Aplikasi Pemodelan Animasi 3D


Assalamualaikum Wr. Wb
Hallo kawan-kawan!!





Apa kabar hari ini?
Semoga baik baik saja semua ya. Oh ya kali ini saya akan menjelaskan sebuah
aplikasi pembuat animasi 3 Dimensi yaitu 3ds Max, sebelumnya kalian sudah tau
apa itu animasi 3 Dimensi? Animasi 3D adalah
objek animasi yang berada pada ruang 3D. Objek animasi ini dapat dirotasi dan
berpindah seperti objek riil.





Nah,
langsung ke intinya yaitu pembahasan mengenai aplikasi 3ds Max.  3D Studio Max (kadangkala
disebut 3ds Max atau hanya MAX) adalah sebuah perangkat
lunak grafik vektor 3-dimensi dan animasi, ditulis oleh Autodesk
Media & Entertainment (dulunya dikenal sebagai Discreet and Kinetix.
Perangkat lunak ini dikembangkan dari pendahulunya 3D Studio fo DOS, tetapi
untuk platform Win32. Kinetix kemudian bergabung dengan akuisisi terakhir
Autodesk, Discreet Logic. Versi terbaru 3Ds Max pada
Juli 2005 adalah 7.





  1. PENGENALAN DASAR 3DS MAX




 3ds Max adalah salah satu paket perangkat lunak yang paling luas digunakan sekarang ini, karena beberapa alasan seperti penggunaan platform Microsoft Windows, kemampuan mengedit yang serba bisa, dan arsitektur plugin yang banyak.





Software 
pengembangan  animasi  dimensi  tiga  merupakan 
software  yang banyak  digunakan  oleh  para 
praktisi  dalam  bisnis  periklanan.  Software 
ini  banyak ragamnya, sesuai dengan keterserdiaan fasiltas yang disediakan
untuk memudahkan pengguna.





Kemajuan dunia grafik khususnya
animasi 3d telah berkembang dengan sangat pesat. Telah banyak
kemudahan-kemudahan dan feature-feature baru yang dikeluarkan oleh pihak vendor
dalam upaya untuk semakin memikat konsumen/user dengan produk mereka. Ini
tentunya menjadi nilai tambah bagi para konsumen dalam mengekplorasi ide
kreatifitas dalam berkarya. Hal ini tentunya harus menjadi motivasi bagi siswa
selaku insan yang bergelut dalam bidang multimedia untuk lebih serius dan tekun
dalam mempelajari penggunaan software animasi 3d multimedia ini.





Buku panduan
ini disusun  dari berbagai macam sumber untuk mempermudah siswa dalam mempelajari
dan mengaplikasikan kosep animasi dan pemodelan 3D dengan menggunakan Software
3ds max. Bahasan dalam buku panduan ini mencakup dasar-dasar modeling dan
animasi 3 dimensi yang sederhana sebagai dasar bagi siswa untuk dapat melatih
diri dalam mengeksplorasi ide dan kreatifitas mereka





Nah, kali ini akan saya jelaskan bagian-bagian dari 3ds Max.Lembar kerja pada 3ds Max





  1. LEMBAR KERJA PADA 3DS MAX








Keterangan :





  1. Menu Bar
  2. Command Panels
  3. Object Categories
  4. Rollout
  5. Active Viewport
  6. Viewport Navigation Controls
  7. Animation Playback Controls
  8. Animation Keying Controls
  9. Snaps
  10. Windows/Crossing Selection Toggle
  11. Keyboard Shortcut Overide Toggle
  12. Absolute/Relative Coordinate Toggle and Coordinate Display
  13. Prompt Line and Status Bar
  14. Maxscript Mini Listener
  15. Track Bar
  16. Time Slider
  17. Main Toolba




2. CREATE





Panel ini berisi perintah-perintah untuk membuat object yang terdiri dari beberapa Object Categoriesyaitu;
Geometri, Shapes, Lights, Cameras, Helpers, Space Warps, Sistems.





Gambar dibawah ini adalah perintah dari Create;









Keterangan; 





  1. Panel Create
  2. Rollout
  3. Panel Bar
  4. Object Categories
  5. Object Type




3. MODIFY





Panel ini berisi perintah untuk
mengedit/modifikasi suatu object, panel ini juga menyediakan daftar modifikasi
yang menampung berbagai perintah untuk memodifikasi object. 





Gambar dibawah ini adalah
Panel Modify;









Keterangan;





  1. Panel
    Modify
  2. Nama
    Object
  3. Menu Drop
    Down untuk menampilkan Modifier list
  4. Parameter
    Modifikasi








4.  HIERARCHY





Panel ini berisi perintah untuk mengelolah hubungan antar object (link) dan membalik parameter kinematik






Gambar dibawah ini adalah Panel Hierarchy;









Keterangan;





  1. Panel  Hierarchy :
  2. Parameter 




5. DISPLAY





Panel Display berisi perintah untuk mengatur tampilan object dalam layer, panel ini berfungsi untuk menampilkan dan menyembunyikan object dan melakukan proses pembekuan (freeze) dam pencairan (unfreeze) suatu object
Gambar dibawah ini adalah Panel Display;









6. UTILITIES





Panel ini berisi berbagai alat bantu atau fasilitas tambahan lain yang
dibutuhkan dalam proses mendesain.





Gambar
dibawah ini adalah Panel Utilities;









7. VIEWPORT NAVIGATION CONTROLS









Keterangan:





  1. Zoom; Geser
    mouse keatas untuk memperbesar tampilan viewport aktif, geser kebawah
    untuk mengecilkan tampilan viewport aktif.
  2. Zoom
    All; berfungsi sama seperti Zoom tapi untuk semua viewport.
  3. Zoom
    Extents; untuk melihat semua object pada posisi tengah viewport
    aktif.
  4. Zoom
    Extents All; berfungsi sama seperti Zoom Extents tapi untuk semua
    viewport.
  5. Fiels
    of View; untuk menyesuaikan ukuran tampilan dalam viewport Perspective.
  6. Pan
    View; untuk menggeser tapilan viewport aktif.
  7. Arc
    Rotate; untuk memutar tampilan viewport aktif
  8. Maximize
    Vieport Toggle.untuk memperbesar sesuai ukuran viewport.




Anda juga dapat merubah dengan mengetikkan Hotkey melalui keyboard: tekan huruf : 





T untuk Top,melihat dari arah atas objek.





B untuk Bottom ,melihat dari arak bawah objek.





L unuk Right, melihat dari arah kanan objek.





F untuk Front, melihat dari arah depan objek.





K untuk BacK, melihat dari arah belakang objek.





P untuk Perspektive, melihat berdasarkan sudut
pandang mata.





C untuk Camera, melihat objek dari kamera tertentu





KELEBIHAN MAX





Ada
beberapa keunggulan serta fitur-fitur yang dimiliki oleh program 3D Max,
diantaranya:





  • Memberikan Rangka Objek 3D




Keunggulan
dari fitur 3D Max yang pertama adalah memberikan rangka objek dari karakter 3D
yang sudah dibuat, dengan begitu karakter 3D pun bisa bergerak layaknya pada
manusia. Dalam hal ini terdapat 2 teknik yang bisa dilakukan seperti teknik
Biped dan teknik Bone. Teknik Biped untuk membuat sebuah tulang yang
terintegrasi ke dalam sebuah kesatuan rangka utuh. Sementara teknik bone yaitu
membuat tulang dengan satu persatu lalu dilakukan link untuk antar tulang yang
berkaitan satu sama lain.





  • Membuat Model Unorganic dan Organic




Model
un-organik sendiri biasanya dibuat memakai teknik Compound Spline Modelling dan
Compound Modelling. Teknik Compound Modelling merupakan sebuah teknik untuk
membuat model melalui penggabungan atau pengkombinasian atau bentuk dari objek
geometri. Sementara Spline Modelling sendiri teknik pembuatan model membentuk
objek dari 2dnya lebih dulu lalu ditransfer ke dalam bentuk 3D. Model organic
bisa berupa karakter dari model nyata makhluk hidup contohnya hewan dan
manusia. 





  • Membuat Texture Cartoon dan Texture Real




Objek
berbentuk 3D bisa diberikan sebuah texture realistic agar terlihat nyata yakni
berbentuk texture cartoon. Sementara texture real sendiri memberikan texture
sebenarnya berdasarkan karakteristik dan sifatnya.





Itulah
kelebihan menggunakan 3D Max beserta pengertian 3d max, sebenarnya
masih banyak lagi fitur-fitur yang ada dalam 3D Max selain fitur diatas. Adapun
salah satunya adalah Animasi Dynamics yang diaplikasikan agar membuat animasi
dengan objek-o0bjek saling bertabrakan atau bertubrukan. Kelebihan lainnya
adalah bisa membuat cahaya secara realistic.





KEKURANGAN 





3D Studio max mungkin bagus untuk
pemula dan dapat membuat karakter efisien dan cepat, tetapi memiliki beberapa
kelemahan bahwa harus dipertimbangkan. Dibandingkan dengan Maya 3D, kemampuan
untuk membuat karya visual dengan pencahayaan kompleks adalah proses yang lebih
lama dan lebih membosankan. Membuat lanskap juga dapat sedikit karena sulit untuk
kamera. Kamera memiliki kecenderungan untuk memperbesar dan keluar dengan cara
kereta jika benda-benda besar diimpor atas benda kecil dalam program ini.





TUTORIAL PENGGUNAAN 3DS MAX






https://www.youtube.com/watch?v=4r_Pr_zrg7Q




DAFTAR PUSTAKA 






Comments