Tuesday, February 20, 2018

MEMAHAMI DAN MENGENAL DESAIN LOGO INTERAKTIF

1.0 Gambar logo Photoshop CS5



Pada artikel kali ini kita tidak akan membahas tentang mengenal sejarah dari Adobe Photoshop namun kali ini kita akan menjelaskan tentang logo. Logo adalah suatu gambar atau sekedar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, organisasi, produk, negara, lembaga, dan hal lainnya membutuhkan sesuatu yang singkat dan mudah diingat sebagai pengganti dari nama sebenarnya.

Logo harus memiliki filosofi dan kerangka dasar berupa konsep dengan tujuan melahirkan sifat yang berdiri sendiri atau mandiri. Logo lebih lazim dikenal oleh penglihatan atau visual, seperti ciri khas berupa warna dan bentuk logo tersebut.

                    

                      1.1 Gambar logo Pepsi                            1.2 Gambar logo Mc’Donald

 

Yuk! Simak lebih jelasnya :

RAGAM LOGO

Pembuatan logo memiliki ragam dan bentuk yang berbeda yang meliputi bentuk yang sederhana ataupun bentuk logo yang kompleks.

Apa saja jenis-jenis logo tersebut ? berikut penjelasannya :


  1. Logo Wordmark / Logotype



 

 

Jenis logo ini merupakan sebuah logo yang menggunakan teks langsung dalam logonya sebagai tanda pengenal yang diungkapkan untuk mengkomunikasi makna dari sebuah perusahaan, teks dalam logo bisa berupa singkatan atau nama perusahaan / brand yang diusung secara langsung.
berikut adalah beberapa perusahaan yang menggunakan jenis logo ini :

 

 


  1. Logo Pictorial



Atau dikenal juga dengan Logomark, Pada dasarnya jenis logo ini menggunakan gambar/simbol tanpa ada peggunaan teks, namun dalam beberapa kasus teks juga digunakan namun hanya sebagai penguat, penjelas atau pendukung dari logo utamanya. Dibutuhkan kreatifitas dan profesionalitas yang tinggi untuk membuatnya dimana logo tidak hanya menjadi sebuah gambar namun mempunyai makna dan filosofi yang erat dengan perusaan / brand yang diusung.
Beberapa contoh perusahaan dan produk yang menggunakan jenis Logo Pictorial :

 

 


  1. Logo Abstract Mark



Berbeda dengan logo pictorial, jika logo pictorial menggunakan gambar/simbol maka logo ini menggunakan shape abstrak sebagai logo utama dan menggunakan teks sebagai pendukung. Namun tidak sembarang bentuk, bentuk abstrak yang dipakai dalam jenis logo ini memiliki makna ataau arti filosofis tersendiri.
Pertamina adalah salah satu perusahaan yang menggunakan jenis logo ini, dan banyak lagi perusahaan / produk yang menggunakan jenis logo ini, perhatikan contoh gambar dibawah :

 

 


  1. Logo Letter Mark



Bisa dibilang logo ini adalah kebalikan dari Logo Abstract Mark dimana dalam logo ini menggunakan huruf atau inisial sebagai logo utama dan tambahan shape atau gambar sebagai elemen pendukungnnya.
Logo jenis ini juga sering kita temui seperti contoh beberapa brand / perusahaan dibawah ini :

 

 


  1. Logo Emblem



Logo ini pada dasarnya memiliki sebuah elemen/objek yang berisi sebuah simbol atau teks di dalammnya (seperti emblem), logo ini biasa digunakan oleh organisasi atau klub, namun tak jarang juga ada perusahaan yang memakai jenis logo ini seperti contoh dibawah ini :

 

 


  1. Logo Character



Logo Character merupakan sebuah logo yang memakai karakter mahluk hidup (bisa hewan atau tokoh) atau karakter lain sebagai elemen utama logonya, dan di tambah dengan teks atau inisial sebagai unsur pendukungnya.
Kita bisa ambil contoh dari beberapa logo perusahaan seperti DreamWork, KFC, WWF, Michelin dan lainnya :

 

 

 

Adapun ragam logo dapat dikelompokkan menjadi beberapa bentuk logo , antara lain:


  1. Logo Karakter



Pengertian logo karakter adalah pembuatan logo yang berdasarkan huruf ataupun penggabungan dari huruf dan angka sebagai elemen dasar pembentukan logo karakter tersebut. Anda dapat menggunakan berbagai jenis huruf yang memiliki ciri khas khusus.

Logo Karakter yang berbasis huruf ataupun angka seringkali memiliki sifat yang unik dan spesifik pada saat pemilihan karaker huruf yang akan dipakai sebagai elemen dasar logo sehingga seringkali menemui kesulitan pada saat melakukan pemilihan atau mencari jenis huruf yang sesuai dengan rancangan logo tersebut.


  • Membuat logo karakter



Logo Berbasis Huruf

Pada pembahasan berikut akan dijelaskan pembuatan logo karakter yang berbasiskan huruf sebagai bahn dasarnya. Anda dapat menggunakan huruf yang disediakan oleh OS yang anda pakai, aplikasi Photoshop, ataupun mengunduh sendiri

Logo berbasis huruf oleh perancang grafis menggunakan jens jenis huruf memiliki sifat yang unik dan spesifik pada saat pemilihan karakter huruf yang akan dipakai sebagai elemen dasar logo sehingga sering kali menemui kesulitan pada saat melakukan pemilihan atau mencari jenis huruf yang sesuai dengan rancangan logo tersebut

Setelah anda menemukan dan menentukan jenis huruf yang akan digunakan sebagai elemen dasar logo karakter maka selanjutnya anda dapat melakukan manipulasi untuk membentuk logo karakter tersebut dan anda juga dapat memanipulasikannya dalam bentuk grafik.

 


  1. Logo Grafik



Pengertian logo grafik adalah logo yang dibentuk dengan cara mengolah suatu bentuk sebagai elemen dasarnya. Selain itu, Anda juga dapat membuat logo karakter dengan menggunakan coretan grafis sebagai elemen dasar. Logo grafik merupakan logo yang dibentuk berdasarkan pada coretan garis atau lingkaran atau bentuk bentuk grafis lainnya.

2.1 Membuat logo grafik

Logo Grafik Garis

Logo grafik garis yang digunkan oleh beberapa perusahaan menggunakan bentuk garis sebagai elemen utama dalam pembuatan logo yang ditunjukan untuk memberi kemudahan dan kejelasan maksud yang akan disampaikan lewat logo tersebut

 


  1. Logo Gabungan



Logo Gabungan merupakan salah satu cara untuk membentuk identitas. Logo tersebut adalah penggabungan antara logo karakter dengan logo grafik yang akan menghasilkan sinergi membentuk suatu logo yang kreatif. Pada logo gabungan, untuk elemen logo berbentuk karakter, Anda dapat mengambilnya dengan cara menggunakan jenis font yang spesifikasi yang menggambarkan ciri atau karakter perusahaan tersebut.

Sedangkan untuk elemen logo berbentuk grafik, Anda dapat membentuknya melalui elemen garis, lingkaran ataupun bentuk bentuk lainnya yang sesuai dengan image perusahaan, Anda dapat melakukan modifikasi pada gambar untuk mendapatkan bentuk logo yang diharapkan.

2.2 gambar logo gabungan

 


  1. Logo Warna



Pada awal pembuatan logo, hanya dikenal pembuatan logo dengan dua warna, yaitu hitam putih. Seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi, para desainer grafis mulai berinovasi dengan menambahkan warna pada logo tersebut hingga menjadi lebih kreatif dan unik untuk dikenal dan dilihat oleh masyarakat.

 

 

 

 

 

 

Anda dapat menjumpai logo warna yang ditempelkan pada bagian depan baju yang Anda gunakan. Jam tangan yang anda gunakan juga memiliki logo yang menunjukkan identitas perusahaan pembuatnya. Hal yang sama juga dapat Anda jumpai pada tas yang anda pakai, sepatu, handphone, notebook, motor atau mobil dan lain sebagainya.

2.3 Gambar logo warna

Logo Warna Hitam Putih                            

Logo warna hitam putih yang digunakan oleh menggunakan warna hitam dan putih sebagai elemen utama dalam pembuatan logo untuk memberi kemudahan pesan yang akan disampaikan lewat logo tersebut yang terlihat pada gambar 3.1

3.1 Gambar logo hitam putih

 

 

 

Logo Gradasi Warna                                                               Logo Spektrum Warna

 

3.2 Gambar logo gradasi warna                                                            3.3 Gambar logo spectrum warna


  1. Logo 3D



Logo 3D adalah jenis logo yang menampilkan objek gambar secara tiga dimensi yang memberikan kesan bahwa logo tersebut timbul bukannya datar. Salah satu cirinya, logo tersebut memiliki titik perspektif yang akan mengarah pada titik lenyap tertentu untuk memberikan efek 3D.

Selain itu ciri lainnya adalah objek 3D akan mempunyai kesan memiliki ketebalan tertentu dimana dengan memberikan ketebalan tertentu makan Anda dapat menampilkan objek dalam format gambar 3D

Dengan menggunakan aplikasi photoshop, Anda dapat menjadikan format siku sebagai simbol 3D dari objek logo yang akan dibuat misalkan dengan menampilkan sudut siku suatu objek kota dan sebagainnya

Pada objek logo 3D akan memberikan kesan natural apabila terdapat efek bayangan untuk memberikan kesan bahwa terdapat ketebalan suatu objek yang akan menghasilkan bayangan bila ada cahaya yang menyinari objek logo tersebut.

4.1 Gambar logo 3D
Previous Post
Next Post

0 komentar:

"Kalau mau Copy-Paste artikel boleh saja, tapi sumbernya ke blog ini"