Thursday, February 22, 2018

Macam - macam teknik, penjelasan, dan filosofi bagi desainer pemula PhotoShop

Macam - macam teknik, penjelasan, dan filosofi yang mudah dipelajarari bagi desainer pemula
Macam - macam teknik ini kami rangkum untuk para desainer pemula yang akan terjun dibidang Photographer, dan digital advertising


  1. Efek tiga dimensi memang memiliki nilai tersendiri karena kita dapat menghayati bahwa obyek yang terlihat mata seolah-olah ada di hadapan kita. Selain itu, teks maupun obyek yang memiliki efek 3D terkesan hidup dan “fresh”.


  2. Bayanngan yang muncul pada sebuah obyek tergantung dari sumber cahaya yang memantul pada obyek tersebut. Jika sumber cahaya yang memantul pada obyek tersebut. Jika sumber cahaya ada disebelah kiri obyek , bayangannya berada di sebelah kanan


  3. Tombol Glossy Tombol dengan penambahan efek tertentu memiliki kesan “akrab” dan “fresh”, sehingga tidak membosankan untuk dipandang. Bagi anda yang sering berselancar di internet tentu sering menemui berbagai macam bentuk tombol. Dari yang sederhana, efek plastic, berkilau, hingga berbentuk animasi.


  4. Bendera Berkibar Siapa yang tidak tahu warna bendera kita? Kalau memang ada, orang tersebut perlu dideportasi dar Negara Kesatuan Republik Indonesia. Mungkin hanya orang buta saja yang tidak tahu warna bendera RI.


  5. Bentuk Rokok Peringatan : “merokok dapat menimbulkan gangguan kesehatan”. Sepertinya peringatan tersebut hanya sebuah slogan atau hanya peringatan “angin lalu” yang tak satu pun orang mentaati peringatan tersebut. Rokok , bagi penghisap aktif mungkin tidak akan memikirkan kesehatannya sendiri, namun bagi orang yang tidak merokok tetapi harus menanggung akibat menghisap secara tidak sengaja dari para “perokok berat” rasanya ini tidak adil. Saya juga tahu apa rasanya ini tidak adil. Saya juga tahu apa rasanya merokok itu, tapi baiklah kita tidak perlu memikirkan masalah tersebut karena tidak ada kaitannya dengan materi yang sedang kita hadapi dibagian ini.


  6. Efek Halilintar Hujan deras disertai suara halilintar yang membelah angkasa membuat orang talkut keluar rumah. Jangankan anak kecil, orang tua sekalipun tidak mungkin meluangkan waktunya ke warung untuk membeli sebatang rokok jika suasana begitu gelap dan mencekam. Cahay halilintar meskipun mempunyai efek mengerikan namun dari segi artistic tersembunyi sebuah paduan warna yang agung, tidak ada manusia di dunia ini yang mampu menandingi keindahan percikan cahaya yang panjangnya berpuluh-puluh kilometer


  7. Terisolasi Dunia ini penuh dengan kebohongan, jangankan masalah politik, masalah desain grafis juga banyak kebohongan dalam seni artistic sangat berbeda dengan politik, karena kebohongan disini jangan diartikan sebagai yang negative. Kebohongan tersebut adalah trik seseorang untuk menghasilkan suatu karya seni yang inovatif tanpa merugikan masyarakat.


  8. Mengubah Warna Dengan digital, Dunia fotografi memang penuh trik dan tipuan. Dalam suatu kasus, sebagai sesorang fotographer, Anda sudah terlanjur memotret seseorang menggunakan kaos berwarna biru, padahal mestinya berwarna merah, Apa yang perlu dilakukan ? Sedangkan orang yang akan niambil gambarmya sudah tidak ada di tempat, dan jika dihubungi tidak gampang. Anda panik ? tidak perlu, sebagai seorang photographer anda Cuma perlu belajar untuk menggunakan software PhotoShop.


  9. Teks berkilau para desainer untuk website, poster, brosur, dan lainnya terutama di bidang adversertising, memerlukan tampilan yang menarik agar bias mengundang perhatian orang untuk menatapnya. Tampilan karya seni yang sangat menarik memiliki nilai plus, di samping memiliki nilai seni tinggi juga membuat orang berdecak kagum. Hasil karya anda akan menjadi perhatian orang jika anda memang mampu menjadi seorang desainer handal dengan karya seni yang berkualitas tinggi.


  10. Sinar X sinar atau cahaya memang memiliki efek tertentu jika dilihat dari segi pandang yang berbeda. Beragam sumber cahaya yang dapat dipantulkan pada sebuah benda maupun teknik dapat menambah realitas pada obyek. Dalam kegelapan sebuah obyek jika terkena sebuah titik cahaya yang terang akan terpantul jelas obyek tersebut.


  11. Multiple Inline / Outline Teks pada teks yang dimodifikasi dengan Adobe PhotoShop biasanya hanya tunggal, namun dengan trik tertentu kita dapat membuat efek inline / outline pada teks sesuai keingininan kita tanpa mengurangi cirri khasnya.


  12. Membuat kotak 3 D dengan trik yang tersedia dalam PhotoShop, gambar datar dapat diubah menjadi 3 D dengan mudah dan cepat. Selain member efek terlihat nyata pada suatu objek , dengan memanfaatkan bayangan dan cahaya maka munculah seni 3 D yang sebenarnya hanya foto bidang datar / 2 D


  13. Membuat kartun atau Vektor berbagai macam karakter kartun menjadi idola anak – anak hingga orang tua. Tokoh kartun Tom and Jerry, Mickey Mouse, Donald Duck merupakan salah satu contoh kartun yang sangat terkenal di jutaan rakyat Indonesia maupun di Negara lain.


  14. Menggunakan Layer Mask dalam segi manipulasi, Adobe Photoshop memang jago nya. Tidak heran, jika para desainer grafis menggandrungi software tersebut. Baik untuk bidang desain web maupun publishing.Untuk para fotografer perlu menguasai program Adobe Photoshop, karena hasil jepretan anda perlu dimodifikasi dan dimanipulasi agar menghasilkan suatu karya seni yang berkualitas dan bernilai seni yang tinggi.


  15. Membuat Web Photo Gallery Para desainer web tidak perlu bingung saat membuat sebuah tampilan yang berisi informasi tentang gambar maupun foto, kadang kala para web master ingin menampilkan produk – produknya dalam sebuah image yang fleksibel dengan kombinasi yang variatif. Bagi anda yang mampu membutuhkan waktu singkat dalam mengolah gallery yang memuat produk – produk Anda, Adobe PhotoShop adakah yang dapat diandalkan sampai saat ini.


  16. Penggabungan teknik dari bab sebelumnya . Membuat bidang 3 D dan memberinya banyak efek dari yang kita sebutkan tadi, sebelum kita membuat obyek yang diinginkan, pertama anda harus membayangkkan dari sudut mana obyek difokuskan, apakah dari bawah, atas, atau samping kanan dan kiri, jika kita difokuskan dari depan, kita harus mengetahui lebih cermat lagi apakah semua sisi benar – benar tegak atau sama jarak dan derajatnya. Hal itu perlu agar bentuk yang diinginkan sesuai dengan yang diharapkan


  17. BillBoard Televisi dalam dunia advertising, Billboard layak diperlukan untuk promosi. Berbagai macam peralatan saling bersaing untuk merebut para hati konsumen. Tidak ketinggalan pula ada barang elektronik seperti Televisi. Pattern pada billboard televise digunakan para desainer untuk menjadikannya ukuran dasar dalam pertelevisian. Pattern ini juga berguna untuk mengukur border yang digunakan dan blocking pada saat pengambilan gambar. Pattern ini biasanya terdidi dari 6 x 6 , 9 x 9 , 12 x 12 dan masih banyak lagi ukuran billboard televise yang digunakan



Semoga artikel penjelesan tentang dasar dan filosofi pelajaran Photoshop untuk para desainer khususnya dalam advertising bias mengetahui seberapa pentingnya PhotoShop dalam karya – karya yang akan terus berkembang di masa depan.

Previous Post
Next Post

0 komentar:

"Kalau mau Copy-Paste artikel boleh saja, tapi sumbernya ke blog ini"