa Netbook yang menggunakan prosessor atom 1,2 GHz CPU dan juga VIA. Sebaiknya hindari membeli prosesor dibawah 1.6 Atom sebab kemampuan prosesor ini telah cukup minim untuk aplikasi – aplikasi yang anda butuhkan.

Untuk spesifikasi hard drive pilihlah yang berkecepatan 5.400 rpm dengan kapasitas minimal 120 GB. Kapasitas hard drive yang terlampau kecil tidak memadai untuk untuk menyimpan data anda. Sedangkan kecepatan Hard drive 4.200 rpm berpotensi membuat sistem anda hang.

TAMPILAN GAMBAR NETBOOK

 

1.2.3 Referensi OS untuk Netbook

 


  1. Joli OS



 

Joli OS awalnya memiliki nama JoliCloud. Sistem operasi ini merupakan varian dari distro LINUX yang dikhusukan untuk perangkat komputer dengan spesifikasi yang tidak terlalu tinggi seperti Netbook atau PC lama dan juga untuk mengakses aplikasi berbasis web Misalnya Goodle Docs, Office Live, Dropbox dan layanan cloud lainnya.

 


  1. Easy Peasy



 

Easy Peasy awalnya bernama UbuntuEee yang merupakan modifikasi Ubuntu untuk mendukung Asus EeePC. Barulah setahun kemudian SO ini berganti menjadi Easy Peasy.

So ini dirancang sebagai sebuah sistem operasi yang ringan dan membutuhkan daya yang rendah sehingga cocok unutk Netbook yang sering digunakan bepergian.

 

 

 

 


  1. MeeGo



 

MeeGo  adalah sebuah sistem operasi open source berbasis LINUX. SO ini dirancang untuk merupakan mobile seperti Netbook, Komputer tablet, smart phones dan perangkat – perangkat sejenis lainnya. Meego yang dikembangkan oleh intel ini merupakan alternatif windows 7 yang dianggap kurang mendukung prosesor Atom.

 

 


  • Merawat Laptop



Laptop dengan ukuran yang kecil sering dibawa bepergian membutuhkan perawatan yang lebih teliti dibandingkan dengan PC dekstop. Debu dan Partikel yang berukuran kecil bisa masuk ke setiap celah laptop dan menjadi sulit dibersihkan.

 

 


  • Merawat Keyboard



 

Keyboard bisa dibilang sebagai bagian laptop yang memiliki celah paling banyak dan rentan terhadap debu serta partikel kecil. Tidak hanya tampilannya akan berubah menjadi kumal namun fungsinya pun terganggu bilda debu dan partikel kecil banyak terselip di celah celahnya

Untuk menghindari debu serta partikel kecil gunakan pelindung keyboard laptop yang berupa selembar plastik tipis dan lunak. Anda bisa dapatkan di toko – toko aksesoris laptop. Lapisan tersebut juga membuat teks paa tombol – tombol keyboard tidak pudar

 

 

 

 

GAMBAR TAMPILAN PELINDUNG KEYBOARD

 

 

 

GAMBAR PROSES PEMBERSIHAN KEYBOARD MENGGUNAKAN USB VACUUM CLEANER

 

 


  • Merawat Layar



 

Layar adalah bagian pada laptop yang paling rapuh sehingga perlu perlakuan khusus dan perawatan yang tepat dan benar. Bila bagian ini rusak biaya yang dikeluarkan untuk penggantian cukup besar bisa mencapai setengah harga laptop

 


  • Setelah selesai bekerja tunggulah sampai laptop tidak panas sebelum anda menutupnya agar tidak mengenai layar

  • Saat anda menutup laptop hindari memegang layar. Anda cukup memegang bingkai layar.

  • Jangan meletakkan benda benda berat diatas laptop

  • Jika anda membeli tas laptop cermatilah lapisan bagian dalamnya. Pilih tas laptop yang memiliki busa atau bantalan untuk menghindari tekanan langsung pada bagian belakang layar atau bagian depan laptop

  • Sebaiknya pakailah LCD protector agar layar laptop terhindar dari goresan



 

TAMPILAN LCD PROTECTOR

 

 

Bila anda terlanjur tidak menggunakan lapisan pelindung layar anda bisa membersihkan sendiri layar laptop secara rutin dan hati – hati


  1. Pertama – tama siapkan cairan pembersih khusus untuk LCD.

  2. Bila tak menemukan cairan pembersih LCD anda juga bisa menggunakan air yang sudah disuling. Campurkan cuka ke dalam air suling dengan perbandingan 50:50 bila LCD yang hendak dibersihkan dalam keadaan terlampau kotor

  3. Pilih kain katun yang sangat lembut dengan ukuran yang cukup besar agar kain tidak meninggalkan bercak di layar karena tekanan jari – jari saat membersihkan

  4. Pastikan laptop dalam keadaan mati ketika anda hendak membersihkan layarnya

  5. Rendam kain dalam cairan pembersih dan peras kain agar tidak terlalu basah cukup lembab saja

  6. Sapukan kain pada permukaan LCD dengan gerakan searah ke atas saja atau kebawah saja secara lembut

  7. Terakhir keringkan LCD dengan kain lembut yang kering.



 


  • Merawat Touchpad



Selain layar touchpad juga merupakan bagian laptop yang sensitif dan rentan karena memiliki fungsi sebagai sensor pointing.

Karena itu pastikan jari – jari anda dalam keadaan kering saat menyentuh touchpad. Jika tangan anda sering berkeringat sering – sering keringkan tangan anda , keringat mengandung garam yang dapat mengurangi sensitivitas touchpad.

Selain keringat hindari pula tangan berminyak saat menyentuh touchpad. Perawatan touchpad cukup mudah dilakukan anda hanya perlu sering – sering membersihkan touchpad dengan tisu atau kain lembut.

 

 

 

 

GAMBAR TAMPILAN TOUCHPAD

 

 

 

 

 


  • Merawat Baterai



Baterai laptop adalah komponen yang mendukung perangkat ini bisa dibawa bepergian atau bekerja di mana saja. Seperti baterai pada umumnya baterai pada laptop juga memiliki masa pakai. Baterai akan mengalami penurunan daya sedikit demi sedikit seiring dengan waktu pemakaiannya.

 

Baterai Lthium-Ion yang digunakan perangkat laptop saat ini memiliki kurang lebih dari 300 – 800 kali siklus charge dan recharge. Setiap kali anda melakukan recharge pada baterai berarti satu siklus baterai telah digunakan

 

Walaupun baterai laptop telah memiliki siklus hidup tertentu namun ada beberapa tindakan perawatan yang bisa dilakukan agar baterai laptop hidup lebih lama.

 


  • Bila anda perli melepaskan baterai laptop hindari melepaskannya saat laptop dalam keadaan hidup. Tindakan ini dapat menyebabkan kerusakan pada motherboard akibat aliran listrik yang putus mendadak.

  • Hindari mematikan laptop saat kondisi baterai dibawah 40% tindakan ini dapat menyebabkan kerusakan permanen pada baterai

  • Sebaiknya lakukan pengisian ulang baterai bila kapasitas baterai telah mencapai 20% - 30%



Hindarkan laptop anda dari suhu ekstrim karena dapat mempengaruhi baterai anda.

Sesekali bersihkan kontak pada baterai yang terbuat dari kuningan dengan cotton bud dan cairan contact cleaner. Kontak ini dapat terlihat bila anda telah melepaskan baterai dari tempatnya.

Matikan screen saver dengan efek animasi. Lebih baik pilih screen saver blank dan aturlah waktu tunggunya menjadi 2 menit.

 

Pakailah mode Power Plan yang tersedia pada sistem operasi Windows untuk mengatur konsumsi daya pada laptop. Mode Power Plan yang tersedia antara lain high performance, Balanced, dan Power saver.

Mode Balanced. Mode ini mempunyai kemampuan standar termasuk dalam mempertahankan daya pada baterai laptop. Bila anda memilih mode ini maka kontras layar yang akan ditampilkan secara standar, layar standby 3 menit dan laptop masuk ke dalam keadaan sleep sesudah 15 menit tidak digunakan

Mode Power Saver. Mode ini memiliki kemampuan yang kurang tetapi mampu membuat daya tahan baterai lebih lama. Bila anda memilih mode ini maka kontras layar yang akan ditampilkan secara rendah, layar standby 3 menit dan laptop masuk ke dalam keadaan sleep sesudah 15 menit tidak digunakan

Mode High Performance. Mode ini mempunyai kemampuan yang baim tetapi mengakibatkan baterai lebih boros. Bila anda memilih mode ini maka kontras layar yang akan ditampilkan secara tinggi, layar standby 20 menit dan laptop masuk ke dalam keadaan sleep sesudah 20 menit tidak digunakan.

 

 

TAMPILAN MODE POWER PLAN

 


  • Perawatan Hard Disk dan Prosessor



 

Prosessor pada laptop yang disebut processor mobile dirancang lebih tahan panas dan lebih rendah kebutuhan listriknya. Walaupun demikian panas pada prosessor bisa mengenai sisi prosessor sehingga bisa mencapai komponen – komponen lain dalam laptop seperti chipset, memori dan hard disk. Ditambah lagi dengan ukuran laptop yang kecil dan memiliki banyak komponen di dalamnya yang membuat panas cepat menyebar dan sikulasi udara kurang lancar.

 

Untuk itu bagi anda yang bekerja menggunakan laptop terus menerus dianjurkan memakai kipas tambahan atau cooler pad agar laptop tidak menjadi lambat dan bekerja secara optimal karena kipas ini dapat menjaga suhu prosessor dan komponen di dalam laptop tetap stabil. Kipas ini menghembuskan udara segar di bagian bawah dan luar laptop yang mampu mendinginkan suhu laptop.

 

Kipas tambahan atau cooler pad bisa anda dapatkan di toko – toko komputer / toko – toko penjual aksesoris komputer.

Beberapa hal yang perlu anda pertimbangkan sebelum membeli kipas tambahan atau cooler pad adalah:

 

 

 


  • Sebaiknya pilihlah kipas yang berukuran lebar hingga semakin besar juga udara yang yang dihembuskan kipas tersebut

  • Belilah kipas yang tidak mengeluarkan suara berisik apapun agar anda bisa nyaman dan tidak terganggu dalam bekerja

  • Ada dua jenis kipas tambahan atau cooler pad. Jenis pertama yakni kipas yang mengambil tenaga dari eksternal power atau langsung dari colokan listrik. Sedangkan jenis kipas kedua yakni kipas yang mengambil tenaga dari laptop itu sendiri melalui port USB. Bila anda memilih kipas tambahan dari tenaga laptop itu sendiri pastikan besaran tenaga yang dibutuhkan oleh kipas. Sebaiknya hindari menggunakan kipas yang dari tenaga listrik yang besar sebab akan menghabiskan energi laptop anda sebaliknya kipas tambahan dengan kebutuhan tenaga listrik yang minim dapat lebih menghemat tenagai baterai laptop anda

  • Kipas tambahan yang bagus memiliki ruang yang cukup di antara dasar laptop dengan permukaan atas kipas tambahan.



 

 

GAMBAR TAMPILAN COOLER PAD BESAR

 

Selain menjaga stabilitas suhu laptop masih ada beberapa tindakan yang bisa anda lakukan untuk menjaga hidup hard disk lebih lama.

 


  1. Defragment harddisk secara teratur. Defragment hard disk sangat penting dilakukan bila anda memiliki banyak file berukuran besar yang sering dipindahkan atau berubah tempat

  2. Membersihkan file – file yang tidak perlu misalnya cookies, sisa sisa uninstall program dan file file sejenisnya agar tidak menyebabkan windows hang. Untuk membersihkannya gunakan fasilitas Disk Cleanup yang disediakan oleh windows atau software – software pendukung lainnya.

  3. Usahakan menyediakan ruang kosong yang cukup besar di hard disk sebab jika terlamapu penuh akan menyebabkan hard disk cepat rusak. Untuk itu sebaiknya back up file –file brukuran besar ke media penyimpanan lain seperti CD, DVD, hard disk eksternal atau flashdisk



 

 


  • Perawatan Casing



 

Saat ini telah banyak tersedia pelindung casing laptop atau laptop skin dengan tampilan yang unik dan menarik. Pelindung casing laptop ini dapat menghindar casing laptop nada dari goresan sehingga permukaan casing laptop tetap mulus. Selain itu, laptop skin juga mampu melindungi laptop anda dari aliran arus listrik statis yang dapat menyebabkan malfungsi laptop.

 

Jika tidak menggunakan lapisan pelindung casing anda bisa membersihkan casing laptop menggunakan campuran alkohol dan air komposisi 50 : 50. Gunakan kain lembut dan basah dengan cairan campuran alkohol  serta air lalu gunakan untuk membersihkan casing. Atau dengan cara uang lebih sederhana anda juga bisa menggunakan air hangat dan kain lembut untuk membersihkan casing laptop.

 

GAMBAR PELINDUNG CASING LAPTOP/LAPTOP SKIN

 

 

Nah itu tadi spesifikasi Notebook dan Netbook dan beberapa metode cara merawat laptop agar lebih tahan lama dan semakin nyaman dalam proses kerja anda.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda sekian dan terimakasih.

 

 

Artikel ini diambil dari :


  1. Buku Laptop MakeOver



 

 

 

 

 

 
Previous Post
Next Post

0 komentar:

"Kalau mau Copy-Paste artikel boleh saja, tapi sumbernya ke blog ini"