Sunday, February 18, 2018

Mengenal Tipografi Lebih Dalam





Anda pernah mendengar mendengar istilah tipografi atau dalam bahasa inggris Typography? Jika anda ingin belajar desain grafis wajib mengetahui istilah ini karena akan sangat membantu anda dalam mengerjakan sebuah pekerjaan desain. Artikel berikut akan menjelaskan apa itu tipografi serta hal-hal apa saja yang kira-kira melibatkan tipografi.

Tipografi adalah ilmu yang mempelajari bagaimana penggunaan huruf. Tipografi tidak hanya terbatas lewat pemilihan jenis huruf, ukuran huruf, dekorasi, kesesuaian dengan tema, tetapi juga meliputi tata letak vertikal atau horizontal tulisan pada sebuah bidang desain, agar maksud serta arti tulisan dapat tersampaikan dengan baik secara visual kepada pembaca

Ilmu tipografi digunakan pada banyak bidang diantaranya desain grafis, desain web, percetakan, majalah, desain produk dll. Tipografi digunakan oleh para desainer untuk berkomunikasi dengan pembacanya secara visual agar maksud dari tulisan lebih mudah difahami

 

 

 

SEJARAH TIPOGRAFI

            Nah kali ini kita akan membahas sejarah dari tipografi. Sebelum tulisan muncul dalam kehidupan kita, manusia gua telah membuat ukiran-ukiran dan gambar simbol di gua sekitar 25.000 sebelum Masehi.

Berbentuk gambar-gambar yang bercerita tentang objek, seperti orang, tempat maupun benda-benda pada saat itu yang disebut sebagai Piktograf.

Setelah itu berkembanglah ideograph. Apa sih ideograph itu? Nah ideograph sendiri kelanjutan dari Piktograf yang telah merangkum gagasan ide yang lebih detail dan kompleks tentang seluruh kehidupan manusia di jaman tersebut.  Setelah ideograph muculah Fonograf.Fonograf sendiri adalah bahasa tulis yang bisa dibunyikan dan pada saat itu mempunyai makna tertentu didalamnya.

Perkembangan selanjutnya adalah di Yunani. Alphabet ? pernah denger alphabet ? yah itu adalah huruf yang kita gunakan sehari-hari sampai sekarang. Tapi kalian tau nggak, apa sih Alphabet itu? Nah Alphabet sendiri berasal dari 2 alfabet pertama Yunani yaitu “Alfa” dan “Beta”. Kemudia huruf-huruf ini semakin dikembangkan oleh Bangsa Romawi hingga akhirnya menjadi alfabet yang terdiri dari 26 huruf yang kita kenal sekarang.

 

 

 

 

ANATOMI HURUF


  1. Baseline,merupakan garis tak nampak dimana karakter huruf "duduk". Namun biasanya huruf bulat seperti "e" akan ditaruh sedikit lebih bawah melewati baseline.

  2. Meanline,merupakan garis batas yang terletak pada bagian atas huruf kecil seperti "e", "g" dan "y" serta pada titik lengkung seperti pada huruf "h".

  3. X-height,merupakan jarak antara garis 'baseline' dan 'meanline'.

  4. Cap height,adalah jarak dari 'baseline' hingga titik puncak huruf besar (kapital) seperti "H"

  5. Ascender,bagian dari karakter huruf yang melewati garis 'meanline'. Atau dengan kata lain, merupakan bagian karakter huruf yang bagiannya lebih tinggi melewati garis atas x-height.

  6. Descender,kebalikan dari ascender. Merupakan bagian huruf yang berada di bawah garis 'baseline'



 

 

PRINSIP DASAR TIPOGRAFI

Dalam menggunakan tipografi, kita perlu mengetahui prinsip dasar yang harus dipahami.Hal ini sesuatu yang penting dan mendasar untuk dimengerti. Nah prinsip-prinsip tersebut antara lain seperti sintaksis, persepsi visual, focal point, grid system dan alignment yang akan membatu efektifitas dan efisiensi dalam menggunakan tipografi. Nah tentunya kalian akan lebih mudah dalam menggunakan ilmu tipografi. Yang pertama adalah sebagai berikut:

Sintaksis



Merupakan penyusunan elemen-elemen daam tipografi ke dalam sebuah kesatuan. Penyusunan ini tidak ada aturan yang baku dalam penyusunan ini. Penyusunan sintaksis sendiri lebih berdasar pada logika dan visual yang ada.

 

 

Persepsi Visual

           Persepsi visual berperan penting dalam tipografi, karena apa? Persepsi visual berguna menuntun mata mengikuti alur dan pola visual. Pola visual membuat pembaca lebih terarah saat membaca sebuah informasi yang ditampilkan dan tidak akan membuat kebingungan pembacanya. Persepsi visual dapat diatur dengan bentuk, warna, ukuran, dan berbagai pengelompokan objek dalam satu sisi tertentu.

 

Focal Point

Focal point atau bisa disebut sebagai penekanan merupakan elemen penting yang menjadi pusat perhatian ketika si pembaca melihat dari suatu grafis. Focal point sendiri memiliki peran yaitu sebagakai penarik perhatian serta penekanan informasi yang sangat penting.Dalam tipografi, focal point merupakan suatu keharusan dalam suatu rancangan grafis     

 

 

 

 Grid System



Grid system merupakan penataan elemen-elemen visual ke dalam suatu komposisi. Komposisi ini berfungsi sebagai keseimbangan serta unsur estetika bagi elemen-elemen visual yang ada seperti gambar dan kata-kata penting. Selain itu, komposisi juga berfungsi menghindari terjadinya pengulangan informasi, serta menjadikan pesan yang tersampaikan kepada pembaca lebih menjadi efektif dan komunikatif.

 

Alignment

          Merupakan pengaturan baris menjadi lebih tertata dengan rapi agar mudah terbaca. Ada beberapa pengaturan baris yang biasa digunakan, yaitu rata kiri(left), rata kanan(right), rata tengah (centered), rata kiri-kanan (justified).

 

 

TIPOGRAFI DALAM DESAIN

Hmmm, sekarang kita menuju ke bab selanjutnya mengenai tipografi dalam desain. Menurut Leslie Becker ada tiga sifat tipografi, yaitu sebagai teks, penyampai pesan dan sebagai gambar. Selain itu tipografi mengalami perkembangan tak hanya berfungsi sebagai teks, penyampai pesan ataupun dalam bentuk gambar melainkan berkembang menjadi salah satu elemen desain yang berkembang infografis, produk, animasi dan lain-lain.

Sama saja halnya seperti desain, dimana bentuk objek mula-mula terbentuk dari garis dan garis terbentuk dari point atau titik dan menjadi sebuah bentuk(shape).



 

          Pada tingkatan yang berikutnya, huruf-huruf pun dapat disusun sehingga membentuk objek-objek tertentu.Selain itu huruf-huruf pun dapat membentuk sebuah gambar, tidak hanya berupa bentuk saja. Melainkan dari lebar dan tinggi serta ketebalan huruf, dapat membentuk layaknya gelap terang pada suatu objek.

Oh iya, kembali ke jenis-jenis huruf itu sendiri. Jika kita perhatikan lebih seksama dan detail, berbagai macam jenis huruf dengan beragam bentuk-bentuknya juga terbentuk dari titik, garis dan objek serta bisa kombinasi dari ketiganya.

 

 

LAYOUT

Dalam desain, tidak hanya teks saja yang menjadi satu-satunya elemen yang membentuk sebuah desain. Melainkan ada elemen lainnya seperti gambar dan foto yang menjadi objek pendukungnya serta menjadi bagian dari layout tersebut. Teks dan gambar masih dibagi dengan berbagai macam, diantaranya bisa saja berupa judul, isi utama, halaman, keterangan dari suatu gambar, dan sebagainnya.

Setiap elemen harus disusun dengan sedemikian rupa sehingga tidak ada saling tumpang tindih satu dengan lainnya, agar informasi dapat ditampilkan dengan menarik dan tersampaikan dengan baik bagi pembaca.

Alur Baca

Yah, alur baca menjadi hal yang tidak sadari mata kita saat membaca suatu teks. Karena sejak kecil kita diajarkan membaca teks dari kiri ke kanan dan itu merupakan kebiasaan yang akan membentuk kebiasaan membaca sebuah teks dari kiri ke kanan pula.

Keseimbangan

          Keseimbangan disini adalah porsi dari pemuatan elemen dalam suatu layout. Jika kejelasan informasi justru lebih mudah disampaikan dengan gambar, gambar perlu ditampilkan lebih banyak dan begitu sebaliknya jika teks terdiri dari informasi penting, maka porsi teks akan lebih banyak ditampilkan. Keseimbangan ini juga termasuk ukuran, warna dan letak.Gambar

Gambar merupakan salah satu elemen dalam suatu layout yang sering berdampingan dengan teks. Keberadaan gambar memberi gambaran pada isi teks yang disampaikan. Beberapa gambar yang sering digunakan yatu gambar sebagai ilustrasi, latar belakang teks, bingkai, tulisan, atau pola tulisan itu sendiri.

 

White Space

    White space merupakan suaru daerah dalam layout dimana pembaca dapat beristirahat sejenak dari sekian banyaknya informasi yang ada. Biasanya berupa ruang kosong diantara elemen-elemen yang ada. Selain sebagai keseimbangan agar dalam layout tidak terlalu penuh dan membuat mata lelah.

 

Yah itulah sedikit ilmu mengenai tipografi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca. Sekian dan terimakasih. Wassalamualaikum Wr.Wb
Previous Post
Next Post

0 komentar:

"Kalau mau Copy-Paste artikel boleh saja, tapi sumbernya ke blog ini"