Wednesday, February 21, 2018

Memahami Penggunaan Warna dalam Adobe Photoshop




Apa sih Adobe Photoshop itu?



Adobe Photoshop adalah program aplikasi desain yang berguna untuk mendesain gambar, mengedit image grafis, dan mengolah foto digital. Software Adobe Photoshop ini dibuat dan dikembangkan oleh Adobe Systems Incorporated, sebuah vendor atau perusahaan terkemuka di bidang pengembangan perangkat lunak grafis dan multimedia.



Lalu, Apa itu Filter?



Filter adalah main menu pada progam aplikasi Adobe Photoshop. photoshop sendiri memiliki fitur yang dapat memberikan efek special pada foto yaitu bernama Filter Gallery. Filter digunakan untuk mempercantik gambar atau foto dengan memberikan efek yang berbeda-beda.




  • Penyesuaian Warna pada File Gambar



File gambar yang digunakan untuk sebuah situs web dapat berasal dari berbagai sumber seperti dari internet,  kamera digital, scanner atau file gambar yang dibuat dari software grafis. Adobe Photoshop menyediakan fasilitas penyesuaian warna pada file gambar dengan tujuan untuk:




  • Memperbaiki warna pada file gambar terutama yang diperoleh dari kamera digital atau scanner file gambar yang berasal dari kamera digital atau scanner biasanya memiliki warna yang agak gelap, kurang kontras, atau mengalami pengurangan atau reduksi kualitas warna pada saat di-scan. Hal ini dapat diperbaiki dengan menggunakan fasilitas penyesuaian warna seperti brightness/contrast, levels, curve, color balance, hue/saturation pada software Adobe Photoshop. Pada Gambar 1.1 terlihat gambar gedung sebelum dan sesudah dilakukan koreksi warna, di mana gambar gedung tersebut setelah di lakukan koreksi warna berwarna lebih.

  • Melakukan penyesuaian warna (matching) antara file gambar dengan tema situs web yang dibangun.





Gambar 1.1



Adobe Photoshop memberikan sejumlah perintah dan fitur untuk melakukan penyesuaian kualitas nada dan keseimbangan warna pada file gambar. Perintah dan fitur untuk melakukan penyesuaian kualitas nada dan keseimbangan warna dijelaskan berikut ini:



1.1.2    Penggunaan Levels



Penggunaan levels untuk melakukan koreksi kualitas nada dan keseimbangan warna pada file gambar dengan menyesuaikan tingkat intensitas shadows, midtones, dan highlight. Grafik histogram pada kotak dialog levels merupakan petunjuk visual untuk melakukan penyesuaian terhadap kunci nada gambar. Berikut ini langkah-langkah untuk melakukan penyesuaian kualitas nada dan keseimbangan warna menggunakan kotak dialog levels:




  1. Buka file gambar “jpg

  2. Pada menu utama klik Image > Adjustments > Levels. Selain cara tersebut, Adobe Photoshop juga menyediakan fasilitas kombinasi tombol pada keyboard yaitu dengan menekan tombol Ctrl+L secara bersamaan.

  3. Kemudian akan muncul kotak dialog Levels seperti pada Gambar 1.2

  4. Pada kotak teks “Input Levels:” isi dengan angka masing-masing





Gambar 1.2





Gambar 1.3




  1. Klik OK dan lakukan penyimpanan file gambar tersebut dengan nama “Levels-ubah.jpg” Gambar 1.3



1.1.3    Penggunaan Curve



Hampir sama dengan penggunaan levels, penggunaan curves untuk melakukan koreksi kualitas nada dan keseimbangan warna pada file gambar dengan menyesuaikan beberapa titik (hingga 15 titik pada kurva gambar) yang masing-masing dapat di-set dengan skala antara 0 hingga 255



Beikut ini langkah-langkah untuk melakukan penyesuaian kualitas nada dan keseimbangan warna menggunakan kotak dialog curves




  1. Buka file gambar “Curves.jpg”

  2. Pada menu utama klik Image > Adjustments > Curves. Selain cara tersebut, Adobe Photoshop juga menyediakan fasilitas kombinasi tombol pada keyboard yaitu dengan menekan tombol Ctrl+M secara bersamaan.

  3. Kemudian akan muncul kotak dialog Curves seperti pada Gambar 1.4





Gambar 1.4




  1. Pada kotak dialog tersebut klik bagian tengah kurva kemudian geser ke bagian atas seperti pada Gambar 1.5





Gambar 1.5




  1. Klik OK dan lakukan penyimpanan file gambar tersebut dengan nama “Curves-ubah.jpg”



Warna pada file gambar “Curves.jpg” agak gelap sehingga warnanya menjadi kurang menarik atau kusam. Dengan menggunakan fasilitas curves untuk melakukan koreksi warna, maka file gambar tersebut bisa menjadi lebih terang.



1.1.3    Penggunaan Color Balance



Fasilitas ini melakukan perubahan secara keseluruhan campuran warna pada sebuah gambar untuk koreksi warna. Berikut ini langkah-langkah untuk melakukan penyesuaian kualitas nada dan keseimbangan warna menggunakan Color Balance:




  1. Buka file gambar “Color_Balance.jpg”

  2. Pada menu utama klik Imaga > Adjustments > Color Balance. Selain cara tersebut di atas, Adobe Photoshop juga menyediakan fasilitas kombinasi tombol pada keyboard yaitu dengan menekan tombol Ctrl+B secara bersamaan.

  3. Kemudian akan muncul kotak dialog Color Balance seperti pada Gambar 1.6





Gambar 1.6




  1. Pada kotak teks “Color Levels:” isi dengan angka masing-masing -100, +100, -100 seperti pada Gambar 1.7





Gambar 1.7




  1. Klik OK dan lakukan penyimpanan file gambar tersebut dengan nama “Color_Balance-ubah.jpg”.



Warna pada file gambar mengalami perubahan secara keseluruhan menjadi



1.1.4          Penggunaan Brightness/Contrast



Berbeda dengan penggunaan levels dan curves, penggunaan brightness/contrast memungkinkan penyesuaian berdasarkan nada warna yaitu terang gelap. Penggunaan fasilitas ini tidak direkomendasikan untuk high-end output karena akan menghasilkan penurunan detail pada gambar tersebut.




  1. Buka file gambar “Brightness_contrast.jpg” Gambar 1.8





Gambar 1.8




  1. Pada menu utama klik Image > Adjustments > Brightness/Contrast. Kemudian akan muncul kotak dialog Brightness/Contrast seperti pada Gambar 1.9





Gambar 1.9




  1. Pada kotak teks “Brightness:” isi dengan angka 40 dan pada kotak teks “Contrast:” dengan angka 30 (Gambar 1.10) untuk melakukan koreksi warna berdasarkan nada warna seperti terlihat pada Gambar 1.11





Gambar 1.10





Gambar 1.11




  1. Klik OK dan lakukan penyimpanan file gambar tersebut dengan nama “Color_Balance-ubah.jpg”



Dengan menggunakan fasilitas ini, gambar yang sebelumnya gelap dapat dikoreksi menjadi lebih terang seperti terlihat pada Gambar 1.8 dan Gambar 1.11



1.1.5    Penggunaan Hue/Saturation



Penggunaan fasilitas hue/saturation untuk koreksi kualitas nada dan keseimbangan warna pada file gambar adalah dengan melakukan penyesuaian tingkat hue, saturation, dan lightness gambar tersebut.



Pada fasilitas ini juga disediakan pilihan “Colorize” untuk melakukan pengurangan nilai warna menjadi satu hue sehinggagambar tersebut menjadi bersifat dutone. Efek ini banyak digunakan pada situs web.



Berikut ini langkah-langkah untuk melakukan penyesuaian kualitas nada dan keseimbangan warna menggunakan hue/saturation:




  1. Buka file gambar “Hue_Saturation.jpgGambar 1.12





Gambar 1.12




  1. Pada menu utama klik Image > Adjustment > Hue/Saturation. Selain cara tersebut diatas, Adobe Photoshop juga menyediakan fasilitas kombinasi tombol pada keyboard yaitu dengan menekan tombol Ctrl+U secara bersamaan.

  2. Kemudian akan muncul kotak dialog Hue/Saturation seperti pada Gambar 1.13





Gambar 1.13




  1. Pada kotak teks “Hue:” isi dengan angka 67, kotak teks “Saturation:” dengan angka 22, kotak teks “Lightness:” dengan angka -5, seperti terlihat pada Gambar 1.14





Gambar 1.14




  1. Hasil penyesuaian warna pada file gambar “Hue_Saturation.jpg” terlihat seperti pada Gambar 1.15





Gambar 1.15




  1. Klik OK dan lakukan penyimpnan file gambar tersebut dengan nama “Hue_Saturation-ubah-uba.jpg”.



Dengan menggunakan fasilitas ini, warna gambar menjadi lebih artistik seperti terlihat pada Gambar 1.15



 




  • Penggunaan Efek Warna Khusus pada File Gambar



Setelah melakukan koreksi atau penyesuaian kualitas nada dan keseimbangan warna pada gambar, pada Adobe Photoshop dapat dilakukan penyesuaian tambahan yang bertujuan untuk menghasilkan efek warna husus lebih dari sekedar penyesuaian atau koreksi warna. Adobe Photoshop memberikan sejumlah perintah seperti desaturate, invert, threshold, posterize, dan equlize untuk melakukan perubahan terhadap nilai warna atau brigthness pada file gambar.




  • Penggunaan Invert



Failitas perintah invert digunakan untuk melakukan inverse atau membalikan warna pada sebuah gambar. Fasilitas ini dapat digunakan untuk membuat gambar positif hitam-purih dari gambar negatif hitam-putih.




  1. Buka file gambar “Invert.jpg” Gambar 1.16

  2. Pada menu utM klik Image > Adjustment > Invert. Selain cara tersebut di atas, Adobe Photoshop juga menyediakan fasilitas kombinasi tombol pada keyboard yaitu dengan menekan tombol Ctrl+I secara bersamaan.





Gambar 1.16




  1. Hasil penyesuaian warna pada file gambar “Invert.jpg” terlihat seperti pada Gambar 1.17





Gambar 1.17




  1. Lakukan penyimpanan file gambar tersebut dengan nama “Invert-ubah.jpg”



Daftar Pustaka



Sardi, Irawan.2004.Manajemen, Desain, dan Pengembangan Situs Web: Memahami Penggunaan Warna dalam Adobe Photoshop.Jakarta: Elex Media Komputindo.



Nama: Erina Nur Anisa



Email               : erinanuranisa01@gmail.com



Instagram        : erinanura_



Line                 : erinanraaa



WhatsApp       : 089630042002



Previous Post
Next Post

0 komentar:

"Kalau mau Copy-Paste artikel boleh saja, tapi sumbernya ke blog ini"