Friday, February 23, 2018

Ternyata sulit membuat logo di Photoshop

Graphic Logo Design Modern
Disini kalian akan mempelajari proyek pembuatan desain logo grafik yang menampilkan simbol atau identitas perusahaan secara singkat Logo grafik digunakan oleh beberapa perusahaan. Biasanya kalangan perusahaan/bisnis lainnya membuatuhkan logo yang terlihat amat profesional di mata costumer dengan desain logo yang berkualitas, unik, simple, menarik serta mudah di ingat. Dengan logo yang baik dan bagus akan memberikan kesan profesional di mata customer dan tentu juga menarik bagi calon costumer lainnya.
Logo grafik merupakan logo yang dibentuk dengan cara mengolah suatu bentuk sebagai elemen dasarnya. Selain itu, Anda juga dapat membuat logo karakter dengan menggunakan coretan grafis sebagai elemen dasar. Berikut adalah beberapa contoh logo grafik yang dibentuk berdasarkan pada coretan garis ataupun bentuk yang akan menjadi bahan latihan pada artikel ini.
Biasanya para desainer membuat logo dengan photoshop, corel draw dan adobe illustrator. Nah untuk anda yang ingin belajar membuat logo dengan photoshop, disini saya telah membuat tutorial cara membuat logo dengan photoshop sebagaimana anda bisa memahami langkah-langkah dasar membuat logo dengan photoshop. Langsung saja berikut langkah-langkah sederhana cara membuat logo dengan photoshop lengkap dengan contoh gambar, yuk simak

Contoh Logo Grafik



Gambar 1. Logo Jadi

Cara membuat logo seperti Logo nomer 1
Ikutilah langkah- langkah berikut ini:
1. Pilih menu FILE > NEW untuk membuat file gambar baru dengan kanvas berbentuk persegi empat.
2. Selanjutnya akan muncuk jendela NEW seperti gambar berikut



Gambar 2. Jendela NEW


  1. Pada jendela tersebut tentukan ukuran panjang kanvas dengan memberikan nilai sesuka anda di kotak Width . Disini saya memakai Width = 1000 pixels.

  2. Dan tentukan ukuran lebar kanvas dengan memberikan nilai pada kotak Height terserah anda. Saya menggunakan Heigth = 600 pixels.

  3. Selanjutnya tentukan resolusi gambar dengan memasukkan nilai pada kotak Resolution. Biasanya saya menggunakan Resolution = 300 pixels/inch.

  4. Lalu tentukan warna beckgroundnya dengan memilih di kotak Background Content. Saya menggunakan Background Content = White.

  5. Lalu klik OK





Gambar 3. Tampilan File Gambar Baru


  1. Lalu klik Rectangel Tool atau langsung tekan pada keyboard (U)





Gambar 4. Letak Rectangel Tool


  1. Selanjutnya, buatlah sebuah persegi dengan cara tekan pada area tertentu, lalu tahan dan tarik kearah diagonal sambil menekan tombol Shift agar ukurannya simetris.





Gambar 5. Membuat sebuah persegi
10. Lalu tekan Ctrl+T untuk memunculkan transform, lalu ubahlah rotation nya menjadi 45ยบ lalu klik Enter agar menjadi seperti gambar berikut



Gambar 6. Letak Rotation



Gambar 7. Merotasi persegi
11. Selanjutnya tekan ruller lalu tariklah kedalam kanvas, secara otomatis akan muncul garis warna cyan. Jika tidak terdapat ruller maka tekan lah Ctrl+R



Gambar 8. Letak Ruller dan garis birunya
12. Lalu bentuklah seperti gambar seperti di bawah ini untuk membantu membuat objek selanjutnya.



Gambar 9. Membentuk garis dari Ruller


  1. Lalu tekan Ctrl+Shift+N untuk membuat layer baru. Lalu klik Pen Tool atau langsung tekan P untuk shortcut nya





Gambar 10. Letak Pen Tool


  1. Klik pada bagian ujung bawah objek untuk memulai objek Pen Tool. Lalu geser mouse dan arahkan seperti gambar berikut lalu klik kiri pada mouse





Gambar 11. Objek Pen Tool

 


  1. Setelah itu tekanlah Ctrl+Enter untuk mengubahnya menjadi sebuah seleksi.





Gambar 12. Objek yang telah diseleksi
16. Lalu klik kanan pada layer persegi ini lalu pilihlah Rasterize Layer untuk mengubahnya menjadi objek yang sebelumnya berupa shapes.



Gambar 13. Letak Rasterize Layer
17. Lalu klik Backspace untuk menghapus bagian yang telah diseleksi tadi. Dan hasilnya seperti gambar berikut. Lalu klik Ctrl+D untuk menghapus seleksinya



Gambar 14. Objek yang dihapus


  1. Sekarang bagian yang kiri. Caranya sama seperti bagian yang kanan.

  2. Klik pada bagian ujung bawah objek untuk memulai objek Pen Tool. Lalu geser mouse dan arahkan seperti gambar berikut lalu klik kiri pada mouse.





Gambar 15. Objek Pen Tool


  1. Setelah itu tekanlah Ctrl+Enter untuk mengubahnya menjadi sebuah seleksi.





Gambar 16. Objek yang telah diseleksi


  1. Lalu klik Backspace untuk menghapus bagian yang telah diseleksi tadi. Dan hasilnya seperti gambar berikut. Lalu klik Ctrl+D untuk menghapus seleksinya





Gambar 17. Objek yang telah dihapus
22. Lalu klik Rectangular Marquee Tool atau tekan (M) untuk shortcutnya. Tool ini berfungsi membuat sebuah seleksi yang berbentuk persegi



Gambar 18. Letak dari Rectangular Marquee Tool.


  1. Lalu buatlah sebuah persegi menggunakan Rectangular Marquee Tool seperi gambar di bawah ini.





Gambar 19. Bentuk seleksi dari Rectangular Marquee Tool.


  1. Lalu klik Backspace untuk menghapus bagian yang telah diseleksi tadi. Lalu klik Ctrl+D untuk menghapus seleksinya.





Gambar 20. Objek yang telah dihapus
25. Lalu kita akan menggandakan bagian tertentu. Dengan cara menyeleksi menggunakan Pen Tool, sama seperti menghapus bagian objek yang diatas. Tekan Puntuk Pen Tool. Lalu mulailah menseleksi bagian yang mau di gandakan.



Gambar 21. Objek Pen Tool
26. Lalu tekan Ctrl+Enteruntuk mengubahnya menjadi sebuah seleksi



Gambar 22. Objek yang telah diseleksi


  1. Lalu klik layer dari logo, setelah itu tekan Ctrl+Juntuk menggandakan objek yang sudah di seleksi tadi. Maka akan muncul layer baru yang berisi area yang telah kita seleksi tadi.





Gambar 23. Layer baru hasil duplicate


  1. Lakukan hal yang sama pada sisi bagian kiri. Tekan P untuk Pen Tool. Lalu mulailah menseleksi bagian kiri yang di gandakan.





Gambar 24. Objek Pen Tool
29. Lalu tekan Ctrl+Enteruntuk mengubahnya menjadi sebuah seleksi



Gambar 25. Objek yang telah diseleksi


  1. Lalu klik layer dari logo, setelah itu tekan Ctrl+Juntuk menggandakan objek yang sudah di seleksi tadi. Maka akan muncul layer baru yang berisi area yang telah kita seleksi tadi.





Gambar 26. Layer baru hasil duplicate


  1. Selanjutnya mengubah warna dari logo.Tapi saya mewarnainya menggunakan gradient. Dengan cara klik kanan pada layer logo kalian lalu pilih Blending Options, lalu akan muncuk jendela seperti ini





Gambar 27. Jendela Layer style
32. Kemudian, klik Gradient Overlay, lalu ubahlah warnanya dengan cara mengklik kotak bewarna putih gradient dengan hitam.



Gambar 28. Pengaturan Gradient Overlay


  1. Hasilnya seperti ini. Dan lakukan hal yang sama pada kedua layer hasil digandakan tadi





 

Gambar 29. Hasil setelah diberi Gradient overlay
34. Dan logo pun sudah jadi. Beginilah hasil akhir pembuatan logo ini.



Gambar 30. Hasil setelah semuanya diberi Gradient overlay


  1. Lalu simpanlah dengan caranya Menu File – Save as – Namai lah file dengan keinginan kalian dan ubahlah format file sesuai dengan kebutuhan.



Demikian tutorial cara membuat desain logo dengan photoshop desain kreatif untuk logo bisnis. Semoga dengan adanya contoh logo diatas bisa memberikan ide atau inspirasi lain untuk anda. Beri masukkan anda ke kolom komentar dibawah ini jika ada kekurangan atau kelebihan pada artikel cara membuat logo dengan photoshop ini, supaya saya bisa terus belajar untuk memberikan yang terbaik. Dan bisa menciptakan karya-karya yang lebih keren lagi. Jika anda senang dengan artikel cara membuat logo dengan photoshop, jangan lupa di share ke teman-teman yang lain :).
Terima kasih.

Sumber buku: Desain Logo Interaktif oleh

Pencipta: Mikael Sugianto & Smitdev Community,

Penerbit: Elex Media Komputindo
Previous Post
Next Post

0 komentar:

"Kalau mau Copy-Paste artikel boleh saja, tapi sumbernya ke blog ini"