Aplikasi Pemodelan 3D Blender






Di era digital, pasti kalian pernah melihat karya 3D di beberapa  aplikasi. Seperti kartun, robot, otomotif,
peralatan, dan lain sebagainya. Tahukah kalian jika dibalik karya karya 3D itu, dibantu oleh aplikasi – aplikasi
3D. Seperti Blender, 3D Max, dll. Dan aplikasi tersebut juga
mempunyai sebuah sejarah terbentuknya, salah satunya pada aplikasi Blender.   





Pada tahun 1988 Ton Roosendaal mendanai perusahaan yang bergerak
dibidang animasi yang dinamakan NeoGeo. NeoGeo adalah berkembang pesat sehingga
menjadi perusahaan animasi terbesar di Belanda dan salah satu perusahaan
animasi terdepan di Eropa. Ton Roosendaal selain bertanggung jawab sebagai art director juga bertanggung jawab atas
pengembangan software internal.





Pada tahun 1995 muncullah sebuah software yang pada akhirnya dinamakan Blender. Setelah diamati ternyata Blender memiliki potensi untuk digunakan oleh artis –artis diluar
NeoGeo. Lalu pada tahun 1998 Ton mendirikan perusahaan yang bernama Not a
Number (NaN) Untuk mengembangkan dan memasarkan Blender lebih jauh. Cita – cita NaN adalah untuk menciptakan sebuah
software animasi 3D yang padat, cross
platform
yang gratis dan dapat digunakan oleh masyarakat computer yang umum.





Sayangnya ambisi NaN tidak sesuai dengan kenyataan pasar saat itu.
Tahun 2001 NaN dibentuk ulang menjadi perusahaan yang lebih kecil NaN lalu
meluncurkan software komersial
pertamanya, Blender Publisher.
Sasaran pasar software ini adalah
untuk web 3D interaktif. Angka
penjualan yang rendah dan iklim ekonomi yang tidak menguntungkan saat itu
mengakibatkan NaN ditutup. Punutupan ini termasuk penghentian terhadap
pengembangan Blender.





Karena tidak ingin Blender hilang
ditelan waktu begitu saja, Ton Roosendaal mendirikan organisasi non profit yang
bernama Blender Foundation. Tujuan
utama Blender Foundation adalah mempromosikan
dan mengembangkan Blender sebagai proyek open
source
. Pada tahun 2002 Blender dirilis
ulang dibawah syarat – syarat GNU General
Public License.





Setelah kita mengetahui sejarah
Blender
itu sendiri, sekarang kita akan membahas tentang apa itu Blender.





Blender
merupakan OSS (Open Source
SOftware)
atau istilah lainnya software
yang dapat di gunakan di berbagai macam OS
(Operating System).
Ini digunakan untuk dikembangkan secara komersial,
tetapi sekarang dirilis di bawah GPL (GNU
General Public License).





Setelah pengertian tadi, kita akan mengetahui juga tentang cara
menginstall Blender layout. Untuk
spekifikasi yang dibutuhkan untuk penginstallan software ini sangatlah sederhana





Intel
pentium III atau lebih/ AMD dsbg





Ram
64Mb





VGA
4Mb





Disk
Space 35Mb





Windows
2000 dan lebih, Linux.





Target di profesional media dan seniman, Blender dapat digunakan untuk membuat visualisasi 3D, stills serta siaran dan video
berkualitas bioskop, sedangkan penggabungan mesin 3D real-time memungkinkan penciptaan konten 3D interaktif untuk pemutaran yang berdiri sendiri. Blender memiliki berbagai macam kegunaan
termasuk pemodelan, menjiwai, rendering,
texturing
, menguliti, rigging,
pembobotan, editing non-linear,
scripting, composite, post-produksi
dan banyak lagi.





Blender juga tersedia untuk berbagai sistem operasi, seperti:





Microsoft
Windows





Mac
OS X





Linux





IRIX





Solaris





NetBSD





FreeBSD





OpenBSD.





Perangkat lunak ini berlisensi GPL
(GNU General Public License)
dan kemudian kode sumbernya tersedia dan dapat
diambil siapa saja.





Berikut adalah fitur – fitur yang ada pada aplikasi Blender :





Blender
memiliki fitur sama kuat mengatur dalam lingkup dan kedalaman ke
ujung lain tinggi 3D software seperti
Softimage | XSI, Cinema 4D, 3ds Max dan
Maya.





Perangkat lunak ini berisi fitur yang merupakan ciri khas dari
model perangkat lunak high-end. Ini
adalah Open Source yang paling
populer grafis 3D aplikasi yang
tersedia, dan merupakan salah satu yang paling didownload dengan lebih dari 200.000 download dari rilis masing-masing.





Dan fitur termasuk pada aplikasi Blender :





Model: Obyek 3D tipe,
termasuk jerat poligon, permukaan NURBS,
Bezier
dan kurva B-spline;
multiresolusi patung kemampuan; Modifier
stack deformers
; model Mesh; Python
Scripting





Rigging:
Skeleton
kode ciptaan; Skinning;
lapisan Bone; B-splines interpolated
tulang





Animasi: animasi editor non-linear;
Vertex framing kunci untuk morphing, animasi Karakter berpose
editor; deformers animasi, pemutaran
Audio; sistem kendala animasi





Rendering: raytracer inbuilt; oversampling, blor
gerak, efek pasca produksi, ladang, non-square
pixel, lapisan Render
dan melewati; Render
baking
ke peta UV, Efek termasuk
halo, suar lensa, kabut, vektor
motion-blur
proses pasca- , dan proses pasca-defocus; Ekspor naskah untuk penyaji eksternal





UV
unwrapping
: Laurent dan metode
Berdasarkan Sudut unwrapping; unwreapping
berdasarkan jahitan; falloff proporsional
mengedit peta UV





Shading:
membaur dan shader specular; Node editor; hamburan Bawah, shading Tangent; peta Refleksi





Fisika dan Partikel: sistem Partikel dapat dilampirkan ke mesh objek; simulator Fluida; solver
Realtime
tubuh lembut





Imaging dan
Komposisi: multilayer OpenEXR
dukungan; filter node komposit,
konverter, warna dan operator vektor;
8 mendukung prosesor; sequencer realtime dekat; Bentuk
gelombang dan U / V menyebar plits.





Realtime
3D
/Game Penciptaan: editor grafis logika; Bullet Fisika dukungan Perpustakaan; jenis Shape: polyhedron Convex,
kotak, bola, kerucut, silinder, kapsul, majemuk, dan mesh segitiga statis dengan mode
auto
penonaktifan; tabrakan Diskrit;
Dukungan untuk kendaraan dinamika; Mendukung semua modus pencahayaan OpenGL; Python scripting; Audio





Lintas Platfrom dengan GUI OpenGL seragam pada semua Platfrom ,siap untuk digunakan untuk
semua versi windows (98, NT, 2000, XP), Linux,OS X , FreeBSD, Irix, SUN dan berbagai Sistem Oprasi lainnya
.





Kualitas tinggi arsitektur 3D
yeng memungkinkan penciptaan cepat dan efisiens .





Lebih dari 200.000 download (pengguna) dari seluruh dunia





Diekseskusi berukuran kecil, dan distribusi rendah





Blender adalah salah satu software
open source
yang digunakan untuk membuat konten multimedia khusunya
3Dimensi, ada kelemahan dan beberapa kelebihan yang dimiliki Blender dibandingkan software sejenis. Berikut kelebihannya :





Open
Source





Blender merupakan salah satu software open source, dimana kita
bisa bebas memodifikasi source codenya
untuk keperluan pribadi maupun komersial, asal tidak melanggar GNU General Public License yang
digunakan Blender.





Multi
Platform





Karena sifatnya yang open
source
, Blender tersedia untuk
berbagai macam operasi sistem seperti Linux,
Mac dan Windows. Sehingga file yang dibuat menggunakan Blender versi Linux tak
akan berubah ketika dibuka di Blender versi
Mac maupun Windows.





Update





Dengan status yang Open
Source
, Blender bisa dikembangkan
oleh siapapun. Sehingga update software
ini jauh lebih cepat dibandingkan software
sejenis lainnya. Bahkan dalam hitungan jam, terkadang software ini sudah ada update
annya. Update an tersebut tak tersedia
di situs resmi blender.org melainkan
di graphicall.org





Free





Blender
merupakan sebuah software
yang Gratis Blender gratis bukan
karena tidak laku, melainkan karena luar biasanya fitur yang mungkin tak dapat
dibeli dengan uang, selain itu dengan digratiskannya software ini, siapapun bisa berpartisipasi dalam mengembangkannya
untuk menjadi lebih baik. Gratisnya Blender
mendunia bukan seperti 3DMAX/
Lainnya yang di Indonesia gratis membajak. Tak perlu membayar untuk mendapatkan
cap legal. Karena Blender GRATIS dan
LEGAL





Lengkap





Blender
memiliki fitur yang lebih lengkap dari software 3D lainnya.  Coba
cari software 3D selain Blender yang
di dalamnya tersedia fitur Video editing,
Game Engine, Node Compositing, Sculpting.
Bukan plugin lho ya, tapi sudah include atau di bundling seperti Blender.





Ringan





Blender
relatif ringan jika dibandingkan software sejenis. Hal ini terbukti dengan sistem minimal untuk
menjalankan Blender. Hanya dengan RAM 512 dan prosesor Pentium 4 / sepantaran dan VGA on board, Blender sudah
dapat berjalan dengan baik namun tidak bisa digunakan secara maksimal. Misal
untuk membuat highpolly akan sedikit
lebih lambat.





Komunitas Terbuka





Tidak perlu membayar untuk bergabung dengan komunitas Blender yang sudah tersebar di dunia.
Dari yang newbie sampai yang sudah
advance terbuka untuk menerima masukan dari siapapun, selain itu mereka juga
saling berbagi tutorial dan file secara terbuka. Salah satu contoh nyatanya
adalah OPEN MOVIE garapan Blender Institute





Berikut adalah contoh Video Aplikasi Blender :






https://www.youtube.com/watch?v=e96QBztp05Q




Daftar Pustaka :





Commons.wikimedia.com





dsbunny.wordpress.com


Comments