Tuesday, February 20, 2018

MENGENAL COREL DRAW X7



LANGKAH UNTUK MENGAKTIFKAN DAN MENGENAL LEMBAR KERJA CORELDRAW X7



 

Sebelum mengaktifkan CorelDraw X7, tentu anda harus melakukan instalasi terlebih dahulu software CorelDraw X7 ke dalam komputer yang akan anda gunakan, selanjutnya lakukan proses untuk mengaktifkan seperti berikut.


  1. Langkah untuk mengaktifkan aplikasi CorelDraw X7 :




  • Klik tombol Start > All Programs > CorelDRAW Graphics Suite X7, Corel DRAW X7 seperti ditunjukan pada gambar berikut :





Gambar 1.1




  • Jika pada desktop PC anda terdapat ikon CorelDraw X7 anda dapat melakukan double klik ikon tersebut seperti ditunjukan pada gambar berikut :



Gambar 1.2




  1. Setelah melaksanakan langkah ke-1 di atas, maka di tengah-tengah lembar aplikasi CorelDraw akan tampil halaman pembuka yaitu Welcome Screen seperti ditunjukan pada gambar berikut :



Gambar 1.3



Selanjutnya kotak dialog di atas dapat dijelaskan seperti berikut :


  • Pada kategori Get Started, New Document ( untuk membuat dokumen baru yang masih kosong ), New From Template ( untuk membuat dokumen baru dari file template ), klik salah satu nama dokumen di bawah Open Recent untuk membuka file tersebut dengan cepat, Open Other untuk membuka dokumen dalam sebuah folder.

  • Workspace, digunakan kategori ini untuk memilih bentuk tampilan lembar kerja, yang disesuaikan dengan profesi para pemakainya.

  • Lite, Workspace dirancang untuk membantu pemakai baru karena dalam workspace ini menggunakan tool yang lebih cepat diakses, Lite workspace terdapat dalam CorelDRAW X7 dan Corel PHOTO PAINT X7.

  • Classic, Workspace ini hamper serupa dengan default lembar kerja CorelDraw X6, ini sangat cocok untuk pemakai coreldraw versi sebelumnya sehingga anda tidak akan kaget pada perubahan yang terdapat pada CorelDraw X7 karena didalam lembar kerja ini banyak elemen yang dioptimalkan untuk suatu alur kerja yang lebih efektif.

  • Default, workspace ini telah dirancang kembali untuk menyediakan penempatan tools dan control yang intuitif, jika anda pengalaman menggunakan CorelDraw, atau aplikasi pengolah gambar yang lain. Default adalah pilihan workspace yang apling baik.

  • Advanced, workspaces untuk CorelDRAW X7 dan Corel PHOTO PAINT X7 yang dirancang lebih menarik dengan konfigurasi yang efisien pada tool, menu, status bar, property bars, dan kotak dialognya.

  • Page Layout, workspace ini dapat digunakan secara maksimal untuk mengatur grafik dan object teks, untuk itu dengan pilihan workspace ini anda dapat menciptakan tata ruang untuk business cards, branding materials, product package, atau documents yang banyak kolomnya seperti halnya brochures dan surat kabar.

  • Illustration, workspace ini dirancang untuk mereka yang menggunakan aplikasi ini untuk membuat desain buku, iklan majalah, storyboards, ilustrasi lain yang sejenis.

  • Adobe Ilustrator, workspace ini memposisikan fitur CorelDRAW dimana anda dapat menemukan fitur tersebut yang sejenis di dalam Adobe Illustrator. Workspace ini bermanfaat jika kamu baru pindah dari Adobe Illustrator ke CorelDraw dan anda belum terbiasa dengan lembar kerja CorelDraw.

  • What’s New, berisi topic baru yang dapat anda pilih secara langsung hal-hal yang baru dalam aplikasi CorelDraw X7 . seperti berikut :

  • Get up and running easily, dari Welcome screen dan workspaces telah dirancang sesuai kebutuhan anda, seperti penyediaan banyak clipart dan foto, sehingga pembuatan desain menggunakan aplikasi CorelDraw Suite X7 dapat dilaksanakan dengan lebih cepat.

  • Work faster and more efficiently, menjadi lebih efisien dan lebih produktif dengan meningkatkan fitur seperti fills, transparencies, brush selection, penignkatan fitur teks untuk penemapatan banyak dokumen secara otomatis.

  • Design with creativity and confidence, baru dan peningkatan fitur seperti Liquid Tools, special effect, aligment dan dynamic guides, QR codes membantu anda untuk menghasilkan desain yang kreatif dan percaya diri.

  • Share and expand your experience, dengan pilihan ini anda dapat mengakses dan berbagi serta belajar dari komunitas pengguna CorelDRAW Graphics Suite, tentu saja ada syarat khusus yaitu anda harus terhubung pada jaringan internet.

  • Need Help, untuk mengakses training video, petunjuk secara step by step. tip cepat dari desainer professional dari seluruh dunia dan sebagainya.

  • Gallery, untuk melihat hasil desain menggunakan CorelDraw X7 yang telah dilakukan desainer terkenal dari berbagai Negara.

  • Update, untuk mengunjungi komunitas CorelDRAW, untuk belajar dan berbagi di dalam forum kreasi seperti bantuan tentang tips dan trik dari blog corel dan mencari inspirasi dalam galeri online. CorelDRAW.com adalah komunitas pengguna dari selutuh latar belakang kemampuan yang berbeda di seluruh dunia.

  • Membership & Subcription, untuk melakukan pendaftaran menjadi member pengguna CorelDRAW yang berfungsi untuk memperoleh pembaharuan conten dari CorelDRAW sebagai member (anggota).



MEMBUKA DOKUMEN BARU

Langkah untuk membuka dokumen baru saat anda menggunakan CorelDraw X7 adalah sebagai berikut :


  1. Klik group Get Started pada kotak dialog Welcome Screen lalu klik salah satu pilihan berikut :




  • New blank document untuk membuka kotak dialog Create a New Document, kemudian lakukan pengaturan sesuai keinginan misalnya seperti berikut.





Gambar 1.4




  1. Kemudian klik tombol OK hingga lembar kerja baru CorelDRAW X7 yang masih kosong akan tampak seperti gambar berikut :



Gambar 1.5



 

MENYIMPAN HASIL DESAIN

Setelah anda membuat karya desain dalam CorelDRAW X7, lakukanlah proses penyimpanan agar dapat digunakan kembali pada waktu yang lain, misalnya untuk diedit atau dicetak.

Proses penyimpanan dapat dilakukan dengan salah satu cara berikut :


  1. Menyimpan desain baru



Untuk menyimpan desain baru gunakan langkah berikut :


  1. Saat hasil karya desain yang anda lakukan masih tampil di layar, lakukan klik menu bar File > Save atau Save As, untuk mengaktifkan kotak dialog Save Drawing seperti gambar berikut :



Gambar 1.6



 


  1. Selanjutnya klik Drive dan nama folder di mana anda akan meletakkan file hasil penyimpanan tersebut misalnya pada DESAIN (D:).

  2. Lalu ketik nama file yang diinginkan pada kotak File name misalnya GRADASI.

  3. Dalam kotak Save as Type pilih format file hasil penyimpanan misalnya CDR-CorelDRAW (*.cdr).

  4. Pada kotak Version pilih versi CorelDraw yang diinginkan, pada kotak ini tersedia hingga CorelDraw versi 11, untuk menentukan hasil penyimpanan dapat diproses pada CorelDraw seperti yang anda pilih.

  5. Kemudian klik Save untuk melaksanakan proses penyimpanan.



 


  1. Menyimpan Ulang Desain



Setelah melakukan editing pada sebuah karya desain, agar hasil editing tersebut tidak hilang sia-sia, untuk itu lakukan proses penyimpanan ulang dengan menggunakan langkah berikut :


  • Klik menu bar File > Save (Ctrl+S).

  • Klik tombol Save pada toolbar standard.



 


  1. Menyimpan Desain dengan Nama Lain



Langkah untuk menyimpan desain dengan nama lain adalah sebagaia berikut :


  1. Aktifkan sebuah file desain yang akan disimpan dengan nama lain.

  2. Kemudian klik menu bar File > Save As untuk membuka kotak dialog Save Drawing.

  3. Setelah itu ketik nama file baru dalam kotak File name

  4. Lalu klik Save.



 

 

 

MENUTUP FILE

            Langkah untuk menutup file/dokumen adalah sebagai berikut :


  1. Lakukan penyimpanan file/dokumen

  2. Selanjutnya gunakan salah satu tindakan berikut ini untuk menutup file :




  • Klik tombol Close (gambar) yang terdapat di sebelah kanan nama file dalam Document tab seperti ditunjukkan pada gambar berikut :



Gambar 1.7



 


  • Klik menu bar File > Close untuk menutup satu file saja, pilih Close All untuk menutup lebih dari satu file sekaligus seperti berikut :



Gambar 1.8



 

MEMBUKA FILE

Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk membuaka file yang pernah anda simpan adalah sebagaia berikut :


  1. Lakukan salah satu langkah berikut :




  • Dalam kotak dialog Welcome Screen, tab Get Started klik nama file yang akan dibuka yang masih terdapat di bawah group Open Recent, jika sudah tidak tampil dibagian ini lakukan klik tombol Open Other untuk membuka kotak dialog Open Drawing lalu tentukan Drive, Folder dan nama File yang akan dibuka.

  • Jika pada lembar kerja CorelDraw X7 masih aktif sebuah file/Document, untuk membuka file yang lain lakukan klik menu bar File > Open atau tekan Ctrl+O




  1. Dengan salah satu cara di atas, akan membuka kotak dialog Open Drawing seperti berikut :



Gambar 1.9



 


  1. Selanjutnya tentukan drive atau folder tempat file disimpan di sisi sebelah kiri kotak dialog Open Drawing.

  2. Kemudian klik nama file yang akan dibuka yang terdapat dlaam daftar nama file.

  3. Kemudian klik tombol Open atau tekan tombol Enter.



 

EXPORT FILE

Anda dapat meng-export file hasil desain dalam CorelDRAW X7 dengan menggunakan cara klik menu bar File > Export untuk meng-export file pada format file yang dapat digunakan dalam aplikasi yang lain, contoh anda dapat meng-export sebuah file pada format Adobe Illustrator (AI) atau format JPG.

Selain itu anda juga dapat meng-export sebuah file sehingga anda dapat mengoptimalkan file tersebut untuk digunakan pada aplikasi produktif seperti Microsoft Office atau Corel Word Perfect Office.

Disamping mengggunakan perintah Export, anda juga dapat menggunakan perintah File > Save untuk menyimpan sebuah file pada berbagai format vector. Setelah anda menyimpan sebuah file pada format yang lain, ketika itu pula file tersebut akan ditampilkan di dalam drawing window. Namun disarankan pertama kali penyimpanan dilaksanakan dengan menggunakan format file CorelDRAW (CDR) karena beberapa format file tidak didukung oleh seluruh fitur di dalam file CorelDRAW.


  1. Export File ke dalam format Microsoft Office



Langkah untuk meng-export file CorelDRAW X7 pada format Microsoft Office adalah sebagai berikut :


  1. Aktifkan file yang akan di-export di dalam aplikasi CorelDRAW misalnya seperti berikut :



Gambar 1. 10



 


  1. Klik menu bar File > Export For Office untuk membuka kotak dialog Export For Office seperti berikut :



Gambar 1.11



 


  1. Pada kotak Export To klik pilihan Microsoft Office.

  2. Selanjutnya lakukan pengaturan seperti kotak dialog di atas kemudian klik tombol OK.

  3. Setelah itu dalam kotak File Name ketik nama file hasil Export misalnya ZOO lalu klik OK.

  4. Dengan langkah diatas maka hasilnya dapat diimport secara langsung dalam Microsoft Office.



 

 

 


  1. Export File ke dalam format WEB



Langkah untuk mengexport file CorelDRAW X7 pada format WEB adalah sebagai berikut :


  1. Aktifkan gambar yang akan di export ke format WEB misalnya seperti berikut :



Gambar 1.12



 


  1. Klik menu bar File > Export For Web

  2. Di dalam kotak dialog Export for web, pilih preset settings dari kotak pilihan Preset list yang terdapat di sudut kanan atas kotak dialog. Jika anda ingin mengubah preset settings, anda dapat mengubah pilihan dalam kotak dialog. Misalnya lakukan pengaturan seperti kotak dialog berikut :



Gambar 1.13



 


  1. Selanjutnya klik tombol Save As

  2. Tentukan drive dan folder dimana anda akan menyimpan hasil export tersebut

  3. Lali klik tombol Save



 

KELUAR DARI APLIKASI CORELDRAW X7

            Langkah untuk keluar dari CorelDRAW X7 dengan menggunakan salah satu langkah berikut :


  • Klik tombol Close X disudut atas aplikasi CorelDRAW X7.

  • Klik menu bar File > Exit atau tekan Alt+F4.



 

Corel Draw ini adalah program yang sangat populer dan banyak digunakan oleh orang. Hampir semua komputer terinstall program Corel Draw. Saya rasa semua sudah tidak asing lagi dengan software berbasis vector canggih ini, sekarang baiknya anda akan segera merasakan kualitas di versi CorelDRAW Graphic Suite X7 terbaru ini, nikmati perbedaaan terbaik dari versi sebelumnya.

 

 

DAFTAR PUSTAKA

A.Taufiq Hidayatullah. 2015. Dari Beginner jadi Master CorelDRAW X7. Yogyakarta. MediaKom
Previous Post
Next Post

0 komentar:

"Kalau mau Copy-Paste artikel boleh saja, tapi sumbernya ke blog ini"