Tuesday, February 20, 2018

Mahir Desain Kalender Dalam Sekejap

Kalender adalah karya desain yang sering kita lihat sehari-hari. Tak heran kraena nilai strategisnya, kalender sering digunakan sebagai media promosi yang cukup efektif untuk mengikat antara konsumen dan produsen. Tak jarang media ini dibagikan secara cuma-cuma, karena nilai strategisnya sebagai media promosi sebuah produk.

Nah, untuk menciptakan sebuah desain kalender yang baik, ada beberapa hal yang harus dipahami oleh seorang calon desainer. Pemahaman ini tidak sekedar teknik desain menggunakan software desain saja, tetapi ada beberapa hal lain yang harus diingat dan diperhatikan, seperti untuk siapa kalender dibuat, penanggalan penting seperti peringatan nasional dan hari-hari keagamaan, serta beberapa istilah atau terminologi dalam proses desain kalender.

Ada beberapa terminologi dan istilah yang sering dipakai dan digunakan dalam proses desain kalender:


  1. Untuk Siapa Kalender Ini Dibuat? Pertanyaan ini akan mengarah pada jenis kalender apa yang akan dibuat, apakah untuk kepentingan promosi, pendidikan, sosial, atau kalender-kalender jenis lain.

  2. Menentukan Penanggalan. Biasanya sebuah kalender telah digarap jauh-jauh hari sebelum waktu penggunaannya, apalagi untuk jumlah banyak. Sebuah kalender tahun 2018 bisa jadi telah dibuat pada 6-7 bulan sebelum tahun 2018 tiba, atau sekitar bulan Juli s.d. Agustus. Jika sebuah kalender dibuat pada tahun 2017, tentunya calon desainer harus mencari kevalidan penanggalan tahun 2018. Informasi ini dapat diperoleh dari instansi-instansi pemerintah yang menangani masalah ini.

  3. Tanggal-Tanggal Penting. Sebuah kalender biasanya disertai dengan hari-hari penting, baik berskala Nasional, seperti HUT RI 17 Agustus, atau yang berskala Nasional Keagamaan, seperti Idul Fitri, Natal, Nyepi, Waisak, dan hari-hari lainnya. Anda juga dapat memasukkan peristiwa berskala Nasional, misalnya hari Buruh atau hari Lahir Pancasila.

  4. Informasi Tambahan. Informasi tambahan dapat berupa tabel waktu sholat untuk Muslim. Tentunya untuk membuat tabel semacam ini, harus akurat di sesuaikan dengan tempat wilayah kalender dibuat. Untuk keakuratan waktu, Anda dapat meminta waktu sholat pada departemen Agama setempat. Kalender yang ditujukan untuk lembaga pendidikan, menambahkan jadwal aktivitas kampus dan kurikulum.

  5. Bentuk Desain Kalender. Bentuk desain kalender ini mengacu pada efektivitas kalender dalam menyampaikan informasi berupa objek desain. Biasanya kalender yang menampilkan informasi produk berupa kalender 2 bulanan dalam satu lembar tampilan. Bahkan satu bulanan dalam satu halaman. Namun, tentunya untuk pilihan yang terakhir akan memakan biaya cukup tinggi untuk proses pencetakan, karena kalender semacam ini akan menampilkan 12 bulan atau 12 halaman. Bentuk yang mungkin tak kalah efektifnya adalah kalender meja. Disebut kalender meja karena kalender ini diletakkan di atas meja.

  6. Ukuran Kalender. Ukuran standart untuk kalender gantung adalah 40 x 60 cm. Ukuran lain yang lebih kecil dari ini adalah kalender yang berukuran 20 x 45 cm. Kalender semacam ini biasanya sebuah kalender semi formal yang menonjolkan sisi aktraktif tanpa mengurangi nilai informasi yang dibawanya. Kalender seperti ini memuat 12 lembar sebagai konsekuensi dari kecil ruangan.



Selanjutnya berikut ini fitur dan fasilitas yang digunakan dalam CorelDraw X7:


  1. Change Case. Fasilitas ini berfungsi untuk mengontrol teks, apakah menggunakan Lowercase, Uppercase, Titlecase, atau fasilitas-fasilitas lainnya. Ini akan sangat berguna jika Anda menginginkan variasi pada teks.

  2. Duplicate. Dalam CorelDraw X7 terdapat banyak teknik penduplikasian. Seperti dalam kasus desain kalender, yang akan kita lakukan adalah teknik penduplikasian menggunakan mouse. penduplikasian ini akan sangat membantu dan cukup efisien dalam pengerjaan desain secara keseluruhan.

  3. Perataan. Salah satu kelebihan desain yang baik terletak pada nilai presisinya. Selain menggunakan penduplikasian dengan mouse, fasilitas lain yang cukup membantu dalam proses desain, yaitu perataan. Fasilitas ini dapat digunakan hanya dengan mengingat beberapa Hotkey yang tersedia, atau menggunakan kotak dialog perataan (Aligning).



Sekarang kita akan mempraktekkan desain kalender. Kalender yang akan kita buat adalah kalender dengan ukuran 30 x 48 cm, kalender ini dibuat menjadi 6 halaman, atau dengan kata lain, setiap halaman terdiri atas 2 bulanan. Pada materi desain kalender ini, penulis akan menjelaskan teknik desain menggunakan CorelDraw X7.

 


  1. Ubah unitnya menjadi centimeters.



Gambar 8.1. mengubah units menjadi centimeters.

 


  1. Buatlah rectangle dengan ukuran 30 x 48 cm. Beri warna dasar putih.



          Gambar 8.2. rectangle 30 cm x 48 cm.

 


  1. Buatlah rectangle dengan ukuran 30 x 28 cm. beri warna biru. Posisikan rectangle diatas rectangle putih. Lihat gambar di bawah.



Gambar 8.3. memposisikan rectangle merah.

Untuk mempermudah posisi rectangle, Anda cukup menyeleksi rectangle biru dan putih secara berurutan, lalu tekan C dan B. Gunakan Shift untuk menyeleksi dua objek.


  1. Buatlah rectangle dengan ukuran 30 x 1.8 cm. beri warna hitam. Posisikan di bawah rectangle biru.



Gambar 8.4. memposisikan rectangle.


  1. Ambil gambar background.png yang terdapat pada folder yang telah disediakan dengan cara mengimpornya melalui menu File > Import (Ctrl+I).



Gambar 8.5. backround.

 


  1. Masukkan objek background.png pada rectangle menggunakan fasilitas PowerClip. Pilih menu Effects > PowerClip > Place Inside Container. Kenapa harus berformat PNG? Sebab, format PNG memiliki background transparan.



Gambar 8.6. powerclip

 


  1. Lakukan pengeditan pada objek background di kotak Container. Pilih menu Effects > PowerClip > Edit Content. Posisikan objek dengan benar.



Gambar 8.7. meletakkan objek pada container.

 

Jika Anda telah melakukan pengeditan pada isi, klik tombol ✔ di atas rectangle.


  1. Tuliskan text “express your  imagination”. Text ditulis melalui menu Lowercase melalui menu Text > Change Case.



Gambar 8.8. hasil text.

 


  1. Selanjutnya Anda akan membuat objek penanggalan. Untuk efektivitas, Anda dapat menggunakan proses penduplikasian Macros yang terletak pada menu bar Tool. Pilih menu Tools > Macros > Run Macros. Perhatikan gambar di bawah ini.



Gambar 8.9. memilih calendar pada macros.

Untuk menghilangkan garis border pada kalender, pilih Large Header > Border. Begitu pula pada border bagian body, pilih Large Body > Border. Jika sudah klik Generate.

 

Gambar 8.10. menghilangkan border pada kalender

 


  1. Maka hasil dari langkah tersebut akan seperti ini.



Gambar 8.11. penanggalan pada bulan januari 2018.

 


  1. Lakukan langkah ke-9 untuk membuat penanggalan bulan February. Hasilnya seperti di bawah ini.



Gambar 8.12. hasil akhir penanggalan bulan januari dan februari.

 


  1. Selanjutnya Anda akan membuat tambahan objek dalam container. Lakukan langkah ke-6 dan ke-7, lalu tempatkan seperti Gambar 8.16. Anda dapat menggunakan objek-objek yang saling berhubungan.



Gambar 8.13. membuat tambahan objek.

 


  1. Berilah pernak pernik lainnya, seperti logo dan teks. Hasil akhirnya seperti pada Gambar 8.16.



Gambar 8.14. penempatan objek pelengkap lainnya.

 


  1. Selanjutnya anda membuat halaman-halaman lainnya untuk bulan-bulan berikutnya. Secara umum langkah-langkah untuk pembuatan halaman lain tidak jauh berbeda dengan halaman pertama ini.



 

Demikianlah sedikit tutorial yang dapat saya berikan. Semoga bermanfaat J

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA:

EES. 2004. Kekuatan Garis dan Warna CorelDraw 12 for Design. Jakarta. PT. Elex Media Komputindo
Previous Post
Next Post

0 komentar:

"Kalau mau Copy-Paste artikel boleh saja, tapi sumbernya ke blog ini"