Aplikasi Pemodelan 3 Dimensi Blender






Sejarah Blender





Pada tahun 1988 Ton Roosendaal mendanai perusahaan yang bergerak dibidang animasi yang dinamakan NeoGeo. NeoGeo adalah berkembang pesat sehingga menjadi perusahaan animasi terbesar di Belanda dan salah satu perusahaan animasi terdepan di Eropa. Ton Roosendaal selain bertanggung jawab sebagai art director juga bertanggung jawab atas pengembangan software internal.





Pada tahun 1995 munculah sebuah software yang pada akhirnya dinamakan Blender. Setelah diamati ternyata Blender memiliki potensi untuk digunakan oleh artis –artis diluar NeoGeo. Lalu pada tahun 1998 Ton mendirikan perusahaan yang bernama Not a Number (NaN) Untuk mengembangkan dan memasarkan Blender lebih jauh. Cita – cita NaN adalah untuk menciptakan sebuah software animasi 3D yang padat, cross platform yang gratis dan dapat digunakan oleh masyarakat computer yang umum.





Sayangnya ambisi NaN tidak sesuai dengan kenyataan pasar saat itu. Tahun 2001 NaN dibentuk ulang menjadi perusahaan yang lebih kecil NaN lalu meluncurkan software komersial pertamanya, Blender Publisher. Sasaran pasar software ini adalah untuk web 3D interaktif. Angka penjualan yang rendah dan iklim ekonomi yang tidak menguntungkan saat itu mengakibatkan NaN ditutup. Punutupan ini termasuk penghentian terhadap pengembangan Blender.





Karena
tidak ingin Blender hilang ditelan waktu begitu saja, Ton Roosendaal mendirikan
organisasi non profit yang bernama Blender Foundation. Tujuan utama Blender
Foundation adalah terus mempromosikan dan mengembangkan Blender sebagai proyek
open source. Pada tahun 2002 Blender dirilis ulang dibawah syarat – syarat GNU General Public License.





Pengertian
Blender dan Kegunaannya





Blender merupakan OSS (Open Source SOftware) atau istilah lainnya software yang dapat di gunakan di berbagai macam OS (Operating System). Ini digunakan untuk dikembangkan secara komersial, tetapi sekarang dirilis di bawah GPL (GNU General Public License).





Untuk spekifikasi yang dibutuhkan
untuk penginstallan software ini sangatlah sederhana





  • Intel pentium III atau lebih/ AMD dsbg
  • Ram 64Mb
  • VGA 4Mb
  • Disk Space 35Mb
  • Windows 2000 dan lebih, Linux.




Target di profesional media dan seniman, Blender dapat digunakan untuk membuat visualisasi 3D, stills serta siaran dan video berkualitas bioskop, sedangkan penggabungan mesin 3D real-time memungkinkan penciptaan konten 3D interaktif untuk pemutaran yang berdiri sendiri. Blender memiliki berbagai macam kegunaan termasuk pemodelan, menjiwai, rendering, texturing, menguliti, rigging, pembobotan, editing non-linear, scripting, composite, post-produksi dan banyak lagi.





Blender tersedia untuk berbagai
sistem operasi, seperti:





  • Microsoft Windows
  • Mac OS X
  • Linux
  • IRIX
  • Solaris
  • NetBSD
  • FreeBSD
  • OpenBSD.




Perangkat lunak ini berlisensi GPL (GNU General Public License) dan kemudian kode sumbernya tersedia dan dapat diambil siapa saja.





Fitur –
Fitur Blender





Blender
memiliki fitur sama kuat mengatur dalam lingkup dan kedalaman ke ujung lain
tinggi 3D software seperti Softimage XSI, Cinema 4D, 3ds Max dan Maya.
Perangkat lunak ini berisi fitur yang merupakan ciri khas dari model perangkat
lunak high-end. Ini adalah Open
Source yang paling populer grafis 3D aplikasi yang tersedia, dan merupakan
salah satu yang paling didownload dengan lebih dari 200.000 download dari rilis
masing-masing.





Source : http://www.pintarkomputer.org/2017/02/mengenal-fitur-pada-software-blender.html




Fitur
termasuk:





  • Model : Obyek 3D tipe, termasuk jerat poligon, permukaan NURBS, Bezier dan kurva       B-spline ; multi resolusi patung kemampuan; Modifier stack deformers; model Mesh; Python Scripting
  • Rigging : Skeleton kode ciptaan; Skinning ; lapisan Bone ; B-splines interpolated tulang
  • Animasi : Animasi editor non-linear; Vertex framing kunci untuk morphing, animasi Karakter berpose editor; deformers animasi, pemutaran Audio; sistem kendala animasi
  • Rendering : Raytracer inbuilt; over sampling, blor gerak, efek pasca produksi, ladang, non-square pixel, lapisan Render dan melewati; Render baking ke peta UV, Efek termasuk halo, suar lensa, kabut, vektor motion-blur proses pasca- , dan proses pasca-defocus; Ekspor naskah untuk penyaji eksternal
  • UV unwrapping : Laurent dan metode Berdasarkan Sudut unwrapping; unwreapping berdasarkan jahitan; fall off  proporsional mengedit peta UV
  • Shading : Membaur dan shader specular; Node editor; hamburan Bawah, shading Tangent; peta Refleksi
  • Fisika dan Partikel : Sistem Partikel dapat dilampirkan ke mesh objek; simulator Fluida; solver Realtime tubuh lembut
  • Imaging dan Komposisi : Multilayer Open EXR dukungan; filter node komposit, konverter, warna dan operator vektor; 8 mendukung prosesor; sequencer realtime dekat; Bentuk gelombang dan U / V menyebar plits
  • Realtime 3D/Game Penciptaan : Editor grafis logika; Bullet Fisika dukungan Perpustakaan; jenis Shape: polyhedron Convex, kotak, bola, kerucut, silinder, kapsul, majemuk, dan mesh segitiga statis dengan mode auto penonaktifan; tabrakan Diskrit; Dukungan untuk kendaraan dinamika; Mendukung semua modus pencahayaan OpenGL; Python scripting; Audio
  • Lintas Platfrom dengan GUI OpenGL seragam pada semua Platfrom ,siap untuk digunakan untuk semua versi windows (98, NT, 2000, XP), Linux,OS X , FreeBSD, Irix, SUN dan berbagai Sistem Oprasi lainnya
  • Kualitas tinggi arsitektur 3D yeng memungkinkan penciptaan cepat dan efisiens
  • Lebih dari 200.000 download (pengguna) dari seluruh dunia
  • Diekseskusi berukuran kecil, dan distribusi rendah




Kelebihan
Blender





Blender
adalah salah satu software open source yang digunakan untuk membuat konten
multimedia khusunya 3 Dimensi, ada kelemahan dan beberapa kelebihan yang
dimiliki Blender dibandingkan software sejenis. Berikut kelebihannya :





  • Open Source




Blender
merupakan salah satu software open source, dimana kita bisa bebas memodifikasi
source codenya untuk keperluan pribadi maupun komersial, asal tidak melanggar
GNU General Public License yang digunakan Blender.





  • Multi Platform




Karena
sifatnya yang open source, Blender tersedia untuk berbagai macam operasi sistem
seperti Linux, Mac dan Windows. Sehingga file yang dibuat menggunakan Blender
versi Linux tak akan berubah ketika dibuka di Blender versi Mac maupun Windows.





  • Update




Dengan
status yang Open Source, Blender bisa dikembangkan oleh siapapun. Sehingga
update software ini jauh lebih cepat dibandingkan software sejenis lainnya.
Bahkan dalam hitungan jam, terkadang software ini sudah ada update annya.
Update an tersebut tak tersedia di situs resmi blender.org melainkan di
graphicall.org





  • Free




Blender
merupakan sebuah software yang Gratis Blender gratis bukan karena tidak laku,
melainkan karena luar biasanya fitur yang mungkin tak dapat dibeli dengan uang,
selain itu dengan digratiskannya software ini, siapapun bisa berpartisipasi
dalam mengembangkannya untuk menjadi lebih baik. Gratisnya Blender mendunia
bukan seperti 3DMAX , lainnya yang di Indonesia Gratis membajak . Tak perlu
membayar untuk mendapatkan cap LEGAL. Karena Blender GRATIS dan LEGAL





  • Lengkap




Blender
memiliki fitur yang lebih lengkap dari software 3D lainnya. Coba cari
software 3D selain Blender yang di dalamnya tersedia fitur Video editing, Game Engine, Node Compositing, Sculpting.





  • Ringan




Blender
relatif ringan jika dibandingkan software sejenis. Hal ini terbuti dengan
sistem minimal untuk menjalankan Blender. Hanya dengan RAM 512 dan prosesor
Pentium 4 / sepantaran dan VGA on board, Blender sudah dapat berjalan dengan
baik namun tidak bisa digunakan secara maksimal. Misal untuk membuat highpolly akan sedikit lebih lambat.





  • Komunitas Terbuka




Tidak perlu
membayar untuk bergabung dengan komunitas Blender yang sudah tersebar di dunia.
Dari yang newbie sampai yang sudah advance terbuka untuk menerima masukan dari
siapapun, selain itu mereka juga saling berbagi tutorial dan file secara
terbuka. Salah satu contoh nyatanya adalah OPEN MOVIE garapan Blender Institute





Tampilan Awal Pada Blender :





Source : sumber belajar.xyz




Anda dapat juga melihat video pengenalan aplikasi 3D Blender berikut :






https://youtu.be/tDSCjrtY9WU





https://youtu.be/EuxoW-zZi54





http://youtu.be/MsCxpt9YmXQ




Sumber Materi :





1. https://dsbunny.wordpress.com/2015/05/26/sejarah-pengertian-dan-kegunaan-dari-aplikasi-blender-3d/





2. http://www.pintarkomputer.org/2017/02/mengenal-fitur-pada-software-blender.html






















Comments

Post a Comment

"Kalau mau Copy-Paste artikel boleh saja, tapi sumbernya ke blog ini"