Friday, May 25, 2018

Mengganti Background Foto Dengan Adobe Photoshop Bagi Pemula

 

Belajar Photoshop bagi pemula memang cukup rumit. Bila ingin cepat maka kenali terlebih dahulu apa itu Photoshop dan apa saja fitur atau tool yang ada pada Photoshop beserta fungsinya.

Selain itu belajar photoshop dengan cepat bisa menggunakan tutorial – tutorial yang ada di Youtube, Web, ataupun artikel.

Di artikel ini, kita akan membahas bagaimana cara mengubah background foto bagi pemula dengan menggunakan Adobe Photoshop.

Background ( Latar Belakang ) foto terkadang perlu di ubah untuk keperluan tertentu.

Misalnya, background dalam foto sangat tidak sesuai dengan peristiwa yang terjadi.

[perfectpullquote align="full" bordertop="false" cite="" link="" color="" class="" size=""]Mengubah background foto tidak hanya untuk keperluan resmi, tetapi juga dapat mengubah background foto menjadi lebih menarik.[/perfectpullquote]

Bagi pemula yang perlu kita ketahui adalah fitur – fitur pada Photoshop yang akan kita gunakan, Berikut adalah beberapa fitur Photoshop yang perlu kita ketahui :

1.Layer

Layer merupakan lapisan-lapisan yang membentuk suatu gambar pada saat proses editing di Photoshop. Lapisan-lapisan ini dapat berupa gambar, teks/tulisan, maupun objek lain yang dibuat bertumpuk satu sama lain. Dengan adanya Layers, memungkinkan Anda untuk mengedit sebuah objek tanpa mengganggu objek yang lain Sebagai contoh, jika Anda sedang mengedit gambar A maka gambar B tidak akan terpengaruh.



2. Zoom tool

Pada option bar akan terlihat macam-macam pengaturan yaitu :




  • Zoom mode, berfungsi untuk mengatur mode dari zoom itu sendiri yaitu apakah ingin zoom in maupun zoom out.

  • Zoom type, berfungsi untuk mengatur tipe dari zoom kita. Berisi Resize Windows To Fit (untuk resize jendela dokumen), Zoom all Windows (untuk zoom seluruh jendela yang terbuka), dan Scrubby Zoom (tipe zoom dengan cara tarik ke kanan maupun kiri)

  • Direct Zoom, ini adalah jalan pintas untuk zoom secara langsung. Ada 100% (untuk zoom gambar 100% sesuai resolusi), Fit Screen (zoom supaya pas dengan layar), Fill Screen (zoom secara penuh dan pas dengan layar).



3. Hue, Saturation, and Lightness

Hue / Saturation salah satu yang harus anda tahu karna ini juga sering digunakan. fungsinya untuk memberikan komposisi warna pada gambar secara  keseluruhan dan lebih spesifik. silahkan lihat tutorial penerapannya untuk lebih mengerti.




  • Hue adalah apa yang biasanya kita sebut sebagai ‘warna’ dalam bahasa sehari-hari. Untuk pelukis, istilah ‘hue’ berarti kombinasi dari warna-warna dasar; dengan kata lain, merah, hijau, biru atau kuning (RGB). Sementara fotografer biasanya membayangkan hue sebagai satu warna tertentu.

  • Saturation menunjukkan intensitas dari hue. Warna-warna dasar yang terang adalah warna dengan saturation tinggi, sementara warna-warna pastel saturation-nya rendah. Monochrome (hitam dan putih) seluruhnya tidak memiliki saturation karena tidak punya intensitas warna di dalamnya.

  • Lightness (yang kadang-kadang disebut juga sebagai ‘value’ atau ‘tone’) berhubungan dengan tajam atau tidaknya sebuah warna – atau tingkat hitam atau putih pada skala warna. Sebuah warna dengan value yang rendah berarti lebih dekat dengan hitam, sementara yang memiliki value tinggi lebih dekat dengan putih.



4. Selection Tool

5. Move Tool – Shortcut (V), alat ini digunakan untuk memindahkan posisi layer dalam satu foto ataupun memindahkan sebuah foto atau layer dalam sebuah foto ke foto yang lain/ foto yang berbeda.

6. Rectangular Marquee Tool– Shortcut (M), alat ini digunakan untuk menyeleksi objek yang berbentuk kotak. Untuk membuat seleksi berbentuk persegi atau persegi panjang. Caranya, klik lalu drag seluas daerah yang diinginkan. Untuk membuat bentuk segi empat, kotak, atau persegi sempurna, caranya tekan dan tahan tombol Shift pada keyboard, lalu klik dan drag seluas atau sebesar yang diinginkan.

7. Eliptical Marquee Tool– Mirip dengan Rectangular Marquee Tool. Untuk membuat seleksi berbentuk elips atau lingkaran. Caranya klik dan drag sebesar yang kita inginkan. Untuk membuat bentuk lingkaran sempurna, caranya tekan dan tahan tombol Shift pada keyboard, lalu klik dan drag seluas atau sebesar yang diinginkan, alat ini digunakan untuk menyeleksi objek yang berbentuk lingkaran seperti menyeleksi lingkaran mata, ban mobil dan objek lain.

8. Lasso Tool– Shortcut (L), digunakan untuk menyeleksi objek dengan bentuk bebas, alat ini akan membentuk seleksi sesuai dengan gerakan mouse, penggunaan alat ini sangat bergantung dengan gerakan mouse sehingga cukup sulit mengendalikan dan mencapai hasil yang maksimal. Cara menggunakan tool ini, klik dan tahan, bentuk sesuai keinginan, dan hubungkan ujung-ujung garis. Jika garis belum terhubung tetapi klik sudah dilepas, ujung-ujungnya akan otomatis terhubung lurus.

9. Polygonal Lasso Tool– Shortcut (L), Untuk membuat seleksi berbentuk poligon. Poligon adalah bidang dengan beberapa sisi. digunakan untuk menyeleksi objek dengan bentuk bebas bersudut, alat ini membentuk seleksi melalui titik-titik point yang dibuat dengan menggunakan klik kiri mouse.

Magnetic Lasso Tool– Shortcut (L), digunakan untuk menyeleksi objek dengan bentuk bebas, cara kerja alat ini adalah menempel pada tepi objek yang akan dipotong ketika mouse bergerak mengelilingi tepian objek, selama proses seleksi alat ini membentuk titik-titik penghubung seleksi.

10. Magic Wand Tool– Shortcut (W), Untuk membuat seleksi dengan tongkat ajaib. hehe. Sebenarnya ini hampir sama dengan Quick Selection Tool, tapi dengan cara menyesuaikan warna yang ada pada gambar. Digunakan untuk  menyeleksi satu jenis warna (warna solid) pada foto.Sebenarnya ini hampir sama dengan Quick Selection Tool, tapi dengan cara menyesuaikan warna yang ada pada gambar.

Berikut adalah tutorial mengganti background foto menggunakan Photoshop


  1. Export foto yang akan di ganti backgroundnya ke dalam Photoshop




 
Previous Post
Next Post

0 komentar:

"Kalau mau Copy-Paste artikel boleh saja, tapi sumbernya ke blog ini"