Friday, February 23, 2018

Photoshop Bagi Fotografer Pemula

  PEMBELAJARAN ADOBE PS UNTUK PEMULA



BAB 1 MENGENAL ADOBE PHOTOSHOP
1.1 Apa itu Adobe Photoshop?
Adobe Photoshop adalah software pengolah gambar yang sangat powerfull dengan segala fasilitasnya. Hasil gambar olah dengan Adobe Photoshop ini banyak dilihat di berbagai website, brosur, koran, majalah, dan media lainnya.
1.2 Mengenal Area Kerja
Jalankan Adobe Photoshop kemudian pilih menu File -> Open. Kemudian pilih buka gambar apa saja. Sebagai contoh di buka gambar zhaow.jpg yang ada pada CD Tutorial bagian BAB I (lihat gambar 1.1).



Gambar 1.1



Area kerja Photoshop ini terdiri dari beberapa set standar yaitu sebagai berikut:

• Tools panel : disini terdapat berbagai tools yang biasa digunakan dalam membuat dan memanipulasi sebuah foto/gambar seperti move tool, seleksi, crop, dll. Tools-tools ini juga dikelompokkan berdasarkan denis dan kegunaannya.
• Options bar : dibagian ini akan ditampilkan pilihan-pilihan terkait tools yang sedang aktif.
• Windows OS menu : bagian ini merupakan kumpulan menu-menu yang ada pada photoshop dan dikelompokkan berdasarkan kategorinya, sama dengan menu pada program aplikasi pada umumnya. Pada photoshop CS6 terdapat beberapa menu seperti File, Edit, Image, Layer, Type, Select, Filter, View, Window, dan Help
• Tabbed Window Documents: area ini merupakan tempat objek atau gambar yang sedang diedit berada. Jendela ini merupakan tampilan tab, sehingga memudahkan kita beralih dari gambar satu ke gambar yang lainnya.
• Photoshop panel : ini merupakan jendela melayang yang memberikan informasi serta pilihan dan pengaturan berbagai parameter disaat kita mengedit sesuatu di photoshop. Kita bisa membuka panel yang kita butuhkan dengan mengklik judul tab yang ada di bagian ini. Secara default, panel ini sudah ditampilkan namun kita dapat mengatur apa saja yang ingin kita tampilkan.
• Status Bar : dibagian ini akan ditampilkan berbagai informasi seperti ukuran gambar, ukuran file, waktu atau keterangan tool yang sedang aktif.

BAB 2 BERMAIN WARNA
Dalam fotografi ada beberapa hal mendasar yang menjadi kekautan sebuah foto, salah satunya adalah warna. Warna dalam fotografi sangatlah penting karena ia adalah salah satu kekuatan yang membuat foto menjadi menarik, tapi bukan berarti foto yang tidak memiliki warna tidak baik ataupun bagus. Warna apapun dapat dinyatakan dalam tiga warna dasar (RGB) yaitu merah, hijau, dan biru. Cara menyatakan warna yang lain adalah dengan mode HSL yaitu Hue, Saturation, dan Lightness. Mode lain adalah CMYK (Cyan, Magenta, Yellow, Black).
Dalam bab ini, akan dibahas bagaimana Anda bisa bermain – main dengan warna lewat adobe photoshop. Software ini memungkinkan Anda untuk melakukan manipulasi terhadap warna yang ada dalam foto. Berikut beberapa teknik merusak warna yang dapat dengan mudah kita terapkan di Adobe Photoshop CS6.

1.1 Black and White Photography
Bermain dengan fotografi hitam putih bukan berarti foto Anda menjadi kurang menarik, dengan menggunakan warna hitam putih dalam foto maka akan memberikan kesan mendalam. Biasanya teknik memotret atau mengubah warna menjadi hitam putih digunakan oleh para street photographer dan juga para fotografer yang senang memotret human Interest, namun pendekatan Black and White ini juga bukan tidak mungkin jika digunakan dalam genre foto lain.
Ketika memakai Photoshop, cara terbaik untuk mendapatkan gambar hitam putih yang maksimal adalah dengan memakai fitur yang ada pada editing RAW format. Namun bukan berarti jika kamera tidak memiliki Format RAW anda tidak bisa menghasilkan foto hitam putih lewat Photoshop,berikut beberapa teknik/ tutorial yang dapat diterapkan untuk menghasilkan foto hitam putih menggunakan Software Adobe Photoshop CS6.


  1. Membuat Foto Hitam Putih Lewat Fitur Black and White
    Pada dasarnya ketika Anda mengonversi gambar menjadi berwarna hitam dan putih, Anda mengkombinasikan 3 channels (red, green, and blue) data ke Grayscale channels.
    Salah satu cara untuk mengubah warna menjadi hitam putih adalah dengan menggunakan satu channels diantara 3 channels yang dimilki oleh foto dengan warna standar dengan photoshop CS6. Kalian bsia melakukan dengan mudah. Kalian hanya perlu pilih Adjustment Black and White, setelah itu muncul slider yang dapat Andagunakan untuk mengatur warna hitam dan putih dalam foto, untuk contoh lihat foto dibawah ini.





Gambar 1.2



Langkah – langkah untuk mengubah foto tersebut menjadi hitam putih adalah sebagi berikut:
• Buka file foto yang akan anda edit.
• Setelah anda membuka foto tersebut, buka black and white tools dengan menekan image adjustment back and white.
• Selanjutnya akan keluar box dengan fitur yang memudahkan Anda untuk mengatur bagian mana yang akan Anda ubah.



Gambar 1.3



• Box ini akan membantu anda dalam mendapatkan warna hitam dan putih yang maksimal. Untuk hasil yang cepat, saya akan menggunakan preset dalam fitur ini.
• Ubah fitur preset yang ada di atas menjadi green filter dan ubah channels green yang ada dalam gambar menjadi -35, blues menjadi 14, dan reds menjadi 14.
• Hasilnya, anda telah mengubah sebuah gambar berwarna menjadi gambar hitam putih.



Gambar 1.4



Sebenarnya masih banyak cara lain untuk mengubah warna gambar menjadi hitam putih, seperti dengan memakai channel mixer dan juga gradient map, namun fitur ini merupakan salah satu fitur yang paling mudah dalam membuat warna hitam putih secara costumized.
2. Membuat Foto Hitam Putih Lewat Fitur Camera RAW
Dalam bab sebelumnya, dijelaskan bagaimana caranya mendapatkan foto dengan format RAW. Seperti yang kita ketahiu, untuk meng-edit foto dengan fitur camera RAW dibutuhkan source foto yang bentuknya RAW pula, hal yang perlu diingat adalah RAW tidak bisa di – setting lewat Photoshop, ia harus di – setting lewat kamera dan tidak setiap kamera digital memiliki setting-an RAW.
Membuat foto hitam putih lewat Camera RAW memang tidak sepraktis jika menggunakan fitur black and white di atas, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan namun dengan menggunakan fitur Camera RAW kita bisa memunculkan detail ysng tidak bia didapatkan lewat fitur black and white setting.
1. Hal pertama, buka fitur Camera RAW yang ada pada Photoshop CS6. Caranya, buka file jpg yang bertandakan CR2 di photoshop Anda. Secara otomatis jika anda memotret dengan fitur RAW dalam kamera, maka foto Anda akan menjadi dua file. Pertama adalah file jpg dan yang kedua adalah File CR2. Jika Anda membuka file RAW yang benar makan akan keluar tampilan seperti ini.



Gambar 1.5




  1. Pilih fitur HSL/Grayscale yang letaknya di panel keempat dari kiri. Setelah muncul slider, klik dialog box convert to grayscale. Fitur ini berfungsi untuk secara otomatis membuat foto menjadi grayscale. Lakukan editing secukupnya, usahan warna hitam putih yang dikeluarkan terlihat flat.





Gambar 1.6




  1. Sekarang saya akan menaikkan kontras dari gambar yang tadi sudah diubah menjadi hitam putih. Mari masuk ke basic panel. Letaknya ada di ujung paling kiri urutan panel yang ada di Camera RAW. Pertama anda harus mengubah slider exposure-nya menjadi -0.30. Selanjutnya, naikkan contrast menajdi +60, kemudian turunkan highlights -31, dan berikan +37 untuk shadow.





Gambar 1.7



4. Selanjutnya gunakan slider whites and black untuk membuat warna hitam dan putih yang ada dalam foto ini menjadi lebih kental. Slinder ini berfungsi uintuk mengurangi atau menambah kepekatan warna hitam atau putih didalam foto. Untuk membuat warna putih lebih keluar, masukkan +83 dan berikan -43 untuk membuat warna hitam menjadi lebih pekat.
5. Untuk membuat kontrasnya menjadi lebih tinggi, anda masuk ke tone curve dan ubah settimg-nya menjadi strong contast. Jika anda merasa kontrasnya terlalu kuat, anda bisa menguranginya dengan menggunakan adjustment brush di bagian tanah dan juga beberapa pohon yang terlihat gelap. Klik save image, dan convert ke file yang ana inginkan. Sekarang anda telah memiliki foto hitam putih yang baik.



Gambar 1.8



Nah, tadi adalah penjelasan bermain warna tentang black and white di photoshop, makasih telah membaca artikel ini dan semoga bermanfaat.

DAFTAR PUSTAKA
https://saygraphic.wordpress.com/2013/04/27/cara-pro-membuat-foto-menjadi-bw-di-photoshop
https://www.merdeka.com/teknologi/tutorial-efek-instagram-pada-foto-biasa-dengan-photoshop-teknotips.html
Previous Post
Next Post

0 komentar:

"Kalau mau Copy-Paste artikel boleh saja, tapi sumbernya ke blog ini"