Tuesday, February 20, 2018

MEMOTRET PERJALANAN WISATA SEPERTI SEORANG PROFESIONAL



 


  • Semakin sedikit peralatan,semakin bagus





     Gambar 6.1 Lensa Canon 28-200mm



          Saya benar benar penggila alat , tapi satu satunya waktu dimana saya sama sekali tidak ingin membawa banyak alat adalah saat melakukan fotografi wisata . Anda akan menyeret peralatan anda sepanjang hari,melompat naik turun dari segala macam kendaraan,dan saat hari akan merangkak naik,peralatan anda akan terasa lebih berat dan lebis besar .Maka dari pada membawa alat yang begitu berat dan banyak . Ada beberapa solusi untuk anda , Untuk lensa bawalah lensa yang serbaguna . Misalnya ada lensa Nikon 18-200mm dengan harga yang masuk akal dengan VR bawaan (Vibration Reduction) . Lensa ini bisa mengambil mulai dari sudut lebar hingga lensa tele.

Selain itu,kini sudah ada tripod yang begitu ringan yang terbaik untuk perjalanan seperti GT1550T Traveller berbahan serat karbon .

 


  • Memasukkan orang kedalam foto perjalanan anda





     Gambar 6.2 Human Interest



                                    Jika anda ingin foto anda terlihat menarik dan bagus , ini adalah sebuah trik yang sangat sederhana . Tambahkan beberapa orang kedalam foto anda . Misalnya anda ingin mengabadikan keindahan sebuah tempat atau gedung . Jangan hanya memotret gedung gedung saja – tunjukkan pulalah orang orang yang ada disekitar anda . Tidak ada apapun yang bisa menunjukkan karakter dan jiwa dari sebuah kota selain orang orangnya,dan itulah yang banyak digunakan oleh beberapa fotografer professional agar foto anda terlihat menarik dan bagus.

 


  • Meminta seseorang untuk berpose





Gambar 6.2 Pedagang

Foto candid penduduk local akan membuat tambahan yang bagus bagi foto perjalanan anda , tetapi jika anda terlalu banyak memiliki foto seperti ini,foto foto anda akan tidak seperti foto perjalanan , malah dikira foto pengamatan . Untuk mendapatkan beberapa foto tersebut,anda harus meminta beberapa penduduk local berpose untuk anda . Biasanya saat orang orang itu melihat saya dan saya sedang memegang kamera , lalu saya tersenyum kepada mereka dan berkata “Bagaimana kalau saya mengambil foto anda ? “ Jika mereka mengangguk dan tersenyum . Berarti mereka siap untuk diabadikan . Namun ada juga dari mereka yang minta di foto lagi karena senang dan bahagia . Jika trik diatas gagal , coba carilah pedangan di sekitar anda . Belilah dagangannya , saya yakin dia akan siap berpose untuk anda untuk satu atau dua foto kilat .

Karena anda bukan hanya turis yang membawa kamera,tetapi juga pembeli mereka . Trik ini sangat manjur .

 


  • Apa yang harus dipotret saat cuaca mendung





Gambar 6.3 Bebatuan

Jangan khawatir jika cuaca sudah tak lagi cerah atau mendung . Jangan terburu buru memasukkan semua kamera dan peralatan anda . Karena disaat keadaan seperti ini adalah waktunya untuk memoteret orang orang dijalan,pasar pasar terbuka,ataupun jalan yang berbatu .Foto bunga pun akan terlihat bagus saat teduh , dibawah langit yang berawan . Selain itu , jika langit benar benar dalam keadaan buruk,mungkin itu adalah saat yang tepat untuk memotret langit itu sendiri . Kalau hanya kelabu saja pasti akan membosankan , tetapi kalau akan datang badai , awan gelap akan terlihat lebih menarik .

 


  • Memotret dari kamar hotel anda





Gambar 6.4 Memotret dari dalam kamar hotel

Saat anda check-in , mintalah kamar di lantai tertinggi yang tersedia . Karena di balik tirai lantai tertinggi terdapat pemandangan yang mengagumkan . Jika dikamar anda tidak memiliki balkon atau kaca yang tidak bisa dibuka . Ada beberapa tips yang menarik


  1. Matikan lampu apapun yang di dalam kamar hotel anda . Karena cahaya akan menimbulkan bayangan kaca yang muncul pada di foto anda .

  2. Taruhlah lensa sedekat mungkin dengan kaca.

  3. Anda bisa sering sering menggunakan filter polarisasi untuk menghilangkan bayangan dikaca,tapi karena anda kekurangan caha,anda mungkin membutuhkan tripod yang akan membuat usaha menempelkan lensa pada kaca lebih sulit.

  4. Jangan gunakan lampu kilat anda .



 


  • Waktu yang indah untuk memotret pemandangan kota





Gambar 6.5 Pemandangan Kota

Foto foto pemandangan kota yang tidak bagus adalah yang diambil pukul 2:00 siang . Jika anda ingin mendapatkan foto yang bagus,tunggulah 30 menit setelah matahari tenggelam dan memotretlah di senja itu . Pada saat ini,langit biasanya berada di titik paling dekat,biru tua,dan lampu lampu kota dikota semua akan menyala , menciptakan kombinasi fotografi yang indah . Itu lah foto yang anda impikan . Agar foto ini berhasil,anda mutlak memotret cahaya yang rendah menggunakan tripod,rana anda akan membuka sedetik penuh bahkan lebih . jika tidak menggunakan tripod hasilnya akan buram .

 


  • Mendahulukan memotret landmark yang paling terkenal





Gambar 6.5 Fotografi Landmark

Jika anda akan memotret foto landmark terkenal,anda pasti tahu bahwa landmark tersebut sudah difoto jutaan kali . Namun saya ada beberapa trik yang menarik :


  1. Jangan menjadikan landmark tersebut sebagai subjek inti foto anda .Misalnya pasangan perancis yang sedang berjalan pegangan tangan,dengan Menara Eiffel terlihat jelas dilator belakangnya . Jadi walaupun anda bisa dengan jelas melihat landmarknya , tapi itu bukanlah subjeknya dan itu benar benar membuat foto anda terlihat keren .

  2. Cobalah memotret landmark dari pantulan air atau jendela toko .

  3. Ambillah hanya sebagian kecil dari landmark tersebut cukup untuk menunjukkan landmark itu apa sebenarnya .




  • Memotret kuliner





  Gambar 6.7 Fotografi Kuliner



Mencoba makanan baru adalah salah satu hal yang paling menyenangkan saat berpergian ke sebuah tujuan baru,jadi kenapa anda tidak memasukkannnya dalam sebuah foto ? Lihatlah ekspresi orang orang yang melihat album anda saat mereka menemukan foto hidangan yang mengundang selera. Coba lakukanlah sekali,anda akan ketagihan memotret kuliner. Kesempatan terbaik untuk memotret kuliner adalah di siang hari,terutama jika anda duduk di dekat jendela (untuk mendapatkan cahaya alami yang cantic dari jendela) atau diluar (dibawah paying atau tenda,sehingga anda bisa memotret di bawah payung yang teduh). Jika anda memiliki latar belakang putih itu adalah hal yang bagus untuk memotret . Selain itu,foto kuliner terbaik yang anda lihat pada majalah umumnya memiliki dua kesamaan :


  1. Biasanya foto foto ini menggunakan ruang tajam yang dangkal (dimana bagian depan piring masuk focus dan bagian belakangnya di luar focus) . Jika anda ingin mendapatkan foto seperti ini gunakanlah diafragma yang rendah.

  2. Potretlah piring yang menyajikan hidangan terbaik.



 


  • Milikilah GPS untuk kamera digital anda





Gambar 6.8 GPS Kamera

Setiap anda mengambil foto,GPS akan melekatkan lokasi yang tepat (garis bujur dan lingkar) tempat foto itu diambil,langsung kedalam foto digitak itu sendiri. Lalu,aplikasi seperti lightroom bisa menunjukkan informasi tersebut (yang muncul di panel metadata lightroom) dan anda hanya tinggal mengeklik nya untuk melihat lokasinya di google map.

 


  • Mencari tempat tinggi yang bagus





Gambar 6.9 Fotografi dari ketinggian

Orang kebanyakan mengambil gambar dari sudut pandang kota dari jalanan (atau dari dalam bus tur jalanan). Jika anda ingin tempat yang lebih menarik untuk memotret,carilah menara, geladak pengamatan, hotel hotel tinggi, kereta gantung,jembatan,bangunan kantor, atau gunung yang mengarah ke kota,tempat anda bisa menunjukkan kota dari sudut pandang yang benar benar berbeda yang tidak akan di dapatkan oleh fotografer kebanyakan. Ini adalah cara lain agar foto anda tidak nampak pasaran.



 


  • Mencari tema sendiri



Setelah anda memotret foto klasik landmark local,berikut ini adalah cara yang bagus untuk memicu kreativitas anda dan menunjukkan kota dalam nuansa yang berbeda.Buatlah penugasan kecil untuk anda sendiri. Pilihlah sebuah topik tersebut dan anda akan kagum dengan hasil yang anda peroleh. Contohnya adalah :


  1. Memotret papan tanda nomor jalan yang menarik di luar bangunan,rumah atau apartemen .

  2. Memotret daun pintu atau pintu gerbang yang menarik.

  3. Memotret apapun yang memiliki satu warna yang cerah.

  4. Memotret baling baling cuaca.

  5. Memotret bunga saja.

  6. Memotret gudang setempat yang bagus.

  7. Memotret close-up arsitektur lokal.



Anda tidak perlu membuat tugas kecil ini menjadi satu satunya hal yang di lakukan sepanjang hari. Tetapi tetap bersiagalah untuk memotret foto dalam tugas kecil anda ini selama perjalanan wisata. Dan setiap anda melihat salah satu objek dari tugas kecil ini,pastikan anda memotretnya. Kemudian, anda bisa menyajikan semuanya bersama-sama dalam satu cetakan.

 

 
Previous Post
Next Post

0 komentar:

"Kalau mau Copy-Paste artikel boleh saja, tapi sumbernya ke blog ini"