Efek Khusus Pada Animasi 3D


Dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat ini sekali orang yang berlomba lomba untuk membuat suatu model grafis yang sangat keren dari yang awal nya masih berupa grafis 2D hingga kini muncul lah model grafis terbaru yaitu grafis 3D dimana memiliki bentuk panjang , lebar dan tinggi dan juga memkliki 3 titik kordinat yaitu x , y dan z , dimana grafis ini sering kita temua di televisi , koran dan film. Secara umum 3D di tunjukan untuk video , proses pembuatan grafik komputer 3D dapat dibagi ke dalam tiga fase, yaitu 3D modeling yang mendeskripsikan bentuk dari sebuah objek, layout dan animation yang mendeskripsikan gerakan dan tata letak sebuah objek, dan 3D rendering yang memproduksi image dari objek tersebut.





Pengertian singkat Animasi 3D dan Efek Khusus





Efek khusus atau special effects yang sering disingkat dengan SFX, SPFX, atau sesuatu di dalam sebuah film yang mungkin tidak biasa terjadi di dalam kehidupan nyata.FX merupakan teknik-teknik yang dilakukan oleh seniman special effects untuk membuat Ketika yang nyata terlalu mahal, terlalu berbahaya, ataupun terlalu mustahil untuk dilakukan dalam perekaman gambar, maka seniman special effects yang akan melakukannya. Dalam dunia perfilman, special effects digolongkan menjadi 2 kategori, yaitu optical effects dan mechanical effects. Dan ada beberapa teknik special effects yang digunakan dalam pembuatan sebuah film, antara lain adalah Computer-Generated Imagery (CGI), compositing, rotoscoping.





Animasi adalah sederetan gambar
ilustrasi bersambung yang tersusun secara berurutan dan bila kemudian
ditampilkan secara bergantian, akan menimbulkan sebuah ilusi gambar yang
bergerak. Ilusi gerak tercipta karenaadanya pola penglihatan yang teratur pada
mata manusia (persistence of vision), mata manusia cenderung menangkap urutan
gambar-gambar pada tenggang waktu tertentu sebagai suatu pola.





Fungsi Animasi ada 4 yaitu :





1. Sebagai Media Hiburan antara lain, film, game
digital, Video Klip.





2. Sebagai Media Promosi antara lain, Iklan TV,
Company Profile, Marketing Video.





3. Sebagai Media Pembelajaran antara lain Tutorial,
CD Interaktif pembelajaran/





4. Sebagai Media Presentasi antara lain Konsep
Visual, Gagasan, Presentasi arsitektur.





Jenis-Jenis animasi ada 5 yaitu :





1. Motion Graphics Animation
Motion Graphics Animation merupakan jenis animasi yang dibuat dengan menggunakan Software-software Komputer Grafis berbasis animasi dan Composing Fx.





2. Character Animation 
Character Animation merupakan jenis animasi yang dibuat khusus untuk menggerakkan atau menghidupkan model-model objek karakter, bisa berupa manusia, hewan, robot, dan unsur objek lain yang bisa dihidupkan





3. Facial Animation
Facial Animaton merupakan jenis animasi yang model objeknya dikhususkan pada karakter-karakter berupa manusia, hewan, robot, dan unsure lainnya. Tetapi objek yang digerakkan hanya bagian wajah dari karakter yang dimaksud.





4.Morphing Animation





Morphing Animation Merupakan suatu jenis animasi
yang menvisualkan suatu gerak perubahan bentuk model objek, yaitu perubahan
bentuk model objek yang satu menjadi bentuk model objek yang lain. syarat
terjadinya animasi morphing adalah model  objeknya menggunakan lebih dari
satu dimana masing-masing objek bentuknya berbeda, tetapi memiliki persamaan
jumlah vertex dan polygon.





5. Architecture Animation





Architecture animation merupakan suatu jenis
animasi yang model objeknya berbentuk bangunan gedung (Exterior maupun
interior) yang dibuat dalam bentuk 3 dimensi





Keuntungan/Kelebihan Animasi





1. Menarik dan Menahan Perhatian.





2. Memperlihatkan perbuatan tidak telihat (Invisible Actions).





3. Menambah daya ingat.





4. Memampukan visualiasi rencana, object, & rekan bisnis yg
dibayangkan.





Dengan animasi, kita bisa laksanakan hal-hal yg tak mampu dilakukan orang
dengan cara nyata. Manusia punyai keterbatasan pastinya. Tapi dgn Animasi,
keterbatasan manusia mampu diubah jadi penampakan bersama imajinasi yg
melampaui keterbatasan manusia.





Kerugian/kekurangan Animasi





1. Membutuhkan penambahan memory & lokasi (space) daya simpan yg besar.





2. Membutuhkan peralatan khusus untuk presentasi yg berkualitas.





3. Animasi 2 dimensi tak sanggup memperlihatkan resiko ‘nyata’ seperti di video dan foto.





4. Membutuhkan budget yg lebih tinggi untuk membuat Animasi yang menarik.





5. Membutuhkan ketika waktu yang cukup lama untuk sebuah Animasi.





Efek khusus pada animasi 3D digunakan untuk memperkuat atau menghadirkan nuansa,karakter,bahkan alat yang dipakai dalam suatu adegan film . Apapun bentuknya efek khsusus 3D digunakan untuk meningkatkan dampak suatu obyek  terhadap indera manusia.Obyek tersebut bisa berupa tontonan,gambar atau pertunjukan,dengan demikian diharap efek spesial bisa meningkatkan ketertarikan seseorang terhadap obyek tersebut





Spesial Efek Animasi





  • Morphing –  adalah efek khusus dalam film dan animasi yang berubah (atau morph) satu gambar ke lain melalui suatu transisi mulus. Paling sering digunakan untuk menggambarkan seseorang berubah menjadi lain melalui sarana teknologi atau sebagai bagian dari fantasi atau urutan nyata. Dalam film dan animasi yang berubah (atau morph) satu gambar ke lain melalui suatu transisi mulus. Paling sering digunakan untuk menggambarkan seseorang berubah menjadi lain melalui sarana teknologi atau sebagai bagian dari fantasi atau urutan nyata
  • Warping – adalah proses manipulasi gambar digital sehingga setiap bentuk digambarkan dalam gambar secara signifikan telah terdistorsi. Warping dapat digunakan untuk mengoreksidistorsi gambar serta untuk tujuan kreatif (misalnya, morphing). Teknik yang sama sama berlaku untuk video Memberikan efek pergerakan perubahan pada sebuah image – distort
  • Virtual Reality – membuat satu buah environment yg melingkupi user di mana user jadi sektor dari environment tersebut. Jadi seolah-olah user berada disuatu lingkungan, di mana user sanggup memandang lingkungan tersebut sampai 360 derajat. Yang berarti ini bakal menciptakan Lingkungan tersebut nyaris menyerupai asli/nyata.




Didalam Animation, dapat ada sekian banyak Istilah yg dapat tidak jarang kita jumpai, sekian banyak diantaranya yakni :





sumber:https://giphy.com/stickers/red-wordart-sIoIVa11gXouk




Contoh animated text





  • Animated text – Menggunakan perintah HTML untuk membuat text berkedip – kedip




sumber:
https://giphy.com/gifs/ycshgIP7phJ1C

contoh animated gif








  • Animated gif – Menggunakan sebuah software program untuk membuat satu seri gif file seperti GIF Builder
  • Director movie – Animasi dimainkan menggunakan Shockwave plug-in
  • Efek evirontment – Dalam 3 dimensi environment adalah lingkungan yang akan Ditempati atau tempat dimana objek 3 dimensi akan diletakkan.




Fungsi Environment maps





Environment
maps merender area 3D scene kemudian menerapkannya pada sebuah texture, untuk
digunakan dalam refleksi tiruan. Jika Anda ingin mencapai hasil yang sangat
realistik, raytraced reflections adalah solusi yang baik. Environment Maps
adalah cara lain untuk membuat permukaan reflektif, namun tidak terlalu mudah
dibuatnya.





Lalu mengapa perlu menggunakan Environment Maps?





Alasan utamanya mungkin adalah karena dapat lebih cepat daripada raytracing. Dalam situasi tertentu, environment maps hanya perlu dikalkulasikan sekali, dan dapat digunakan kembali dalam texture yang umum. Anda dapat memodifikasi Environment maps dalam sebuah image editor.Environment maps dapat juga diblurkan dan merender lebih cepat karena resolusinya dapat direndahkan. Memblurkan sebuah refleksi dengan raytracer selalu menambah waktu render yang lebih banyak.





Karena environment maps dikalkulasikan dari lokasi yang pasti pada Viewport Object, dan bukan dari permukaan refleksi aktual, maka environmet maps dapat menjadi tidak akurat, terutama dengan bola. Dalam gambar berikut ini, balok dan bola yang lebih kecil menyentuh sisi dari bola besar yang memiliki permukaan reflektif, tetapi karena environment map hanya dikalkulasikan dari tengah-tengah bola, objek-objek di sekitarnya terlihat berada lebih jauh.





3D Animation





3D Animation adalah menganimasikan obyek yang terlihat
dalam ruang 3 dimensi. Dapat dirotasi dan digerakkan seperti obyek riil (Obyek
yang nyata).





Proses pembuatan 3D Computer Graphics dapat dibagi secara sekuen dalam 3 fase
dasar berikut :





Modeling     





Membuat gambar kasar (broad contours) dan struktur dari obyek 3D dan latar belakangnya.





Animation                                                                                                   





Menentukan pergerakan obyek 3D.





Rendering                                                                                                





Memberikan atribut pada obyek seperti warna, tekstur permukaan, dan transparansi.





Cel Animation                                                                                         





Berdasarkan pada perubahan yang terjadi dari satu frame ke yang lainnya.





Dari beberapa tahap diatas, tahap yang paling membutuhkan storage adalah
tahap Rendering.





Berikut
adalah Contoh pemberian efek pada animasi 3D






https://www.youtube.com/watch?v=5RMdbp55iNI




Kesimpulan : didunia modern saat ini kita harus bisa mengikuti perkembangan zaman dengan mempelajari teknologi yang ada sehingga kita mampu menambah wawasan dan meningkatkan kesadaran sosial,efek khusus animasi 3D ini merupakan salah satu contoh perkembangan perfilman dibidang efek yang membuat film terasa lebih nyata dibanding film yang biasa dibuat.





Sumber:






http://amandadhpptr16.blogspot.com/2018/08/animasi-3d.html





https://fajardiyanto23.blogspot.com/2017/09/animasi-3d.html





http://penglajon.blogspot.com/2017/12/rigging-efek-khusus-dan-rendering.html





https://yenlina.files.wordpress.com/2008/02/t0732-05.pdf





http://achmad0803.blogspot.com/2017/01/definsi-jenis-dan-fungsi-animasi.html





https://gifer.com/en/6Tzi




Sekian dari saya semoga bermanfaat dan menambah wawasan pembaca sekalian Terimakasih


Comments