Friday, February 23, 2018

MEMOTRET PERNIKAHAN SEPERTI SEORANG PROFESIONAL

MEMOTRET PERNIKAHAN SEPERTI SEORANG PROFESIONAL





Memotret Pernikahan adalah urusan yang rumit , hasil yang bagus dipengaruhi oleh peralatan yang bagus pula. Alasan rumitnya memotret pernikahan adalah tidak ada pengambilan foto ulang , hanya terjadi satu kali , semua tergantung bagaimana cara anda bertanggung jawab dalam proses tersebut.

Perlu diketahui karena rumitnya dan besarnya tanggung jawab dalam pemotretan pernikahan maka ada beberapa tips atau pedoman untuk anda mempersiapkan diri , peralatan dan sebagainya.

1. MEMBUAT DAFTAR FOTO

Sebelum anda berangkat menuju ketempat pernikahan , sebaiknya anda menyusun daftar foto yang akan anda ambil nanti , dikarenakan tidak ada “adegan ulang” dalam acara pernikahan , sehingga anda harus benar benar yakin pada susunan daftar foto yang anda siapkan , ingat persiapan kecil ini bisa menghasilkan perbedaan besar . Tidak perlu kuatir untuk menyusunnya , untungnya anda bisa menemukan daftar foto secara gratis online yang tersebar di internet , tergantung anda memilah – milahnya .

2. MEMILIKI CADANGAN UNTUK SEMUANYA

Potensi kesalahan dalam bekerja itu adalahh hal yg sangat mungkin bias tiba – tiba terjadi . Untuk itulah para professional selalu membawa cadangan untuk segalanya , karena itu periksalah seluruh peralatan dan siapkan cadangan bila sewaktu – waktu ada peralatan yang tidak berfungsi .

3. NONAKTIFAKAN BUNYI BIB PADA KAMERA ANDA

Hal yang tidak ingin didengar oleh pasangan atau siapa saya karena dapat mengganggu konsetrasi adalah bunyi kamera anda saat mengunci focus . sebelum acara dimulai pastikan anda telah men – setting kamera anda agar tidak berbunyi saat mengunci focus agar tidak mengganggu kenyamanan orang lain .

4. MENCAHAYAI PENGANTIN WANITA DARI BELAKANG

Efek popular yang dilakukan para fotografer penikahan adalah mencahayai pengantin wanita dari belakang , untuk mengeluarkan kesan pengantin wanita yg terbingkai , dan sedikit cahaya kilat dari depan agar foto tidak terlihat siluet . Teknik ini membutuhkan 2 unit lampu kilat , untuk bagian belakang dan bagian depan .

5. JANGAN GANTI LENSA , TAPI GANTI KAMERA

Saat acara pernikahan sudah dimulai , segalanya berjalan dengan sangat cepat , anda tidak memiliki banyak kesematan untuk mengganti lensa kamera anda , jadi jika anda menggunakan dua tipe lensa berarti anda harus menggunakan dua body kamera , anda bias menggantungkan dua kamera dileher anda untuk berjaga – jaga .

6. BAWALAH TANGGA UNTUK MEMOTRET DARI POSISI YANG LEBIH TINGGI

Pada saat pernikahan , anda diharuskan memotret banyak orang secara formal , dan salah satu trik para fotografer adalah dengan membawa tangga alumunium kecil yang ringan dan bisa dilipat . Mengambil potret dari tempat lebih tinggi akan membantu anda melihat lebih banyak wajah dan mengatur grup anda dengan lebih mudah , selain itu memotret dari tempat tinggi akan memberi efek lebih elegan ke pengantin .

7. MEMILIKI ASISTEN ( FOTOGRAFER KEDUA )

Banyak fotografer professional membawa fotografer kedua atau bahkan ketiga , fungsinya agar mereka dapat mengambil semua momen yang paling penting , semakin besar acara pernikahan semakin besar anda membutuhkan fotografer kedua . Anda tidak bisa kemana – mana sekaligus , dan jika ada masalah tertentu masih ada yang tetap memotret pernikahan .

8. KAPAN MEMOTRET DALAM RAW

Kebanyakan fotografer tentu merasa tidak memiliki cukup waktu untuk menggunakan format RAW, mengingat butuh proses lebih panjang dalam paska pemotretan, tetapi acara pernikahan terjadi sekali seumur hidup dan RAW akan sangat berguna karena memiliki fleksibilitas lebih tinggi dalam memanipulasi foto setelah pemotretan. Acara pernikahan terkadang memiliki nuansa pencahayaan yang ‘tricky’, maka dari itu RAW merupakan pilihan bagus guna memanipulasi exposure serta white balance menggunakan perangkat lunak .

9. KEMANA MENGARAHKAN LAMPU KILAT

Kemampuan untuk memantulkan atau menyebarkan (diffuse) cahaya flash merupakan kunci dalam Wedding Photography. Sobat pasti banyak menemui sebuah acara pernikahan di dalam gedung yang memiliki kondisi pencahayaan rendah atau temaram, jika kalian diijinkan untuk bisa menggunakan flash (beberapa tempat seperti gereja tidak memperbolehkan) lihatlah apakah memungkinkan untuk memantulkan cahaya flash ke langit-langit gedung? (ingatlah bahwa memantulkan cahaya flash pada dinding dengan permukaan bewarna akan merubah warna hasil foto kalian), atau pertimbangkan juga menggunakan difuser agar cahaya flash lebih lembut. Gedung acara pernikahan tidak mengijinkan penggunaan flash? maka kalian setidaknya menggunakan lensa cepat dengan aperture lebar atau meninggikan pengaturan ISO. Sebuah lensa yang memiliki fitur image-stabilisation (IS/VR) akan sangat membantu .

10. MEMOTRET DALAM CAHAYA YANG CENDERUNG GELAP TANPA MENAIKAN ISO

Ingat selalu akan hal ini. ISO dasar, atau ISO terendah (misal ISO 100) akan memberi hasil foto yang kualitas fotonya paling bagus. Sebaliknya di ISO tinggi foto akan muncul noise. Di era film, ASA tinggi memberi hasil noise yang artistik karena terlihat grainy, tapi di era digital noise yang muncul lebih cenderung merusak foto. Tipsnya adalah, gunakan ISO rendah untuk mendapat kualitas foto terbaik dan bebas noise, bila memungkinkan . Anda bisan menggunakan lensa 50mm f/1 ,8 yang murah atau lensa yang lebih baik lagi 50mm f/1, 4 , untuk membantu anda mendapat hasil foto maksimal .

11. KONSEP UNTUK CAHAYA YANG SEIMBANG DI DALAM RUANGAN

Saat anda memotret formal digereja , anda dapat menggunakan resep ini untuk mengantisipasi ruangan gereja , setel ISO ke 800 , setel shutter speed ke 1/60 detik , dan untuk diafragmanya f/5 ,6 atau angka yang lebih kecil untuk memungkinkan .

12. MENJAGA DETAIL PADA GAUN PENGANTIN

Ambillah gambar cincin, pernak-pernik kebaya atau gaun penganti, bunga, penataan meja dan lain-lain. Ini akan memberikan warna dan dimensi pada album pernikahan. Cobalah membuat sebuah album dengan format Wedding Magazine agar lebih memiliki mood ketika pasangan tersebut melihat album tersebut.

13. MEMBUAT LAMPU KILAT LEBIH TAHAN LAMA

Lampu kilat yang anda gunakan akan bekerja sangat keras di acara penikahan , dan anda akan beberapa kali berhenti untuk megganti baterai , para fotografer professional biasanya menggunakan batter pack eksternal kecil untuk melipat gandakan masa pakai lampu kilat .

14. BAGAIMANA MENGURANGI NOISE PADA FOTO ANDA

Munculnya noise pada foto seringkali menjadi masalah tersendiri yang menyebabkan foto menjadi kurang menarik dan tampak tidak maksimal. Munculnya noise bisa jadi dikarenakan kurangnya cahaya pada saat proses pengambilan foto sehingga memaksa kamera untuk menggunakan ISO pada angka yang tinggi. Konsekuensi dari penggunaan ISO yang tinggi pada kamera adalah munculnya noise atau bintik-bintik kecil pada foto. Lalu, bagaimanakah cara menghilangkan bintik-bintik noise tersebut ? kalua anda menggukan photoshop CS5 atau lightroom 3 ,keduanya memiliki pengurangan noise bawaan yang hebat .

15. TIPS MEMOTRET PROFIL PENGANTIN WANITA

Beri sedikit ruang lapang didepan objek foto anda , posisikan penganti wanita agar fotonya menjadi profil penuh ,jangan memosisikan lampu didepan pengantin wanita , posisikanlah sedikit dibelakang dia , jangan membuat si penganin menatap lurus kedepan , gunakan reflector perak untuk menambah cahaya pada foto .

 

 

Sumber : The Digital Photography Book jilid 2

                Bab Lima ( MEMOTRET PERNIKAHAN SEPERTI SEORANG PROFESIONAL )
Previous Post
Next Post

0 komentar:

"Kalau mau Copy-Paste artikel boleh saja, tapi sumbernya ke blog ini"