Saturday, February 17, 2018

MENGENAL LEBIH DEKAT CORELDRAW X5

 



Corel adalah pengembangan grafik yang memproduksi software media digital yang digunakan lebih dari 100 juta orang di seluruh dunia. Perusahaan ini memproduksi software yang sangat populer di dunia seperti CorelDraw Graphics Suite, Corel Painter, Corel DESIGNER, Corel WordPerfect Office, Winzip dan masih banyak lagi software-software populer lainnya.

 

CorelDraw X5 yang merupakan aplikasi grafis populer terbaru yang dirancang untuk memenuhi permintaan desainer grafis yang bekerja di bidang periklanan, percetakan, penerbitan dan sebagainnya. Dalam CorelDraw X5 memiliki fitur-fitur baru yang sangat mudah untuk digunakan yang akan membantu Anda dalam menyelesaikan pekerjaan yang berhubungan dengan desain grafis.

 


  1. MENJALANKAN CORELDRAW X5



Sebelum Anda dapat menjalankan aplikasi CorelDraw X5, tentunya Anda harus melakukan installasi aplikasi tersebut ke dalam komputer yang akan Anda gunakan.

Untuk menjalankan CorelDraw X5 gunakan langkah berikut:


  1. Nyalakan komputer hingga aktif desktop yang artinya komputer siap menerima perintah.

  2. Kemudian klik tombol Start > All Programs > CorelDraw Graphics Suite X5 > kemudian klik CorelDraw X5



Setelah langkah ke-2 di atas maka dalam lembar kerja CorelDraw X5 akan terlihat kotak dialog Welcome seperti berikut, yang memiliki beberapa tab yang dapat Anda klik untuk memulai suatu desain atau memperoleh informasi yang diinginkan.



Gambar 1.1 Kotak Dialog Welcome



Pada kotak dialog di atas dapat dijelaskan seperti berikut:


  1. Tab Quick Start, berfungsi untuk memulai gambar baru dengan menyediakan dua pilihan berikut: New blank document (untuk membuat dokumen baru berdasarkan file template)atau membuka gambar yang pernah disimpan dalam aplikasi CorelDraw.




  • Preview, Untuk menampilkan tampilan sekilas (thumbnail) dari list file yang disorot pada Open Recent

  • Open Recent, merupakan pilihan untuk membuka kembali dokumen grafis yang terakhir kali dibuka.

  • Open Other, merupakan pilihan untuk membuka file atau dokumen grafis yang pernah disimpan sebelumnya.

  • New Blank Document, merupakan pilihan untuk membuat lembar kerja baru.

  • New from template, merupakan pilihan untuk membuat lembar kerja baru dengan template design yang sudah disediakan.

  • Setup, merupakan Pengaturan untuk menjadikan fitur Quick Start sebagai tampilan dafault atau tidak dimunculkan lagi pada welcome screen.

  • Close , digunakan untuk menutup Quick Start.




  1. Tab What's New, berfungsi untuk mempelajari fitur-fitur baru aplikasi Coreldraw X5.

  2. Tab Learning Tools, berfungsi untuk mengakses training video, petunjuk secara step-by-step.

  3. Tab Gallery, berfungsi untuk melihat hasil proyek desain yang dihasilkan dengan menggunakan aplikasi CorelDraw X5.

  4. Tab Updates, kilik tab ini untuk mengupdate CorelDraw X5, tutorial baru dan sebagainya.



2. MENGENAL LEMBAR KERJA CORELDRAW X5

Jika pada kotak dialog Welcome Screen tab Quick Start lalu Anda klik salah satu nama file yang tampil di bawah Open Recent misalnya seperti kotak dialog di atas maka lembar kerja aplikasi CorelDraw X5akan tampak seperti berikut.



Gambar 1.2 Elemen lembar kerja CorelDraw X5



Penjelasan komponen gambar diatas adalah sebagai berikut:


  1. Title bar



Title bar adalah identitas aplikasi yang di tempatkan di baris paling atas yang menampilkan nama program berikut nama file yang aktif saat ini.


  1. Menu bar



Menu bar adalah sebaris menu yang dapat Anda pilih untuk membuat dan memodifikasi gambar vektor atau gambar bitmap.



Gambar 1.3 Menu Bar



3. Toolbar

Toolbar adalah sebaris ikon yang mewakili perintah pada menu bar.

4. Property bar

Property bar adalah toolbar yang berkaitan dengan tool yang Anda pilih dalam toolbox. Property bar merupakan pelengkap dari ikon terpilih toolbox.

Gambar 1.4 Property bar



 

 

5. Window Control

Beberapa tombol yang berfungsi untuk mengatur tampilan window Corel draw, seperti Minimize, Maximize, Restore dan Close.

6. Toolbox

Alat yang digunakan untuk membuat, memberi warna atau mengedit obyek gambar yang secara default diletakkan diisi kiri aplikasi.



Gambar 1.5 Toolbox



Fungsi tool yang terdapat dalam toolbox adalah sebagai berikut:



Gambar 1.6 Pick Tool




  1. Pick Tool




  • Pick Tool, untuk memilih, mengubah ukuran, memiringkan, atau memutar obyek.

  • Freehand Pick tool; untuk menyeleksi objek dengan bebas.





Gambar 1.7 Shape Edit Tool



2. Shape Edit Tool




  • Shape tool; untuk mengubah bentuk obyek secara halus.

  • Smudge Brush tool; untuk membuat efek distoris pada obyek garis.

  • Roughen Brush tool; untuk mengubah bagian outline pada garis vektor dari obyek.

  • Free Transform tool; untuk memutar obyek dengan bebas.

    Gambar 1.8 Crop Tool


    3. Crop Tool

    • Crop, untuk mengambil bagian gambar yang terpilih dan membuang bagian lainnya dari gambar bitmap atau garis.

    • Knife, untuk memotong obyek atau gambar.

    • Eraser, untuk memghapus bagian obyek atau gambar.

    • Virtual Segment Delete, untuk memotong porsi obyek yang berpotingan dengan obyek lain.

      Gambar 1.9 Zoom Tool


      4. Zoom Tool

    • Pan tool, untuk mengontrol bagian gambar mana yang akan di gambar ulang dalam tampilan/jendela kerja.

    • Zoom, untuk memperbesaratau memperkecil ukuran tampilan desain.

      Gambar 1.10 Curve Tool


      5. Curve Tool

      • Freehand, untuk membuat garis bentuk bebas.

      • 2-Point Line, untuk membuat garis dengan menentukan dua buah titik.

      • Bezier, untuk membuat garis lurus dengan dua node atau lebih.

      • Aristic Media, untuk membuat garis dengan gaya artistic, pada pilihan ini terdapat 5 pilihan antara lain ; preset, brush, sprayer, calligraphic dan pressure.

      • Pen, untuk menggambar kurva dengan satu segment.

      • B-Spline, untuk membuat garis bentuk bergelombang.

      • Polyline, untuk menggambar garis lurus dan kurva.

      • 3-Point Curve, tool ini digunakan untuk membuat kurva dengan cara drag dari titik 1 lepas pada titik ke 2 lalu klik pada titik ke 3 untuk mengakhiri pembuatan kurva.

        Gambar 1.11 Smart Tool


        6. Smart Tool

        • Smart Fill tool; untuk mewarnai objek-objek yang terlampir, tool ini dapat mewarnai isi dan garis dari objek tersebut dan objek yang telah terisi dapat dipisahkan dengan gambar dasarnya.

        • Smart Drawing tool; mengubah coretan-coretan tangan menjadi garis yang halus dan sempurna

          Gambar 1.12 Rectangle Tool


          7. Rectangle Tool

          • Rectangle tool, untuk menggambar bujur sangkar dan kotak.

          • 3 point Rectangle tool, untuk menggambar bujur sangkar pada suatu sudut tertentu











Gambar 1.13 Ellipse Tool



8. Ellipse Tool


  • Ellipse tool, untuk menggambar bentuk lonjong atau lingkaran.

  • 3 point Ellipse tool, untuk menggambar bentuk lonjong atau lingkaran pada suatu sudut tertentu.

    Gambar 1.14 Object Tool


    9. Object Tool

    • Polygon, untuk membuat obyek polygon (obyek sudut banyak)

    • Star, untuk membuat obyek berbentuk bintang

    • Complex Star, untuk membuat obyek bentuk bintang yang kompleks.

    • Graph Paper, untuk membuat obyek tabel dari gabungna beberapa kotak atau rectangle.

      Gambar 1.15 Perfect Shapes Tool


      10. Perfect Shapes Tool

      • Basic Shapes, untuk membentuk obyek bentuk dasar yang sudah disiapkan sistem CorelDraw X5.

      • Arrow Shapes, untuk membuat obyek bentuk anak panah dengan berbagai bentuk, pola, arah dan beberapa bentuk ujung panah.

      • Flowchart Shapes, untuk penyusunan flowchart atau diagram.

      • Banner Shapes, untuk membuat obyek bentuk banner.

      • Callout Shapes, untuk membuat obyek bentuk Callout yang berfungsi untuk memberikan keterangan pada sebuah obyek lain.

        Gambar 1.16 Text Tool


        11. Text Tool

        • Text Tool, untuk membuat artistik teks atau paragraf teks.

          Gambar 1.17 Table Tool


          12. Table Tool

          • Table Tool, untuk membuat, memilih atau mengedit table.











Gambar 1.18 Dimension Tool



13. Dimension Tool




  • Parallel Dimension, untuk menggambar garis dimensi paralel.

  • Horizontal or Vertical Dimension, untuk membuat garis dimensi horizontal atau vertikal.

  • Angular Dimension, untuk membuat garis dimensi dua buah garis yang membentuk sudut.

  • Segment Dimension, untuk membuat garis dimensi sebuah segmen garis.

  • 3-Point Callout, untuk membuat garis penunjuk yang berfungsi untuk memberikan suatu penjelasan pada sebuah segmen.

    Gambar 1.19 Connector Tool


    14. Connector Tool

    • Straight-Line Connector, untuk membuat garis yang menghubungkan dua buah obyek.

    • Right-Angle Connector, untuk membuat garis membentuk sudut yang menghubungkan dua buah obyek.

    • Right-Angle Round Connector, untuk membuat garis membentuk sudut tumpul yang menghubungkan dua buah obyek.

    • Edit Anchor, untuk memperbaiki anchor point garis konektor pada obyek yang telah Anda pasang.

      Gambar 1.20 Interactive Tool


      15. Interactive Tool

      • Blend tool, untuk mencampur dua obyek.

      • Contour tool, untuk membuat suatu bentuk garis luar pada suatu obyek menggunakan bentuk dasarnya.

      • Distortion tool, untuk memberi efek distori pada sebuah obyek secara langsung pada obyek.

      • Drop Shadow tool, untuk memberikan efek bayangan pada suatu obyek.

      • Envelope, untuk menyimpangkan suatu obyek dengan cara men-drag node.

      • Extrude, untuk membuat suatu ilusi kedalaman pada obyek.

      • Transparency tool, untuk membuat obyek menjadi transparan.

        Gambar 1.21 Eyedropper Tool


        16. Eyedropper Tools

        • Color Eyedropper, tool ini digunakan untuk mengetahui prosentase warna yang digunakan pada fill suatu obyek.

        • Attributes Eyedropper, untuk mencopy atribut sebuah obyek untuk dterapkan pada obyek lain

          Gambar 1.22 Outline Tool


          17. Outline Tool

          • Outline Pen, untuk menampilkan kotak dialog Outline Pen yang berfungsi mengatur model outline dari obyek.

          • Outline Color, untuk memilih warna outline menggunakan Color Outline atau Color Palette.

          • No Outline, untuk menghapus outline pada obyek.

          • Hairline, untuk membuat outline tipis pada obyek.

          • ½ point outline : Memberikan ukuran outline½ poin.

          • 1 point outline : Memberikan ukuran outline1 poin.

          • 2 point outline : Memberikan ukuran outline 2 poin.

          • 8 point outline : Memberikan ukuran outline 8 poin.

          • 16 point outline : Memberikan ukuran outline 16 poin.

          • 24 point outline : Memberikan ukuran outline 24 poin.

          • Color, untuk mengatur dan menentukan warna outline dengan Color Docker.

            Gambar 1.23 Fill Tool


            18. Fill Tool

            • Uniform Fill, digunakan untuk memilih warna isi yang solid untuk suatu benda dengan menggunakan color palette, color viewer, color harmony, atau color blend.

            • Fountain Fill, digunakan untuk membuat gradasi warna pada obyek.

            • Pattern Fill, digunakan untuk membuat warna dalam bentuk pola pada obyek.

            • Texture Fill, digunakan untuk membuat warna tekstur pada obyek.

            • Postscript Fill, digunakan utuk membuat tekstur tambahan pada obyek.

            • No Fill, digunakan untuk membatalkan pewarnaan pada obyek.

            • Color, digunakan untuk mengatur dan menentukan warna.19. Interactive Fill Tool

              • Fill tool, untuk memberi warna dengan beberapa variasi gradasi fill.

              • Mesh tool, untuk memberi warna gradasi fill menggunakan garis (grid) yang terdiri dari beberapa node















7. Drawing Window

 

Ini juga mempunyai fungsi sebagai alat untuk memodifikasi satu obyek yang kita inginkan dan Drawing Window ini wilayah luar dari pada Drawing Page.

 8. Drawing Page

Di wilayah ini lah kita akan bekerja untuk sesuatu yang kita inginkan, yang mana wilayah ini biasanya berbentuk persegi panjang. Jika gambar berada di dalam wilayah Drawing Page maka gambar itu dapat kita cetak. Sering orang bilang Drawing Page ini sebagai Printable Area.

9. Rulers

Adalah penggaris horizontal dan vertikal yang terdapat di atas dan di sebelah kiri yang berfungsi untuk menentukan ukuran dan posisi obyek di dalam sebuah karua desain.

10. Color Palette

Adalah daftar pilihan warna yang di letakkan disisi sebelah kanan layar. Fungsinya untuk memasang warna fill dan warna outline obyek terpilih.

11. Document Navigator

Document navigator memberikan kesempatan kepada Anda untuk menambah halaman dalam sebuah dokumen atau memindah halaman dari dokumen satu ke dokumen lainnya

12. Status Bar

Adalah baris bagian di bawah aplikasi CorelDraw X5 yang menampilkan informasi yang berhubungan dengan obyek seperti type, ukuran, status proofing warna, profile warna dan informasi lain.

13. Navigator

Tombol berguna untuk Open Drawing window dengan ukuran minimalis. Tombol ini terletak di bawah pojok kanan dan bisa membantu kita dalam bergerak ke gambar yang kita kerjakan.

14.Docker

Adalah jendela yang berisi perintah dan pengaturan yang melengkapi fungsi sebuah tool atau suatu perintah saat memilih sebuah obyek.

Semoga artikel ini bermanfaat, dan teruslah belajar jangan mudah menyerah dalam berkreativitas! Terima kasih.

 
Previous Post
Next Post

0 komentar:

"Kalau mau Copy-Paste artikel boleh saja, tapi sumbernya ke blog ini"