Friday, September 14, 2018

PENGENALAN PROGRAM C++





C++ diciptaka  satu dekade setelah C. Diciptakan oleh BJARNER STROUSTRUP, Laboratorium Bell, AT&T, pada tahun 1983. Bahasa ini bersifat kompatible dengan bahasa pendulunya,C. Pada mulanya C++ disebut "a better C". Nama C++ sendiri diberikan oleh RICK MASCITTI pada musim panas 1983. Adapun tanda ++ berasal dari nama operator penaikan pada bahasa C.


CONTOH PROGRAM C++


#include <iostream.h>

void main
{
cout << "Hai. selamat datang di TEORI MAYA.\n";

}




FUNGSI MAIN ( )


Sebuah program C++ minimal mengandung sebuah fungsi, yaitu fungsi main(). Fungsi ini menjadi awal dan akhir eksekusi program C++.
 
Main adalah nama judul fungsi. dimulai dari tanda { hingga } disebut tubuh fungsi. Lebih spesifik lagi, semua yang terletak di dalam tanda {} di sebut BLOK.

Tanda () digunakan untuk mengapit argumen fungsi, yaitu nilai yang akan dilewatkan ke fungsi. Pada fungsi  MAIN() seperti pada contoh, tidak ada argumen yang diberikan. Oleh karena itu tidak ada entri di dalam ().

Tanda { pada fungsi MAIN() (awal tubuh  fungsi) menyatakan awal eksekusi program. Adapun } merupakan akhir eksekusi program.


MENGENAL COUT

Pengenal cout (baca: C out) merupakan sebuah obyek di dalam C++. Obyek ini disediakan oleh C++ untuk mengarahkan data ke standart output.


Tanda << merupakan sebuah operator yang disebut operator "penyisipan/peletakan". Operator ini akan mengarahkan operand (data) yang terletak di sebelah kanannya ke obyek yang terletak di sebelah kiri. \n adalah karakter pindah baris (newline).


#include <iostream.h>

Baris:

#include <iostream.h>

Baris tersebut menginstruksikan kepada kompiler untuk menyiapkan file lain. file-file yang berakhiran dengan .h disebut file header, yaitu file-file yang berisi berbagai deklarasi, seperti fungsi, variable dan sebagainya.

Perlu disertakan pada program yang melibatkan obyek cout. Tanpa kehadiran baris tersebut akan terjadi kesalahan sewaktu program di kompilasi. Sebab file iostream.h berisi deklarasi yang diperlukan oleh cout dan berbagai obyek yang berhubungan dengan operasi masukan-keluaran pada stream.


clrscr() untuk Menghapus Layar

Perintah untuk menghapus layar biasa dilibatkan dalam program. Pernyataan yang diperlukan untuk keperluan berupa:

     clrscr():

Apabila pernyataan di atas digunakan, baris berikut:

     #include <conio.h>

Contoh:

#include <iostream.h>
#include <conio.h>

void main
{
clrscr();

cout << "Hai. selamat datang di TEORI MAYA.\n";
}


Previous Post
Next Post

0 komentar:

"Kalau mau Copy-Paste artikel boleh saja, tapi sumbernya ke blog ini"